Terbit: 13 Maret 2018 | Diperbarui: 8 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Makanan atau diet untuk penderita hipertensi memang terasa hambar. Ya,  kita tahu bahwa bagi penderita hipertensi, asupan makanan yang rasanya asin harus dibatasi. Hal ini memicu anggapan bahwa rasa makanan menjadi tidak enak. Namun ada cara untuk menyiasati hal tersebut.

Tips Agar Menu Diet Hipertensi Tak Terasa Hambar Lagi

Hipertensi bisa diatasi dengan cukup banyak cara seperti pengobatan medis, diet dan aktivitas fisik. Diet atau pengaturan makanan merupakan salah satu cara yang harus selalu dipertahankan agar tekanan darah tidak kembali naik jika pemakaian obat sudah dihentikan.

Namun kebanyakan orang dengan hipertensi merasa kesulitan mengurangi asupan garam, utamanya untuk masakan. Padahal, berbagai pedoman dan asosiasi kesehatan mengharuskan pembatasan garam dengan ketat, British Dietitan Associaton hanya membatasi asupan garam paling banyak 6 gram atau setara dengan 1 sendok teh garam setiap harinya.

Pembatasan garam merupakan satu-satunya kunci keberhasilan diet hipertensi. Namun kita tentu tidak ingin kehilangan selera dan kenikmatan saat makan hanya karena tidak adanya cita rasa pada masakan.

Menurut Jaclyn Reitens, dietitian dari Aptima Nutrition and Sport Consultans ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar makanan tetap memiliki cita rasa namun tetap mendukung keberhasilan diet, yaitu:

  1. Menggunakan bumbu alami

Perasa masakan alami seperti bumbu atau rempah seperti bawang, jahe atau cabai boleh digunakan untuk penambah cita rasa pada makanan untuk diet hipertensi. Rasa bumbu selain garam yang cukup dominan akan membuat makanan lebih terasa nikmat.

2. Menggunakan kaldu alami dari makanan hewani atau nabati

Penggunaan bahan tambahan kaldu bubuk tidak dianjurkan. Maka kaldu yang digunakan untuk masakan sebaiknya berasal dari bahan makanan misalnya kaldu dari ayam beserta tulang dan kaldu dari bawang.

3. Memilih bahan makanan yang memiliki cita rasa alami

Bahan makanan seperti wortel, sudah memiliki rasa manis alami sehingga penggunaan bahan makanan tersebut dapat meningkatkan cita rasa masakan.

Dengan 3 cara tersebut, meski sedang diet hipertensi kita bisa tetap merasakan masakan yang sedap kan?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi