Terbit: 16 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Kita tentu tahu bahwa kalsium merupakan zat gizi yang penting untuk tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium kita biasanya mengonsumsi susu, namun ternyata ada makanan yang dapat menghambat penyerapan kalsium.

Hindari, 5 Makanan Ini Bikin Kalsium Tak Diserap Tubuh

Kalsium merupakan bahan baku utama pembentukan tulang dan gigi. Dalam buku Prinsip Dasar Ilmu Gizi, manfaat utama tersebut membuat peran kalsium menjadi vital karena jika asupannya kurang atau terhambat maka densitas massa tulang tidak terbentuk maksimal sehingga meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis.

Menurut pakar kesehatan Nikolaos Katsilambros, dalam bukunya, beberapa kandungan pada bahan makanan yang dapat menganggu penyerapan kalsium adalah:

1.Fosfor

Makanan tinggi fosfor akan membuat pembentukan garam kalsium fosfat yang tidak larut air menganggu penyerapan kalsium. Makanan yang memiliki banyak kandungan fosfor umumnya adalah kacang-kacangan.

2.Natrium

Asupan natrium yang berlebihan dapat menganggu penyerapan kalsium. Natrium banyak terdapat pada makanan kemasan.

3. Kafein dan alkohol

Konsumsi kafein dan alkohol berlebih dapat mingkatkan sekresi kalsium sehingga ketersediaan kalsium dalam tubuh akan berkurang. Kafein banyak terdapat pada kopi dan minuman berenergi.

4.Asam fitat dan oksalat

Kandungan fitat dan oksalat pada makanan mengikat kalsium dalam tubuh sehingga tubuh tidak mampu menyerap kalsium yang tersedia dengan baik. Fotat dan oksalat ada pada gandum utuh, polong-polongan dan bayam.

5.Kandungan vitamin D yang rendah

Asupan vitamin D yang rendah akan membuat kalsium kehilangan bahan baku untuk pembentukan massa tulang. Vitamin D dapat kita peroleh dari paparan sinar matahari dan bahan makanan protein hewani seperti ikan dan daging.

Ada cukup banyak bahan makanan yang dapat menganggu penyerapan kalsium. Untuk itu kita harus cermat saat akan mengonsumsi kalsium.

Beberapa bahan makanan yang menghambat kalsium , seperti kacang-kacangan, gandum dan bayam, memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Untuk itu sebaiknya beri jarak 3-4 jam setelah mengonsumsi makanan tersebut sebelum mengonsumsi makanan berkalsium ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi