Terbit: 22 Maret 2018 | Diperbarui: 7 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Memiliki tulang sehat dan kuat merupakan impian bagi semua orang. Sebab, dengan tulang yang sehat dan kuat akan membuat tubuh tetap prima walau termakan usia. Sampai saat ini, tidak sedikit orang yang beranggapan jika penyakit tulang hanya akan didapatkan saat usia telah lanjut. Padahal, tidak ada kepastian mengenai hal itu.

Jaga Kesehatan Tulang Anda dengan Menghindari 3 Jenis Makanan ini!

Photo Credit : pexels.com

Penyakit tulang bisa menyerang kapan saja dan siapa saja. Walaupun Anda masih muda, Anda juga memiliki risiko penyakit tulang jika tidak betul-betul memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Pasalnya, selain gaya hidup atau aktivitas berat, penyakit tulang juga bisa terjadi dari faktor makanan yang Anda konsumsi. Adapun beberapa jenis penyakit tulang mulai dari osteoporosis, osteogenesis imperfekta, rakhitis, akromegali, osteomalacia, dan berbagai jenis penyakit tulang lainnya.

Nah, untuk mengurangi risiko tersebut, ada baiknya Anda mengetahui makanan-makanan yang berpotensi mendatangkan penyakit tulang. Berikut 3 jenis makanan yang bisa menyebabkan penyakit tulang:

1. Garam

Menurut hasil penelitian, makanan yang mengandung garam tinggi sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh, khususnya tulang. Saat tubuh terlalu banyak mendapat asupan garam, maka semakin banyak pula kalsium yang terbuang. Padahal kalsium berfungsi sebagai penjaga kesehatan tulang. Lantas, jika kalsium sampai berkurang, maka Anda bisa tahu sendiri apa akibatnya.

2. Soda

Jangan pernah mengonsumsi soda berlebihan karena soda sangat tidak baik bagi tubuh Anda. Jika Anda pecandu soda, mulailah untuk menguranginya dari sekarang. Sebab, dari berbagai survei mengatakan jika soda bisa membuat pengeroposan tulang pada tubuh manusia. Dengan tulang yang keropos, maka semakin besar pula kemungkinan Anda mengalami patah tulang.

3. Kafein

Dari hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2016, membuktikan jika orang yang sering mengonsumsi kafein memiliki potensi menurunnya kepadatan tulang. Terlebih pada wanita yang telah menopause. Dengan semakin banyak mengonsumsi kafein, maka semakin banyak pula kalsium yang hilang. Oleh karenanya, kurangi kafein untuk menyehatkan tulang Anda.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi