Terbit: 11 February 2018 | Diperbarui: 12 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Sudah banyak diketahui bahwa vitamin A erat kaitannya dengan kesehatan mata. Vitamin A terbukti membantu fungsi penglihatan melalui pemenuhan kebutuhan retinol pada mata. Namun ternyata vitamin A mempunyai manfaat lain yang juga penting untuk tubuh kita.

Ini Fungsi Lain dari Vitamin A yang Jarang Diketahui

Vitamin A penting dalam pertumbuhan sel limfosit B yaitu sel yang berperan dalam sistem kekebalan humoral. Sehingga, dengan asupan vitamin A yang cukup tubuh kita mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan meningkatknya kekebalan tubuh dapat mencegah kemungkinan terjadinya infeksi pernafasan dan diare.

Selain kekebalan tubuh, Almatsier dalam bukunya Prinsip Dasar Ilmu Gizi menyebutkan vitamin A memiliki fungsi untuk mencegah kanker. Retinoid pada vitamin A mampu mempengaruhi perkembangan sel epitel sehingga kemampuan tubuh dalam mencegah kanker dapat meningkat. Selain itu, kolaborasi vitamin A dengan vitamin E dan C dapat membentuk antioksidan dalam tubuh lebih baik sehingga dapat mencegah terjadinya kanker.

Vitamin A juga merupakan vitamin yang harus tercukupi kebutuhannya pada anak-anak. Hal ini dikarenakan vitamin A dibutuhkan dalam pembentukan tulang dan gigi. Sehingga, apabila asupan vitamin A tidak terpenuhi dalam jangka panjang dapat menyebabkan terjadinya gagal tumbuh pada anak-anak.

Seluruh manfaat lain dari vitamin A ini tentu dapat dirasakan apabila asupan vitamin A pada tubuh tercukupi. Kebutuhan asupan vitamin A pada usia 19-29 tahun adalah sebesar 600 AKA (Angka Kecukupan Vitamin A). Angka ini dapat dicukupi dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A seperti hati sapi, minyak ikan, daun pepaya. Kandungan vitamin A dari ketiga makanan tersebut mampu memenuhi kebutuhan vitamin A dalam satu hari apabila dikonsumsi dalam 100 gram.

Dengan banyaknya manfaat vitamin A yang dapat diperoleh tubuh, maka penting bagi kita untuk memastikan bahwa asupan vitamin A kita selalu tercukupi setiap hari.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi