Terbit: 26 Mei 2018 | Diperbarui: 3 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Selain untuk ibadah, puasa yang kita jalankan selama satu bulan juga bisa bermanfaat untuk kesehatan. Puasa bisa menormal gula darah di dalam tubuh dan memungkinkan kita lebih langsung setelah menjalankannya.

5 Kebiasaan Makan Tidak Sehat yang Sering Kita Lakukan Saat Puasa

Lebih lanjut, puasa juga baik untuk meningkatkan daya tahan dan memicu terbentuknya hormon pertumbuhan. Menjalankan puasa secara rutin bisa membuat kita lebih segar dan awet mudah.

Kalau Anda ingin mendapatkan manfaat yang besar dari puasa, ada satu syarat yang harus dipenuhi. Kita harus mengatur pola makan dengan baik.

Ya, saat puasa kita dilarang asal makan saat sahur atau berbuka puasa. Selain itu, kebiasaan buruk di bawah ini juga harus dihindari.

  1. Terlalu banyak gula saat berbuka

Berbuka memang dianjurkan dengan makan sesuatu yang manis. Namun, kita tidak boleh lepas kontrol dan kanan apa saja yang manis asal bisa kenyang.

Saat berbuka puasa, usahakan untuk makanan kurma 3-5 butir lalu air putih secukupnya. Hindari terlalu banyak es teh, es sirop, dan minuman manis lain yang mengandung banyak gula.

Ketimbang minum aneka es dengan tambahan gula, lebih baik mengonsumsi jus atau makan buah segar.

  1. Terlalu banyak minum minuman berkafeina

Terlalu banyak minum minuman yang berkafeina tidak baik untuk kesehatan selama puasa. Anda akan mengalami banyak gangguan sehingga puasa tidak bisa berjalan dengan lancar.

Jika Anda minum kopi saat sahur, kandungan kafeina akan membuat cairan di dalam tubuh menurun. Sifat diuretik yang dimiliki oleh minuman ini bisa menyebabkan Anda dehidrasi sepanjang siang.

Lebih lanjut, kalau Anda minum kopi saat berbuka puasa, efeknya penghilang rasa kantuk akan mengganggu jadwal tidur.

  1. Terlalu banyak karbohidrat saat sahur dan berbuka

Saat sedang sahur kita cenderung memperbanyak karbohidrat untuk dikonsumsi agar kenyang lebih lama. Akhirnya nasi putih atau mi instan sering kita santap dengan harapan bisa puasa dengan lebih kuat.

Sayangnya, terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat justru tidak biak untuk tubuh. Gangguan lambung sering terjadi dan Anda kerap tidak bisa terkontrol saat berbuka puasa.

Penuhi asupan karbohidrat dengan seimbang, tidak perlu terlalu banyak. Anda bisa mengonsumsi oat kalau ingin kenyang lebih lama. Dampingi karbohidrat dengan protein sehat agar ada tambahan energi.

Saat berbuka, terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat akan membuat perut jadi begah. Anda akan kesulitan untuk bergerak dan tidur pun tidak nyaman.

  1. Mengonsumsi gorengan dan makanan bersantan

Gorengan memang sangat menggoda untuk berbuka puasa khususnya takjil pengganjal perut. Namun, kandungan minyak yang ada pada gorengan cukup berbahaya untuk tubuh.

Terlalu banyak mengonsumsi gorengan bisa membuat Anda jadi tidak nyaman saat tidur. Lemak dan minyak cukup susah dicerna oleh tubuh.

Hal senada juga diberikan oleh makanan yang bersantan. Terlalu banyak makan bersantan juga bisa membuat perut jadi sakit dan yang paling buruk dari semua bisa membuat Anda jadi lebih gemuk.

  1. Tidak bisa mengontrol diri saat berbuka puasa

Kebiasaan buruk saat makan yang sering kita lakukan saat puasa adalah berbuka dengan banyak makanan. Akibat lapar seharian kita tidak bisa mengontrol makanan yang masuk ke dalam mulut.

Apa saja kita persiapkan meski sudah berlebihan. Akhirnya, karena sayang jika tidak dimakan, kita menghabiskannya dalam sekejap dan membuat tubuh terlalu kekenyangan.

Makan terlalu banyak saat berbuka bisa membuat Anda susah tidur. Dampaknya, waktu tidur akan menurun.

Nah, dari lima kebiasaan makan di atas, mana yang sering Anda lakukan?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi