Terbit: 22 Maret 2018 | Diperbarui: 7 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Asma menjadi penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Umumnya, asma disebabkan karena keturunan. Namun asma belakangan bisa muncul akibat keadaan lingkungan sekitar, kondisi kesehatan tubuh dan bahkan karena masalah psikis. Beberapa zat gizi mampu mencegah dan mengatasi asma, apa sajakah itu?

4 Zat Gizi Ini Ampuh Mengatasi Penyakit Asma, Apa Saja?

Beberapa studi menunjukkan bahwa makanan dan zat gizi dapat memengaruhi kondisi asma. Pemenuhan kebutuhan zat gizi tertentu terbukti mampu mengatasi asma.

Menurut Charilous Dimosthenopoulos, dietitian dari General University Hospital Laiko, beberapa hal terkait zat gizi yang perlu dipenuhi pada kondisi asma adalah:

1. Penerapan diet mediterania

Diet mediterania mengatur asupan makanan yang seimbang dan bervariasi, utamanya variasi makanan yang berasal dari tanaman. Konsumsi buah, sereal gandum utuh dan whole grain terbukti mampu memberikan efek positif dengan mengurangi terjadinya asma. Beberapa penelitian menunjukkan kepatuhan akan diet mediterania selama masa kehamilan terbukti mengurangi terjadinya asma pada bayi baru lahir hingga masa kanak-kanak.

2. Konsumsi makanan tinggi antioksidan

Antioksidan yang rendah dalam tubuh seseorang akan meningkatkan terjadinya asma. Untuk itu asupan buah, sayur dan makanan kaya antioksidan dianjurkan untuk penderita asma, beriringan dengan penerapan diet mediterania.

3. Mineral magnesium, selenium, zink dan tembaga

Pemenuhan kebutuhan keempat jenis mineral tersebut terbukti mampu memberikan efek yang menguntungkan untuk mencegah asma. Mineral tersebut dapat diperoleh dari bahan makanan protein hewani dan beberapa sayuran hijau.

4. Asam lemak omega-3

Penelitian epidemologis menunjukkan asupan omega-3 pada penderita asma mampu menurunkan risiko terjadinya asma karena memiliki fungsi anti peradangan.

Keempat hal tersebut adalah aspek dari segi gizi dan makanan yang perlu kita perhatikan untuk mengatasi asma.
Ada pula satu hal penting yang kini terbukti meningkatkan risiko orang mengalami asma yaitu kondisi tubuh yang obesitas. Untuk itu, penting bagi penderita asma untuk menjaga kondisi fisik tubuh yang normal dan seimbang.

Nah, dengan pengaturan asupan makan yang tepat, penyakit asma dapat lebih teratasi.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi