Terbit: 6 Agustus 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Hati angsa adalah makanan yang diklaim dapat memberikan manfaat menyehatkan karena tinggi kandungan nutrisi, Meski begitu jeroan ini juga memiliki kandungan lemak yang juga tinggi. Selengkapnya simak penjelasannya, mulai dari manfaat hingga bahayanya bagi kesehatan!

Hati Angsa (Foie Gras): 5 Manfaat Kesehatan, Kandungan Nutrisi, Efek Samping, dll

Apa Itu Hati Angsa?

Hati angsa atau foie gras adalah makanan asal Perancis yang sudah populer di seluruh dunia. Foie gras merupakan olesan lembut yang terbuat dari foie gras dan anggur putih. Namun, istilah foie gras mengacu pada hati yang utuh.

Foie gras berlemak dan kaya nutsisi, dengan tekstur lembut dan rasa mentega. Makanan ini dapat diolah dengan berbagai cara, tetapi paling sering disajikan sebagai pâté de foie gras dengan roti atau kraker.

Kandungan Nutrisi Hati Angsa

Foie gras adalah organ yang mengandung banyak lemak tetapi juga kaya akan vitamin dan mineral, karena hati berfungsi sebagai organ penyimpanan berbagai nutrisi.

Informasi nutrisi untuk foie gras utuh tidak tersedia, tetapi 28 gram pâté de foie gras, yang dibuat dengan sedikit anggur putih, memberikan nutrisi berikut:

  • Kalori: 130
  • Lemak: 12 gram
  • Protein: 3 gram
  • Karbohidrat: 1 gram
  • Vitamin A: 32% dari nilai angka kecukupan gizi (AKG) harian
  • Vitamin B12: 111% AKG
  • Asam pantotenat: 7% AKG
  • Riboflavin: 7% dari AKG
  • Niasin: 5% dari AKG
  • Tembaga: 13% dari AKG
  • Zat besi: 9% dari AKG
  • Fosfor: 5% dari AKG

Namun, anggur putih dapat mengubah kandungan nutrisi sampai kadar tertentu, tetapi umumnya bukan kandungan lemak atau vitamin dan mineral. Karena kandungan lemaknya yang tinggi, foie gras kaya akan kalori.

Manfaat Hati Angsa bagi Kesehatan

Berkat berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, foie gras diklaim memiliki beberapa manfaat yang yang bagus untuk kesehatan, dari antiperadangan hingga menjaga fungsi kekebalan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat hati angsa untuk kesehatan:

1. Antiinflamasi dan Mencegah Penyakit Jantung

Foie gras tinggi akan kalori dan lemak. Lemak merupakan kombinasi sehat dari lemak tak jenuh dan lemak jenuh.

Sebagian besar kandungan lemak dalam foie gras adalah lemak tak jenuh tunggal. Jenis lemak ini sangat anti-inflamasi dan bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Memproduksi Sel Darah Merah dan Energi

Sebanyak 28 gram pâté de foie gras mengandung vitamin B12 selama lebih dari satu hari. Vitamin ini adalah nutrisi utama yang dapat membantu tubuh membangun sel darah merah yang sehat dan mempertahankan tingkat energi dalam tubuh.

3. Mencegah Masalah Penglihatan Mata

Manfaat hati angsa bisa membantu mencegah masalah penglihatan, karena tinggi akan kandungan vitamin A yang terkenal bagus untuk menyehatkan mata. Tentu manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan sering mengonsumsi makanan ini.

4. Protein yang Menyehatkan

Makan foie gras sebanyak 44 gram akan memberi 8,2 gram protein berkualitas tinggi bagi tubuh. Protein dari sumber hewani mengandung sembilan asam amino esensial yang memengaruhi keadaan protein tubuh. Protein bisa membantu membangun otot, memperbaiki sel dan jaringan, menjaga fungsi kekebalan tubuh, dan berfungsi sebagai suplai energi sekunder.

5. Manfaat Lainnya

Foie gras adalah makanan yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Di daerah-daerah di mana makanan ini sering dikonsumsi, rata-rata memiliki harapan hidup yang sangat tinggi.

Makan foie gras juga dapat membantu mencegah penyakit pada sistem kardiovaskular dan aterosklerosis, memiliki efek menguntungkan pada aktivitas otak, meningkatkan daya ingat, memperkuat rambut, dan memperbaiki kondisi kulit. Makanan ini juga sangat dianjurkan untuk ibu hamil dan anak-anak.

Proses Pembuatan dan Cara Mengonsumsi Hati Angsa

Meski terdengar agak aneh, bagian penting dari produksi foie gras adalah memberi makan angsa secara paksa. Makanan pokoknya adalah jagung dan sangat menggemukkan, yang menyebabkan angsa cepat gemuk dan menimbun lemak di sekitar hati.

Proses penggemukan tersebut yang membuat foie gras menjadi makanan yang lezat, karena foie gras hati angsa yang belum melalui proses ini tidak begitu berlemak atau halus. Faktanya, proses makan paksa dapat memperbesar hati unggas hingga 10 kali lipat.

Foie gras tersedia dalam keadaan mentah, setengah matang, matang sepenuhnya, utuh, atau sebagian. Harga foie gras sendiri termasuk makanan termahal di dunia karena bercita rasa khas dan proses pembuatannya. Harga satu porsi olahan foie gras antara 439 ribu hingga 697 ribu rupiah.

Dalam hidangan Perancis, foie gras adalah salah satu menu populer. Hidangan ini bisa diolah dengan cara dipanggang, goreng, bakar, tetapi kebanyakan orang lebih mengenal makanan ini dalam bentuk olesan, seperti pâté de foie gras, yang disajikan dengan baguette atau kraker.

Baca Juga: Fatty Liver (Perlemakan Hati), Waspadai Bahaya dan Cara Mencegahnya!

Bahaya Hati Angsa untuk Kesehatan

Mengingat kandungan lemaknya yang tinggi, foie gras harus dikonsumsi dalam jumlah sedikit atau bahkan hanya sesekali, karena satu porsinya mengandung hampir 20 persen dari nilai lemak angka kecukupan gizi harian. Diet tinggi lemak, terutama lemak jenuh, dapat menyebabkan sejumlah komplikasi kesehatan, termasuk pengerasan arteri dan penyakit jantung.

Hati angsa juga tinggi kolesterol, yakni sekitar 44 g mengandung 226,2 mg kolesterol, yang memenuhi hampir seluruh asupan harian. Mayo Clinic merekomendasikan untuk membatasi asupan kolesterol hingga 300 mg per hari, meskipun American Heart Association menganjurkan untuk mengonsumsi 200 mg atau kurang jika seseorang memiliki penyakit jantung.

Tubuh manusia menghasilkan semua kolesterol yang Anda butuhkan, dan kolesterol makanan tidak memiliki tujuan selain untuk menyumbat arteri – lemak ini tidak larut dalam darah dan bisa menumpuk dan menghalangi aliran darah arteri. Ini adalah faktor yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Jika ingin mengonsumsi foie gras, pastikan untuk tidak terlalu banyak untuk mencegah peningkatan kolesterol.

paket obat isolasi mandiri doktersehat

 

  1. Hannigan, Isabelle. 2018. The Nutrition of Seared Foie Gras. https://healthyeating.sfgate.com/nutrition-seared-foie-gras-3776.html (Diakses pada 6 Agustus 2021)
  2. Shoemaker, SaVanna. 2020. What Is Foie Gras?. https://www.healthline.com/nutrition/what-is-foie-gras (Diakses pada 6 Agustus 2021)
  3. Wolf, Nicki. Tanpa Tahun. Duck Liver Nutrition. https://www.livestrong.com/article/342046-duck-liver-nutrition/ (Diakses pada 6 Agustus 2021)
  4. Warner, Jennifer. Healthy Reason to Forgo Foie Gras. https://www.webmd.com/food-recipes/news/20070620/healthy-reason-to-forgo-foie-gras (Diakses pada 6 Agustus 2021)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi