Terbit: 16 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Anda tentu pernah, kan sulit untuk berhenti makan sesuatu? Sebut saja keripik kentang atau kacang. Ya, beberapa makanan memang seakan membuat tubuh kita kecanduan saat mengonsumsinya. Namun sayangnya sebagian besar makanan tersebut justru tidak boleh kita konsumsi terlalu banyak lo. Mengapa?

Hati-hati, Jangan Berlebihan Konsumsi 3 Makanan Ini

Michael Smith, pakar kesehatan dari WebMD menyebutkan bahwa kebanyakan makanan yang membuat kita tidak bisa berhenti memakannya adalah makanan yang akan menyebabkan tubuh kita mengalami craving.

Craving
berarti tubuh kita sangat ingin mengonsumsi makanan tersebut, hal ini umumnya disebabkan oleh kandungan gula, baik sederhana atau kompleks, garam, lemak atau zat tertentu dari makanan tersebut yang cukup tinggi.

Untuk itu kita perlu mewaspadai beberapa makanan yang biasanya kita konsumsi dalam jumlah banyak, namun kerap tidak kita sadari, misalnya:

1. Saus tomat

Pernahkah Anda perhatikan bahwa kita sulit berhenti makan jika mengonsumsi saus tomat. Saus tomat memiliki kandungan glutamat yang tinggi, hal ini menyebabkan kita seakan ketagihan. Untuk itu selalu batasi konsumsi saus tomat paling banyak 1-2 sendok makan saja ya.

2. Smoothies

Anda sering mengonsumsi smoothies? Rasanya yang manis dengan pilihan buah segar kerap membuat kita tidak berhenti meminumnya ya. Sayangnya kebanyakan smoothies diolah dengan terlalu banyak tambahan seperti gula, susu dan es krim. Rasa manis berlebihan tersebut bisa menyebabkan kita tidak bisa berhenti mengonsumsinya.

3. Donat

Siapa sih yang tidak suka donat? Kini donat kerap disajikan dengan berbagai topping aneka rasa. Hal ini tentu membuat kita ingin mencoba sebanyak mungkin rasa donat ya. Kondisi ini juga sebaiknya dibatasi, karena konsumsi satu donat dengan topping cokelat saja sudah setara dengan satu centong nasi lo.

Ketiga bahan makanan diatas tentu boleh saja dikonsumsi, namun kita perlu menetapkan porsi dan jenis bahan dengan tepat dari awal ya.

Misalnya membuat smoothies dari susu rendah lemak dan memilih donut yang dipanggang dengan topping yang tidak tinggi gula atau lemak, misalnya kacang almond. Jangan lupa konsumsi secukupnya saja ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi