Terbit: 25 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Lemak seringkali dikaitkan dengan tubuh gemuk. Ya, tidak sedikit yang menganggap bahwa lemak merupakan salah satu penyebab kenaikan berat badan sehingga membuat tubuh menjadi gemuk. Tak heran jika banyak orang yang beranggapan demikian, memilih untuk menjauhi makanan yang mengandung lemak.

Tak Selalu Buruk, Inilah Beberapa Fakta dari Lemak yang Perlu Diketahui

Padahal, lemak masih memiliki manfaat baik untuk tubuh asalkan dimanfaatkan dengan baik dan benar. Selain itu, ada sederet fakta unik yang lemak yang masih belum diketahui oleh banyai orang. Apa saja fakta-fakta tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Letak Lemak Antara Tubuh Pria Dan Wanita Berbeda

Mungkin kita menganggap bahwa letak lemak semua orang baik pria maupun wanita adalah sama. Faktanya, lemak pada tubuh pria dan wanita letaknya berbeda. Pria cenderung memiliki lemak di area tubuh seperti dada, perut dan pantat. Sedangkan wanita memiliki lemak di bagian yang berbeda yakni di payudara, pinggul, pinggang dan pantat.

2. Lemak Berperan Sebagai Energi Cadangan

Tak hanya sebagai penyebab kenaikan berat badan, lemak ternyata juga bermanfaat sebagai energi cadangan di dalam tubuh. Rata-rata manusia punya 10 persen lemak dari total berat badan. Lemak tersebut nantinya akan berguna ketika kita mengalami kesulitan dalam mencari asupan makanan. Sehingga, lemak itulah yang nantinya akan digunakan sebagai energi untuk beraktivitas.

3. Latihan Kardio Tidak Terlalu Efektif Dalam Membakar Lemak

Selama ini, kita lebih memilih latihan kardio saat ingin membakar lemak. Selain dapat menurunkan berat badan, latihan kardio juga sangat baik untuk kesehatan tubuh, khususnya jantung. Akan tetapi, yang perlu kita ketahui adalah bahwa latihan kardio ternyata tidak terlalu efektif dalam membakar lemak. Latihan yang paling efektif dalam membakar lemak adalah latihan angkat beban yang juga sangat baik dalam pembentukan otot. Oleh karenan itu, kita harus bisa memvariasikan latihan kita dengan kardio dan angkat beban setiap hari secara rutin.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi