Terbit: 12 Maret 2018 | Diperbarui: 14 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Keliru bila ada yang menganggap bahwa diet vegetarian akan menurunkan berat badan. Sebenarnya diet vegetarian tidak berfokus pada penurunan berat badan. Diet ini lebih mempertimbangkan manfaatnya untuk kesehatan tubuh secara umum.

Vegetarian Ternyata Bukan Cara Diet untuk Bikin Langsing

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Yale University of Public Health, diet vegetarian adalah diet yang mampu memberikan manfaat positif untuk kondisi kesehatan tubuh, dan bukan berfokus pada penurunan berat badan.

Kondisi yang akan dirasakan tubuh dari penerapan diet vegetarian adalah karena pemilihan bahan makanan yang bebas protein hewani dan banyak kandungan serat dari pemilihan buah dan sayur. Hal ini diharapkan akan membawa manfaat yang nyata pada kondisi kesehatan seperti tekanan darah yang lebih terkontrol serta kadar lemak dan gula darah tubuh yang turun.

Manfaat dari diet vegan tersebut memang secara tidak langsung akan memberi dampak pada penurunan berat badan. Menurut Katherine Zeratsky, dietitian dari Mayo Clinic, beberapa studi memang menunjukkan adanya penurunan berat badan pada orang yang menjalankan diet vegetarian. Penurunan berat badan terjadi sebesar 3-4,5 kg selama satu hingga 12 bulan penerapan diet vegetarian.

Namun penurunan berat badan hanya dianggap sebagai keuntungan lain dari penerapan diet vegetarian, tujuan utamanya adalah untuk manfaat ke kesehatan tubuh yang berfokus pada terkontrolnya tekanan darah dan kadar darah.

Pada diet vegetarian dapat terjadi penurunan berat badan diakibatkan oleh beberapa hal, yaitu:

  1. Makanan yang dipilih mengandung banyak air
  2. Buah dan sayur sebagai makanan vegetarian merupakan sumber serat yang tinggi, dan
  3. Minyak dari protein nabati lebih baik untuk kadar lemak darah

Ketiga hal tersebut akan mendukung kesehatan tubuh yang dalam jangka panjang juga berpengaruh pada penurunan berat badan.

Tentu boleh-boleh saja jika kita ingin menerapkan diet vegetarian, akan tetapi kita harus memahami bahwa penerapa diet ini bukan hanya berfokus pada penurunan berat badan, ya!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi