Terbit: 13 Maret 2018 | Diperbarui: 8 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Tentu sering kita mendengar bahwa olive oil merupakan salah satu pilihan minyak yang sehat. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang beralih menggunakan olive oil untuk pemilihan minyaknya. Namun penggunaan olive oil dengan tepatlah yang dapat mendukung kondisi kesehatan tubuh.

Manfaat Olive Oil dan Cara Tepat Menggunakannya

Olive oil memiliki banyak kandungan Monounsaturated Fatty Acid (MUFA) yang baik untuk tubuh. Menurut penelitian dari Cardiovasculat Risk and Nutrition Research Group di Spanyol penggantian asupan lemak jenuh atau lemak trans dengan MUFA yang ada pada olive oil akan mendukung kesehatan tubuh, salah satunya adalah mengurangi risiko penyakit jantung.

Penggunaan MUFA akan mendukung turunnya kolesterol dan kadar gula tubuh. Sehingga akan menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes.

Akan tetapi penggunaan olive oil tidak bisa serta merta langsung digunakan sebagai pengganti minyak goreng biasa dalam sehari-hari.

Menurut Katherine Zeratsky, dietitian dari Mayo Clinic, olive oil merupakan salah satu jenis minyak yang memiliki banyak kandungan kalori, jika dibandingkan dengan minyak biasa. Maka dari itu penggunaan yang berlebihan bisa menyebabkan peningkatan asupan energi.

Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan olive oil, yaitu:

  1. Gunakan sebagai pengganti jenis minyak atau bahan makanan yang tinggi lemak

Selalu gunakan olive oil untuk mengganti minyak yang mungkin ada pada bahan makanan seperti, mentega atau masakan bersantan.

2. Tidak menambahkan olive oil untuk semua bahan makanan

Beberapa orang beranggapan bahwa dengan menambah olive oil maka makanan akan menjadi semakin sehat. Padahal olive oil harus tetap diatur penggunaanya sesuai dengan kebutuhan tubuh.

3. Porsi tidak berlebihan

Meskipun kita menggunakan olive oil sebagai pengganti minyak, namun pada setiap kali penggunaannya/setiap porsi per kali pakainya olive oil tetap tidak boleh berlebihan. Umumnya penggunaan minyak dalam satu porsi adalah 5 ml atau setara satu sendok makan.

Berbagai manfaat yang ada pada olive oil tentu baru kita rasakan jika kita mengonsumsinya dalam jumlah dan porsi yang tepat. Jadi perhatikan tiga hal tersebut saat menggunakan olive oil, ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi