Terbit: 26 Mei 2018 | Diperbarui: 6 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Minuman apa yang Anda konsumsi saat sahur? Jika biasanya Anda hanya meminum teh atau susu, maka kini jus atau smoothies buah bisa Anda pertimbangkan sebagai bagian dari menu sahur. Tidak hanya menyehatkan, jus buah saat sahur juga pasti akan membuat kita lebih kenyang saat puasa, lho.

Puasa Jadi Kenyang! 5 Kombinasi Jus Buah Mengenyangkan saat Sahur

Jus buah yang dianjurkan dikonsumsi saat sahur adalah jus buah yang mengkombinasikan beberapa jenis buah atau mengombinasikan buah dengan makanan sumber protein misalnya kacang-kacangan atau yoghurt.

Hal ini dilakukan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan gizi, vitamin dan mineral serta melengkapi asupan makanan yang cenderung rendah saat sahur, apalagi jika nafsu makan sedang turun.

Jus kombinasi akan sangat membantu pemenuhan gizi plus menciptakan rasa kenyang seharian. Lalu, jus kombinasi apa saja sih yang bisa dipilih saat sahur?

Beberapa jenis jus kombinasi yang akan mengenyangkan tubuh selama puasa, adalah:

1. Jus alpukat dan apel

Pernah mencoba membuat kombinas jus alpukat dan apel? Kombinasi ini sangat baik untuk asupan gizi tubuh karena alpukat bisa memberikan energi cukup tinggi yang baik selama berpuasa, sedangkan apel memiliki kandungan serat yang baik untuk meningkatkan rasa kenyang tubuh.

Anda bisa menambahkan buah lain yang rasanya manis, misalnya pisang, agar jus alpukat dan apel bisa memiliki cita rasa manis alami dari buah.

2. Jus buah pisang dengan selai kacang

Pisang dan selai kacang akan memberi asupan gizi berupa gula alami dari buah, serat, vitamin dan protein. Campurkan keduanya dalam blender dan sajikan dengan tambahan bubuk kayu manis.

Kombinasi jus ini cenderung mudah dibuat, kaya gizi dan mengenyangkan karena pisang dan kacang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

3. Jus buah pepaya dengan yoghurt

Yoghurt bisa jadi tambahan sumber protein yang baik untuk ditambahkan dalam jus buah saat sahur. Campurkan yoghurt dengan pepaya, tambahakan lemon dan madu agar rasa jus lebih bercita rasa.

Kombinasi jus ini akan memberikan asupan serat, vitamin dan protein yang baik untuk asupan gizi dan meningkatkan rasa kenyang saat puasa.

4. Jus buah apel dan sayuran

Bosan dengan buah, maka tambahkan sayuran sebagai bagian dari minuman jus kombinasi Anda. Apel, timun, bayam dan selederi bisa jadi pilihan bahan baku jus yang menyehatkan, tinggi cairan dan serat. Anda juga bisa mendapatkan berbagai asupan jenis serat yang baik untuk pencernaan dan kesehatan tubuh.

Selain jus di atas, variasi jus buah apel dengan sayuran juga bisa dibuat dari apel, wortel dan tomat. Warna yang berbeda dari jus apel sebelumnya akan memberikan asupan gizi yang berbeda pula.

Jus apel wortek dan tomat ini lebih kaya vitamin utamanya vitamin A dan C, namun tetap tinggi serat sehingga keduanya sama-sama mampu memberikan rasa kenyang saat menjalankan puasa.

5. Jus buah dengan tambahan susu protein hewani atau nabati

Menambah protein dalam jus kombinasi bisa pula dilakukan dengan menambahkan susu dalam jus, lho. Jus pisang dengan susu sapi atau jus pepaya dengan susu almond bisa jadi kombinasi buah yang kaya akan kandungan serat dan protein sehingga mampu memberikan rasa kenyang dan asupan gizi yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein saat makan sahur.

Nah, itu dia lima jenis jus kombinasi yang baik dikonsumsi saat sahur.

Kini minuman sahur Anda akan memberikan asupan gizi yang baik plus memberikan rasa kenyang seharian untuk tubuh selama puasa, ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi