Terbit: 25 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Olahraga merupakan salah satu aktivitas untuk menjaga kebugaran tubuh. Saat berolahraga, tubuh akan kehilangan sejumlah energi dan nutrisi. Karena itu, tubuh perlu mendapatkan kembali asupan energi melalui makanan dan minuman yang menyehatkan. Tetapi tidak semua makanan sehat baik dikonsumsi setelah olahraga, beberapa makanan ada yang justru akan memperlambat pencernaan. Apa saja makanan yang tersebut, simak ulasannya berikut ini.

Jangan Menyantap Makanan Ini Setelah Berolahraga

Salah satu makanan yang pantang dimakan setelah berolahraga adalah semua jenis makanan cepat saji seperti kentang goreng, hamburger dan naschos. Makanan ini memang dapat meningkatkan nafsu makan, namun kandungan lemak pada makanan cepat saji ini dapat memperlambat pencernaan yang membuat perut merasa tidak nyaman.

Selain makanan cepat saji, makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi setelah olahraga adalah sayuran mentah seperti wortel, paprika dan brokoli. Meskipun tergolong makanan sehat, namun sayuran tidak memiliki kalori yang cukup untuk mengganti kalori yang hilang setelah olahraga.

Selain sayur, daging merah juga termasuk dalam daftar makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Kandungan lemak jenuh dalam daging bisa menghambat fungsi metabolimse dan menganggu daya ingat.

Untuk minuman, Anda juga tidak disarankan untuk menyantap cokelat susu yang mengandung gula dan kalori tinggi. Jika tetap ingin minum cokelat, maka pilihlah dark chocolate yang mengandung 70% kakao. Cokelat ini memiliki antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas dan peradangan.

Minuman lain yang tidak dianjurkan adalah semua jenis soda, jus buah kemasan dan kopi. Minuman-minuman dalam kemasan ini biasanya memiliki kandungan gula yang sangat tinggi sehingga akan memperlambat proses metabolisme dan akan menambah berat badan dengan mudah. Sedangkan kandungan dalam kopi biasanya akan mempersulit pemulihan cairan dalam tubuh.

Lalu apa yang sebaiknya dikonsumsi setelah berolahraga? Menurut International Journal of Sports Nutrition and Exercise Metabolism tahun 2010, setelah berolahraga tubuh membutuhkan banyak energi dari karbohidrat dan sedikit protein. Asupan makanan yang disarankan antara lain buah-buahan, roti gandum dengan selai kacang, dan kacang almond. Makanan ini akan membantu Anda untuk kembali merasa prima setelah berolahraga.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi