Terbit: 28 December 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Diabetesi (penderita diabetes) umumnya akan menghindari makanan manis karena khawatir gula darah naik. Padahal, penderita diabetes makan makanan manis tidak menjadi larangan, asalkan dengan tetap memperhatikan beberapa aturan. Simak penjelasannya berikut ini.

Bolehkah Pengidap Diabetes Konsumsi Makanan Manis?

Penderita Diabetes Makan Makanan Manis, Amankah?

Penderita diabetes harus lebih memperhatikan asupan makanan sehari-hari, terutama makanan yang mengandung karbohidrat dan gula.

Bahkan kabarnya, makanan manis untuk diabetesi sebaiknya dihindari sama sekali. Namun sebenarnya, bolehkah penderita diabetes konsumsi makanan manis?

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui bahwa gula yang masuk ke dalam tubuh akan dihitung sebagai karbohidrat. Nah, gula ini termasuk ke dalam karbohidrat sederhana.

Setelah gula (glukosa) diserap oleh tubuh, hormon yang dinamakan insulin akan memerintahkan sel-sel untuk menyerap glukosa dari darah.

Sayangnya, tubuh penderita diabetes tidak menghasilkan cukup insulin untuk menyerap glukosa darah tersebut. Masalah penyerapan gula darah pada diabetesi juga terjadi karena sel-sel tubuh tidak merespons hormon dengan cepat. Kondisi ini kemudian membuat kadar gula darah melonjak.

Baca Juga11 Makanan Sehat Pengganti Nasi yang Aman untuk Penderita Diabetes

Meski tubuh tidak maksimal bekerja saat mencerna gula, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsinya sama sekali. Faktanya, makanan manis boleh dikonsumsi diabetesi, asalkan Anda mencermati cara konsumsinya.

Selain itu, bisa saja asupan gula masih dibutuhkan oleh tubuh, mengingat gula yang masuk ke dalam tubuh umumnya berasal dari karbohidrat.

Nah, jika Anda tidak mengonsumsi sumber makanan yang mengandung karbohidrat, ada berbagai risiko kesehatan yang bisa terjadi. Salah satu masalah yang sangat mungkin dialami adalah kekurangan energi. Kondisi ini tentu saja bisa menghambat aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, makanan manis untuk diabetesi boleh dikonsumsi dengan tetap memperhatikan beberapa hal.

Tips Konsumsi Makan Makanan Manis untuk Penderita Diabetes

Tubuh diabetesi tidak mampu lagi untuk mengendalikan kadar gula darah dengan normal. Maka dari itu, konsumsi makanan manis harus lebih diperhatikan lagi.

Pasalnya, makan makanan manis berpotensi menyebabkan lonjakan gula darah yang bisa berujung pada komplikasi serius.

Berikut adalah beberapa tips untuk pengidap diabetes jika ingin makan makanan manis:

1. Batasi Porsi dan Frekuensinya

Penderita diabetes memang boleh makan makanan manis. Namun, ini bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya dalam jumlah bebas.

Diabetesi dianjurkan untuk makan makanan yang mengandung gula dalam porsi sedang. Selain itu, penting untuk menjaga agar frekuensi makan makanan manis tidak terlalu sering.

Terkait berapa gram gula untuk diabetes yang aman, jumlah maksimal yang direkomendasikan adalah sebanyak 30 gram untuk dewasa. Jumlah ini setara dengan tujuh sendok teh.

Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk mengetahui batas maksimal konsumsi gula per hari sesuai dengan kondisi kesehatan.

2. Cek Konsumsi Makanan Lainnya

Sebelum mengonsumsi makanan manis, perhatikan makanan-makanan lain yang telah Anda konsumsi sebelumnya. 

Sebagai contoh, jika sebelumnya Anda mengonsumsi makanan tinggi kalori dengan porsi yang besar, konsumsilah makanan manis sedikit saja.

Namun demikian, walaupun sebelumnya Anda baru makan sedikit, sebisa mungkin hindari mengonsumsi makanan manis berlebihan setelahnya.

3. Pilih Makanan yang Sehat

Alih-alih konsumsi makanan manis tinggi kalori seperti permen, kue, biskuit, dan cokelat tinggi gula, makanlah makanan manis yang sehat jika Anda sedang ingin makanan manis.

Ada banyak pilihan camilan sehat untuk diabetesi, misalnya cokelat hitam, buah-buahan, greek yoghurt, dan smoothie.

4. Ganti Gula Biasa dengan Pemanis Buatan

Makanan manis yang Anda makan bisa berasal dari gula yang beragam. Nah, agar asupan makanan manis Anda tetap aman, gantilah gula biasa dengan pemanis buatan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) telah menyetujui enam jenis pemanis buatan yang aman untuk penderita diabetes, di antaranya:

  • Aspartam.
  • Acesulfame K (acesulfame potassium).
  • Sakarin.
  • Sukralosa.
  • Neotame.
  • Advantame.

Selain itu, Anda juga bisa mengganti gula biasa dengan stevia. Pemanis alami ini lebih manis 200-350 kali dibandingkan dengan gula biasa dan mengandung nol kalori.

5. Perhatikan Asupan Karbohidrat Sehari-hari

Karbohidrat yang diserap oleh tubuh akan diubah menjadi gula. Oleh karena itu, penderita diabetes dianjurkan untuk membatasi konsumsinya.

Mengurangi asupan karbohidrat akan mencegah kalori berlebih masuk ke dalam tubuh. Dengan begitu, kadar gula di dalam darah bisa dikendalikan dengan baik.

Jangan lupa tambahkan makanan yang mengandung serat dan protein ke dalamnya agar Anda kenyang lebih lama.

Baca JugaPenderita Diabetes Konsumsi Gula Merah, Benarkah Lebih Aman?

6. Cek Label Makanan Kemasan

Penderita diabetes makan makanan manis memang diperbolehkan, asalkan mencermati labelnya terlebih dahulu. Perhatikanlah berapa jumlah kalori dan gula yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, Anda juga bisa mengecek kandungan gula pada makanan untuk memantau seberapa banyak asupan gula yang telah dikonsumsi.

Nah, kini Anda sudah tahu bahwa makanan manis tidak boleh sembarangan dikonsumsi oleh pengidap diabetes, mengingat risiko kesehatan yang ditimbulkannya.

Jika memang ingin makan makanan manis, Anda bisa memperhatikan beberapa tips di atas. Jangan lupa kombinasikan dengan olahraga rutin.

Bila masih sulit untuk menghindari konsumsi makanan manis, konsultasikan kepada dokter terkait jumlah yang aman untuk konsumsinya.

 

  1. Anonim. Sugar and Diabetes. https://www.diabetes.org.uk/guide-to-diabetes/enjoy-food/eating-with-diabetes/food-groups/sugar-and-diabetes. (Diakses pada 26 Desember 2022).
  2. Galan, Nicole. 2018. Is It Safe for A Person with Diabetes to Eat Sweets? https://www.medicalnewstoday.com/articles/323080. (Diakses pada 26 Desember 2022).
  3. Hassan, Diana. 2016. Can You Still Have Sweets If You Have Diabetes? https://www.canr.msu.edu/news/can_you_still_have_sweets_if_you_have_diabetes. (Diakses pada 26 Desember 2022).
  4. Rachael, Link. 2021. 12 Sweet and Diabetes-Friendly Snacks. https://www.healthline.com/nutrition/sweet-snacks-for-diabetics. (Diakses oada 26 Desember 2022).


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi