Terbit: 14 April 2018 | Diperbarui: 8 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Rambut kering merupakan salah satu masalah yang sering dialami beberapa wanita. Masalah ini membuat rambut tidak lagi terlihat lembut dan indah. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak bahan alami di sekitar yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah rambut kering. Salah satunya adalah alpukat.

Keajaiban Alpukat untuk Rambut Kering

1. Kandungan Alpukat Menjaga Kelembapan Rambut

Asam lemak yang secara alami terkandung dalam alpukat, membentu lapisan pelindung helai-helai rambut Anda. Ia juga menutup kutikula yang terbuka, sehingga dapat mencegah hilangnya kelembapan alami rambut. Hasilnya, rambut kering Anda dapat teratasi.

2. Vitamin A dalam Alpukat

Selain asam lemak, kandungan vitamin A yang tinggi pada buah alpukat juga baik untuk mengatasi rambut kering. Zat tersebut, membantu produksi sebum tetap memadai, jika produksi memadai, rambut akan dapat dicegah dari kekeringan.

3. Alpukat Memperbaiki Rambut Rusak

Selanjutnya, alpukat juga mampu memperbaiki rambut yang rusak. Alpukat yang kaya kandungan zat besi, Vitamin E dan B7 yang penting untuk menutrisi rambut dan mengembalikannya ke kondisinya semula yang halus, lembut dan sehat.

4. Kandungan Antioksidan Melindungi Rambut

Kandungan asam amino dalam alpukat bersifat sebagai antioksidan, yang cukup baik melindungi rambut dari kerusakan, serta dapat mencegah kerusakan rambut yang lebih lanjut.

5. Alpukat Membuat Aliran Darah Optimal ke Kulit Kepala

Dalam satu buah alpukat, terkandung asam amino, magnesium, serta kalium. Kandungan-kandungan tersebut, memiliki fungsi menjaga aliran darah ke kulit kepala lebih optimal. Hal ini, pada akhirnya yang tetap menjaga kulit kepala selalu sehat, terhidrasi dan ternutrisi.

Untuk mendapatkan manfaat buah alpukat ini, Anda dapat menghaluskan satu buah alpukat dan gunakan sebagai masker rambut. Oleskan dari kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan beberapa lama, kemudian bilas hingga bersih menggunakan sampo. Selamat mencoba!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi