Terbit: 14 Agustus 2018 | Diperbarui: 14 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Teh hijau memang menjadi salah satu minuman terfavorit bagi setiap pelaku diet. Hal tersebut dikarenakan teh hijau sangat efektif dalam menekan nafsu makan sehingga penurunan berat badan akan semakin mudah didapatkan.

Waspada, Kebanyakan Minum Teh Hijau Bisa Sebabkan Hal Ini

Namun, dalam mengonsumsinya pun harus benar sesuai aturan. Sebab, walaupun baik dalam menurunkan berat badan, jika dikonsumsi secara berlebihan juga bisa memberi efek yang kurang baik bagi kesehatan. Apa saja efek samping dari kebanyakan minum teh hijau? Simak informasinya berikut ini.

1. Insomnia

Perlu diketahui, teh hijau adalah minuman yang mengandung kafein cukup tinggi sehingga bisa menyebabkan Anda menjadi selalu terjaga dari rasa kantuk. Oleh karenanya, Anda tidak dianjurkan mengonsumsinya dalam jumlah banyak, apalagi ketika malam hari menjelang tidur. Jika porsinya sangat banyak dan melampaui batas, justru bisa membuat jantung berdebar dan rasa cemas yang akhirnya menyebabkan insomnia.

2. Kekurangan Zat Besi

Mungkin Anda belum tahu jika teh hijau mengandung zat tannin yang fungsinya sebagai antioksidan dan penawar racun. Hal itu memang baik, tapi jika dikonsumsi terlalu banyak, maka zat tannin itu akan menghambat penyerapan zat besi pada tubuh. Akibatnya, ketika tubuh kekurangan zat besi maka Anda akan merasa lemas, lelah, anemia, penurunan kinerja otak, dan selalu mengantuk.

3. Memicu Maag

Bagi Anda yang memiliki riwayat maag, maka sebaiknya agar lebih berhati-hati dalam mengonsumsi teh hijau. Pasalnya, minuman yang satu ini cukup keras bagi lambung. Jika Anda ingin mengonsumsinya, pastikan perut terisi terlebih dahulu. Jangan sampai minum teh hijau dalam keadaan perut kosong karena bisa memicu peningkatan gas pada lambung.

4. Diare

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, teh hijau memang cukup kuat reaksinya pada organ perut dan cerna. Untuk itu, sebelum mengonsumsi teh hijau, pastikan dulu bahwa perut Anda dalam keadaan baik-baik saja. Sebab, tidak sedikit orang yang mengalami diare akibat terlalu banyak mengonsumsi minuman yang satu ini.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi