Terbit: 28 May 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Saat sedang puasa, kita tetap membutuhkan air sebanyak 2 liter per hari atau 8 gelas. Untuk mencukupi kebutuhan air dalam waktu yang terbatas, kita harus pandai-pandai membuat siasat.

5 Buah Kaya Air yang Cocok untuk Temani Menu Berbuka Puasa

Siasat pertama yang bisa kita lakukan adalah membagi air minum sesuai dengan jam, misal saat sahur 3 gelas, lalu sisanya dibagi saat berbuka. Kalau Anda tidak kuat minum langsung banyak, pelan-pelan saja saat minum.

Siasat kedua adalah mengganti sebagian air dengan buah. Anda bisa mengonsumsi buah dengan kandungan air yang banyak untuk berbuka puasa.

Nah, untuk jenis buahnya coba simak daftar di bawah ini.

  1. Semangka

Buah kaya air dan baik untuk mengobati dehidrasi pada tubuh selama puasa adalah semangka. Buah ini memiliki rasa manis sehingga mereka yang alergi dengan asam bisa mengonsumsinya tanpa was-was.

Semangka bisa diolah menjadi jus atau dimakan langsung setelah dipotong. Anda yang suka membuat salad buah, semangka bisa dijadikan isian yang puasa.

Selain mengandung air yang cukup banyak, semangka juga mengandung serat. Buah yang merah ini juga mengandung zat yang bisa melancarkan peredaran darah sehingga metabolisme bisa berjalan dengan lancar.

  1. Melon atau Timun Suri

Buah kedua yang bisa dikonsumsi untuk mengganti cairan tubuh adalah melon atau timun suri. Buah ini mengandung banyak cairan sehingga bisa dijadikan camilan saat berbuka puasa atau sebelum tidur.

Oh ya, Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, buah ini baik untuk menormalkan tekanan darah. Anda bisa mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan tidak kebanyakan agar tidak pusing.

Melon bisa dimakan langsung, dibuat menjadi jus, atau digunakan untuk campuran salad dan es campur.

  1. Pepaya

Pepaya mengandung cukup banyak air yang bisa membuat tubuh terhidrasi kembali. Selain itu, warna merah pada buah juga mengandung banyak vitamin A yang baik untuk kesehatan mata selama puasa.

Pepaya yang rasanya manis juga memberikan energi instan pada tubuh. Anda yang belum bisa makan berat bisa menggunakan pepaya untuk pengganjal perut.

Lebih lanjut, buah yang biasa dimakan dalam bentuk segar ini juga kaya akan serat. Mengonsumsi pepaya akan membuat pencernaan lebih lancar dan Anda tidak mengalami sembelit.

Anda yang sedang melakukan perawatan wajah dan kulit area tangan dan kaki, pepaya juga membantu mengencangkan kulit. Jadi, mengonsumsi satu buah bisa memberikan manfaat ke banyak hal.

  1. Jeruk

Untuk urusan buah yang memiliki banyak kandungan air, jeruk tidak bisa dikesampingkan. Buah dengan kulit berwarna oranye atau hijau ini mengandung banyak air yang rasanya manis, asam, dan segar.

Anda bisa mengonsumsi jeruk potong yang banyak dijual di pasar secara langsung atau diambil airnya terlebih dahulu. Selanjutnya jeruk juga bisa digunakan untuk campuran jus atau minuman lainnya.

Selain memberikan tambahan cairan, jeruk juga mengandung banyak vitamin C. Mengonsumsinya secara rutin akan meningkatkan kekebalan.

  1. Buah Naga

Buah kaya air dan serat terakhir yang bisa dijadikan andalan saat berbuka puasa adalah buah naga. Anda bisa mengonsumsi buah naga dengan daging warna putih atau daging warna ungu.

Daging warna ungu biasanya memiliki rasa asam sehingga kandungan vitamin C lebih tinggi. Sementara itu buah warna putih cenderung manis sehingga kandungan gulanya cukup banyak. Konsumsi buah ini secara langsung atau dalam bentuk jus.

Sudah tahu kan buah apa saja yang bisa dijadikan andalan saat berbuka pausa?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi