Terbit: 9 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Apakah Anda sering mengonsumsi kapsul omega-3? Kita tentu sering mendengar berbagai informasi tentang omega 3 yang bermanfaat untuk tubuh. Umumnya kita merasa tidak dapat memperoleh omega-3 dari makanan, sehingga suplemen minyak ikan menjadi pilihan. Padahal dengan porsi yang tepat kita bisa mendapatkan asupan omega-3 yang cukup untuk kebutuhan tubuh kita.

Berapa Banyak Omega-3 yang Kita Butuhkan?

Omega-3 sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa negara di area mediterania dan Jepang yang mengonsumsi ikan cukup tinggi, terutama ikan laut berminyak (oily fish), menunjukkan rendahnya risiko penyakit jantung pada masyarakatnya. Risiko lebih tinggi ada pada negara yang konsumsi oily fish-nya rendah seperti Inggris atau Amerika.

Omega-3 dapat kita peroleh dari bahan makanan yang bersumber dari laut seperti beberapa ikan yang termasuk oily fish yaitu ikan makarel, tuna, salmon, herring dan kepiting segar.

Menurut British Dietitian Association untuk mendapatkan asupan yang cukup, kita dianjurkan untuk mengonsumsi paling tidak dua porsi ikan dalam satu minggu, yang salah satunya adalah jenis oily fish. Untuk berapa porsi yang dianjurkan berdasarkan usia adalah sebagai berikut:

  • Anak usia 1,5 – 3 tahun : ¼ – ¾ potong atau setara dengan 1-3 sendok makan ikan yang kaya omega-3
  • Anak usia 4-6 tahun : ½ hingga 1 potong yang setara dengan 2-4 sendok makan ikan kaya omega-3
  • Anak usia 7-8 tahun :1 hingga 1 ½ potong atau 3-5 sendok makan ikan
  • Diatas usia 12 hingga dewasa: 140 gram oily fish yang setara dengan 3 potong ikan ukuran kecil.

Dengan mengonsumsi bahan makanan utamanya ikan yang termasuk golongan oily fish,kebutuhan omega-3 kita dapat terpenuhi dari makanan. Jadi jika dari makanan sudah tercukupi, tidak perlu suplemen lain lagi ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi