Terbit: 15 Maret 2018 | Diperbarui: 6 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Telur adalah makanan hewani yang menjadi favorit sebagian orang di dunia, termasuk Indonesia. Telur sendiri biasanya digunakan sebagai makanan pendamping atau pelengkap. Walau begitu, telur memiliki banyak kandungan baik yang bermanfaat bagi kebugaran tubuh manusia.

Jangan Keliru, Ini Fakta Sebenarnya Tentang Putih Telur

Namun, tidak sedikit pula yang enggan mengonsumsi, khususnya bagian putih telur. Ya, hal tersebut karena rumor yang mengatakan jika putih telur memiliki  kandungan lemak yang bisa menyebabkan orang menjadi gemuk dan berujung obesitas.

Perlu diketahui, putih telur dan kuning telur memiliki kandungan yang berbeda. Justru, kuning telur adalah bagian yang memiliki kandungan lemak lebih tinggi dibandingkan putih telur. Dalam hal ini, banyak orang yang keliru dalam menafsirkan hal tersebut sehingga mereka enggan untuk mengonsumsi telu, terlebih bagian putihnya.

Dilansir dari laman Women’s Healthmag, putih telur tidak mengandung lemak. Putih telur juga mengandung protein yang baik dikonsumsi secara rutin. Lebih dalam lagi dijelaskan jika putih telur memiliki kandungan peptide yang berfungsi menurunkan tekanan darah.

Jadi, bisa disimpulkan jika putih telur sangat aman dikonsumsi walau Anda sedang dalam proses penurunan berat badan. Namun, jangan meninggalkan kuning telur juga. Pasalnya, walaupun memiliki lemak tinggi, kuning telur juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kebugaran tubuh Anda.

Maka putih telur dan kuning telur adalah dua hal yang seimbang bila dijadikan satu. Di satu sisi, kuning telur memiliki vitamin, di sisi lain putih telur memiliki kandungan protein yang baik. Maka, Anda tidak perlu enggan lagi mengonsumsi telur mulai sekarang.

Jika Anda ingin benar-benar terbebas dari lemak, Anda bisa mengonsumsi putih telurnya saja. Namun, jika Anda ingin menambah lemak atau berat badan, Anda bisa mengonsumi kuning telurnya saja. Itu semua tergantung dari kebutuhan masing-masing.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi