Terbit: 13 April 2018 | Diperbarui: 9 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Apa yang kita makan bisa memberikan pengaruh besar bagi kesehatan tubuh kita. Sebagai contoh, jika kita sembarangan dalam mengonsumsi makanan, maka kita pun akan lebih rentan untuk terkena gangguan pencernaan. Lantas, makanan apa saja yang sebaiknya kita konsumsi agar tidak mudah terkena masalah pencernaan?

Ingin Pencernaan Lebih Sehat? Makan Ini Saja

Dilansir dari IOL, pakar kesehatan Nmami Agarwal dan Mehar Rajput menyarankan kita untuk rajin-rajin mengonsumsi yoghurt, jahe, dan buah pepaya agar pencernaan kita tetap sehat.

Jahe dianggap sebagai bahan makanan yang mampu melancarkan pencernaan, menurunkan inflamasi, dan mengatasi masalah asam lambung. Jahe juga mampu menenangkan saluran usus. Agarwal dan Rajput pun menyarankan kita untuk mengonsumsi air jahe yang diberi tambahan perasan lemon setiap kali kita selesai makan.

Yoghurt kaya akan kandungan probiotik, sejenis mikroorganisme hidup yang mampu membuat saluran pencernaan dan sistem imun tubuh kita menjadi lebih sehar. Rutin mengonsumsi yoghurt juga akan membuat kita tidak mudah terkena infeksi saluran kemih, alergi, dan pilek.

Buah pepaya yang manis dikenal luas sebagai makanan yang kaya akan kandungan serat dan bisa membantu kelancaran pencernaan. Tak hanya itu, di dalam buah pepaya juga terdapat enzim papain dan cymo papain yang mampu mengatasi sakit perut, diare, konstipasi, dan gangguan pencernaan lainnya.

Makanan lain yang bisa kita konsumsi demi menjaga kesehatan saluran pencernaan adalah biji adas dan biji cumin. Biji adas kaya akan fitonutrien yang bertindak seperti antioksidan yang bisa mengatasi masalah perut kembung. Sekresi enzim pencernaan juga akan meningkat dengan signifikan. Rajin mengonsumsi biji cumin juga akan membuat pankreas melakukan sekresi berbagai enzim pencernaan dengan lebih baik.

Ternyata makanan yang baik bagi saluran pencernaan mudah untuk dicari ya?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi