Terbit: 15 March 2022 | Diperbarui: 28 July 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Sirsak telah lama dikenal sebagai buah yang kaya akan manfaat. Kandungan nutrisinya yang lengkap, menjadikan buah ini dipercaya aman dikonsumsi oleh semua orang, tidak terkecuali untuk ibu hamil. Apa saja manfaat sirsak untuk ibu hamil? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Beragam Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil

Kandungan Nutrisi Buah Sirsak

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat jus sirsak untuk ibu hamil, hal penting yang harus diketahui kandungan apa saja yang ada di dalamnya. Buah yang memiliki nama latin Annona muricata L ini memiliki kulit berwarna hijau dengan duri-duri tumpul di sekelilingnya dan daging buah berwarna putih. 

Berikut adalah berbagai kandungan nutrisi yang ada pada buah sirsak, antara lain:

  • Vitamin B1.
  • Vitamin B2.
  • Vitamin B3.
  • Vitamin C.
  • Folat.
  • Kalsium.
  • Zat besi
  • Potasium.
  • Magnesium.
  • Fosfor.
  • Zinc.
  • Copper.

Selain itu, buah ini juga mengandung antioksidan termasuk phytosterol, tanin, dan flavonoid. Segelas jus sirsak untuk ibu hamil dapat membantu memenuhi kebutuhan serat, vitamin C, antioksidan, dan nutrisi penting lainnya.

 

Manfaat Sirsak untuk Ibu Hamil

Menilik nutrisinya yang kaya, hal tersebut menjadikan sirsak merupakan buah yang baik dikonsumsi oleh wanita hamil. Berikut ini adalah manfaat sirsak untuk ibu hamil, di antaranya:

1. Memperlancar pencernaan

Satu buah sirsak memenuhi 83 % kebutuhan serat harian. Serat akan mencegah sembelit atau konstipasi, penyakit yang sering sekali menghinggapi ibu hamil.

2. Mencegah kanker

Sirsak dipercaya mampu melawan kanker, terutama kanker payudara dan kanker darah. Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya berperan penting dalam hal ini. Selain buahnya, daun sirsak juga memiliki sifat antikanker dan mampu membunuh sel-sel kanker tanpa membahayakan sel yang sehat.

Selain itu sirsak juga dapat menyehatkan sistem reproduksi dan mencegah kanker rahim.

3. Menormalkan tekanan darah

Tekanan darah adalah hal yang sangat penting selama kehamilan. Tekanan darah terlalu tinggi berpotensi menyebabkan eklampsia, sementara tekanan darah rendah menyebabkan anemia. Sirsak mengandung potasium dan sodium yang membantu menormalkan tekanan darah ibu hamil.

4. Melawan infeksi bakteri

Infeksi bakteri sangat berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Sementara itu, sirsak memiliki kandungan antibakteri yang dapat melawan penyebab kolera, penyakit gusi, dan karang gigi. Kandungan vitamin C nya juga membantu melawan demam akibat infeksi.

5. Melawan peradangan

Buah, daun, dan akar sirsak dikenal luas sebagai bahan antiinflamasi. Mengonsumsi buah ini dipercaya membantu tubuh memperbaiki kerusakan sel. Hal ini menjadi penting bagi Bumil karena kenaikan berat badan dapat memperburuk beberapa kondisi kesehatan seperti radang sendi.

Selain itu, bauh ini juga dapat berperan sebagai analgesik untuk meredakan rasa sakit.

6. Meredakan depresi

Perubahan hormon saat kehamilan rentan memicu depresi dan mood swing. Buah sirsak untuk ibu hamil dipercaya dapat membantu menenangkan tubuh dan pikiran. Manfaat ini didapatkan karena kandungan vitamin B6 yang tinggi.

Baca Juga: 10 Manfaat Makan Mangga Muda untuk Ibu Hamil 

7. Melindungi otak janin

Kandungan asam folat dalam sirsak membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin. Asam folat juga melindungi otak dari  bakteri hingga membantu meningkatkan fungsi otak.

8. Mengatasi kram kaki

Kandungan analgesik dan mineral di dalam sirsak membantu mengatasi kram pada otot kaki. Kondisi yang sangat sering menimpa ibu hamil. Daunnya juga dapat direbus dan ditempelkan pada otot yang kram agar rileks kembali.

9. Mengurangi pegal

Sirsak kaya akan vitamin B kompleks yang menyuplai energi dan mencegah pegal-pegal pada otot selama kehamilan. Sirsak juga membantu ibu hamil tidur lebih nyenyak sehingga lebih bersemangat saat bangun di pagi hari.

10. Menjaga kesehatan kulit

Seluruh vitamin dan antioksidan yang diperlukan kulit agar tetap sehat dan glowing ada pada sirsak. Vitamin B kompleks yang ada di dalam buah ini juga membantu melawan radikal bebas. 

11. Menjaga kesehatan sistem pernapasan

Vitamin C menguatkan imunitas dan membantu mencegah penyakit pernapasan pada ibu hamil. Misalnya bronkitis, batuk pilek, dan pneumonia. Selain buahnya, air rebusan daun sirsak yang masih hangat juga dipercaya membantu memperlancar pernapasan selama kehamilan.

12. Mengendalikan gula darah

Ibu hamil sangat rentan mengalami lonjakan gula darah yang berujung pada diabetes. Sirsak dapat menjaga kadar gula darah dan melindungi ibu hamil dari efek samping diabetes.

Sirsak adalah satu dari sedikit buah yang memiliki kombinasi vitamin, protein, serat, dan lemak baik secara seimbang. Mengonsumsinya akan memberikan banyak manfaat positif bagi ibu dan janin.

Pada akhirnya, meski buah sirsak bermanfaat untuk hamil, Anda tidak dianjurkan mengonsumsinya terlalu banyak. Kandungan serat dan rasanya yang asam dapat memicu diare. Ibu hamil dengan penyakit tukak lambung harus berhati-hati jika ingin mengonsumsinya.

  1. Anonim. 2017. 11 Amazing Health Benefits of Soursop During Pregnancy. https://parentinghealthybabies.com/amazing-health-benefits-soursop-pregnancy/. (Diakses pada 14 Maret 2022).
  2. Anonim. 2021. 10 Benefits Of Soursop (Guyabano) During Pregnancy. https://drfarrahmd.com/2021/05/10-benefits-of-soursop-guyabano-during/. (Diakses pada 14 Maret 2022).
  3. Anonim. 2020. Health Benefits of Soursop. https://www.webmd.com/food-recipes/health-benefits-soursop. (Diakses pada 14 Maret 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi