Terbit: 29 July 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Antonius Hapindra Kasim

Selain buahnya, manfaat lain yang bisa didapatkan dari pohon pisang adalah bunganya. Bunga pisang atau banyak orang sering menyebutnya sebagai jantung pisang ternyata juga memiliki manfaat yang tak kalah banyak dari buahnya. Apa saja manfaat jantung pisang? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

9 Manfaat Jantung Pisang, Atasi Infeksi hingga Tingkatkan Suplai ASI

Kandungan Jantung Pisang

Sebelum menjelaskan mengenai khasiat jantung pisang, hal penting lainnya yang juga harus dipahami adalah kandungan di dalamnya.

Jantung pisang adalah bagian dari pohon pisang yang mengandung  kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin E, mineral, asam lemak, flavonoid, saponin, asam amino esensial dan non-esensial, tanin, glikosida, serta steroid.

Selain itu, jantung pisang juga kaya akan antioksidan, zat besi, fosfor, tembaga, magnesium, kalsium, protein, serta serat.

Baca Juga: Diet Pisang: Manfaat, Cara, Tips Turunkan Berat Badan, dll

Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan

Di beberapa negara Asia, jantung pisang sering dimanfaatkan sebagai sayuran. Selain itu, jantung pisang juga sering dicampurkan ke dalam sup, kari, atau makanan yang digoreng.

Berikut ini adalah manfaat jantung pisang yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Menyembuhkan Infeksi

Manfaat jantung pisang yang pertama adalah kemampuannya untuk menyembuhkan infeksi. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan etanol di dalamnya yang mencegah pertumbuhan bakteri patogen. Selain infeksi bakteri, ekstrak jantung pisang juga mampu mencegah pertumbuhan parasit malaria.

2. Mengatasi Diabetes dan Anemia

Bagi Anda penderita diabetes, salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi jantung pisang yang direbus.

Jantung pisang memiliki kemampuannya untuk mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan hemoglobin. Hal ini dipengaruhi oleh serat dan zat besi di dalamnya yang membantu dalam produksi sel darah merah.

 3. Mengurangi Perdarahan saat Menstruasi

Manfaat terakhir yang bisa didapatkan dari jantung pisang adalah kemampuannya untuk mengurangi perdarahan saat menstruasi. Selain berguna terkait masalah menstruasi, khasiat jantung juga dipercaya mengatasi maag dan masalah bronkitis.

4. Melawan Radikal Bebas

Tubuh yang terpapar radikal bebas dalam jumlah banyak bisa menimbulkan berbagai masalah. Langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti jantung pisang.

Pada akhirnya, penyakit seperti kanker atau penuaan dini tidak akan terjadi pada Anda.

5. Meningkatkan Mood dan Mengurangi Kecemasan

Magnesium yang terdapat di jantung pisang dipercaya dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan. Manfaat jantung pisang di sini berfungsi sebagai antidepresan tanpa efek samping.

Baca Juga: Benarkah Pisang Dapat Mengatasi Asam Lambung?

6. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Jantung pisang kaya akan serat larut dan tidak larut. Serat larut memungkinkan makanan melewati saluran pencernaan dengan mudah karena larut dalam air dan membentuk gel.

Sementara serat yang tidak larut membantu makanan yang tidak tercerna karena tidak larut dalam air.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung pisang adalah sumber tannin, acids, flavonoid, dan antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas dan menghilangkan kerusakan oksidatif yang mengarah pada  penyakit jantung dan kanker.

8. Mencegah Gangguan Saraf

Radikal bebas dapat menyebabkan penyakit Alzheimer dan Parkinson. Guna mencegah kondisi tersebut, langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi jantung pisang secara teratur.

9. Meningkatkan Suplai ASI

Manfaat yang satu ini bermanfaat untuk ibu yang sedang menyusui karena dapat meningkatkan laktasi. Selain bermanfaat untuk ibu menyusui, jantung pisang juga membantu mengurangi pendarahan yang berlebihan, menjaga kondisi rahim agar tetap sehat, hingga membatasi sembelit selama kehamilan.

 

  1. Anonim. Health Benefits of Banana Flower. https://www.healthbenefitstimes.com/health-benefits-of-banana-flower/. (Diakses pada 4 Februari 2020).
  2. Singh, Shilpi. Banana blossom-an understated food with high functional benefits. https://www.journalcra.com/article/banana-blossom-understated-food-high-functional-benefits. (Diakses pada 4 Februari 2020).
  3. Mary. 2019. The Best Health Benefits Of Banana Flower. https://healthcautions.com/the-best-health-benefits-of-banana-flower/. (Diakses pada 4 Februari 2020).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi