Terbit: 8 June 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Sobat sehat pasti pernah makan ikan teri setidaknya sekali seumur hidup. Ikan teri memang bisa diolah menjadi berbagai macam masakan yang lezat. Hanya saja, banyak orang yang tidak tahu jika ikan teri bisa memberikan banyak sekali manfaat kesehatan bagi tubuh kita.

5 Khasiat Tak Terduga dari Ikan Teri

Berbagai manfaat sehat dari ikan teri

Di dalam ikan teri yang berukuran kecil ini ternyata terdapat banyak sekali nutrisi kesehatan. Sebagai contoh, kita bisa mendapatkan kandungan asam lemak omega 3, protein, vitamin, dan mineral layaknya kalsium, magnesium, seng, kalium, fosfor, serta zat besi. Di dalam ikan teri juga terdapat kandungan sehat seperti asam folat, niasin, riboflavin, tiamin, dan berbagai macam vitamin.

Berikut adalah berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari makan ikan teri.

  1. Bisa membuat kesehatan jantung meningkat

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Nutrition Journal pada 2013 lalu, dihasilkan fakta bahwa rutin makan ikan teri bisa membantu menurunkan risiko terkena serangan jantung atau stroke yang mematikan. Hal ini disebabkan oleh keberadaan asam lemak tak jenuh ganda di dalam ikan ini.

Sebagai informasi, kandungan asam lemak tak jenuh ganda dikenal luas sebagai penurun kadar kolesterol jahat di dalam jantung dan pembuluh darah. Hal ini tentu akan memperlancar sirkulasi darah dan mencegah tersumbatnya aliran darah yang bisa menyebabkan datangnya serangan jantung.

  1. Bisa membantu menurunkan berat badan

Siapa sangka, ikan teri ternyata cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalankan diet menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan oleh kadar kalori di dalam ikan teri yang cenderung rendah namun memiliki kandungan protein yang tinggi.

Berdasarkan sebuah penelitian yang hasilnya diungkap dalam American Journal of Clinical Nutrition, dihasilkan fakta bahwa rutin mengonsumsi makanan tinggi protein layaknya ikan teri bisa membantu tubuh mudah kenyang sehingga bisa mencegah kebiasaan makan atau ngemil berlebih. Selain itu, kandungan ghrelin di dalam ikan teri ternyata juga bisa membantu menurunkan keinginan lapar dengan berlebihan.

  1. Baik bagi kesehatan tulang

Di dalam ikan teri terdapat kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi. Kandungan ini bisa membuat tulang dan gigi semakin sehat sekaligus mencegah datangnya masalah osteoporosis. Selain itu, kandungan kalsium dan vitamin A yang sangat tinggi juga bisa membuat tulang terjaga kepadatan dan kekuatannya.

  1. Baik bagi kesehatan mata

Di dalam ikan teri terdapat kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul International Journal of Ophtalmology and Eye Science, dibuktikan bahwa kandungan di dalam ikan teri bisa membantu mencegah datangnya masalah penglihatan sepeti glaukoma, katarak, serta degenerasi makula.

  1. Bisa menyehatkan kulit

Ternyata, ikan teri juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi kulit, lho. Rutin mengonsumsinya disebut-sebut bisa membantu mencegah datangnya masalah kulit layaknya jerawat, keriput, hingga penuaan dini. Selain itu, kandungan ikan ini juga bisa membantu mencegah datangnya kanker kulit.

Meski tinggi manfaat kesehatan, tidak semua orang bisa makan ikan teri

Sayangnya, dibalik berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika rutin makan ikan teri, orang-orang yang menderita masalah asam urat ternyata tidak direkomendasikan untuk mengonsumsinya. Hal ini disebabkan oleh kandungan purin di dalamnya yang sangat tinggi.

Sebagaimana kita ketahui, jika konsumsi purin berlebihan, maka tubuh akan segera memetabolisme purin ini menjadi zat asam urat. Masalahnya adalah jika jumlah zat asam urat ini berlebihan, maka tidak akan terbuang dengan sempurna oleh ginjal dan akhirnya memicu penumpukan kristal asam urat pada persendian. Kristal asam urat ini rentan mengalami peradangan yang memicu datangnya serangan asam urat.


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi