Terbit: 15 April 2018 | Diperbarui: 8 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Ikan laut merupakan salah satu jenis makanan yang sangat disarankan saat menjalani diet sehat. Hal ini lantaran ikan laut menjadi salah satu sumber dari protein mau pun fatty acid yang berperan penting dalam metabolisme tubuh. Tidak terkecuali metabolisme tubuh pada kulit kepala dan rambut. Bahkan, sejumlah jenis ikan laut berikut dapat menjadikan kulit kepala dan rambut tetap sehat.

Jenis Ikan Laut yang Baik untuk Kulit Kepala dan Rambut

1. Ikan Salmon

Dilansir dari laman Nature Word, mengonsumsi ikan salmon ternyata dapat menjaga kesehatan kulit dan rambut. Bahkan, Anda sangat disarankan mengonsumsi jenis ikan ini dua hingga empat kali dalam seminggu. Hal ini lantaran salmon kaya akan kandungan vitamin D, protein dan omega 3 yang merangsang pertumbuhan rambut lebih sehat. Selain itu, bahan-bahan tersebut juga menjaga kulit kepala tetap sehat.

2. Ikan Tuna

Jenis ikan lain yang dapat Anda konsumsi untuk mendapatkan kulit kepala dan rambut yang sehat adalah tuna. Dilansir dari laman Elle, tuna merupakan sumber dari omega-3 yang akan melembapkan kulit secara alami.

3. Ikan Halibut

Ikan yang kerap dimasak dengan cara dikukus ini merupakan ikan yang mengandung moisturizer tinggi. Tidak heran jika mengonsumsi ikan halibut dapat menjadikan kulit lebih lembap. Selain itu, laman Health Benefits Times juga menjelaskan jika ikan satu ini mengandung bahan anti peradangan yang sangat baik untuk mencegah kulit kepala terhindar dari sejumlah masalah seperti eczema hingga psoriasis.

Mengonsumsi jenis ikan di atas dapat membantu Anda mendapatkan kulit kepala dan rambut yang sehat. Namun, bagi Anda yang tidak dapat mengonsumsi daging ikan secara langsung dapat menyiasatinya dengan mengonsumsi minyak ikan. Minyak ikan sendiri sudah dipercaya sejak lama membantu menjaga kesehatan tubuh, termasuk kulit kepala dan rambut.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi