Terbit: 15 March 2018 | Diperbarui: 27 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Kita tentu mengetahui bahwa ada berbagai jenis air mineral yang bisa dengan mudah kita peroleh. Dengan semakin banyaknya produk air mineral yang ada di pasaran kita tentu jadi sangat sering mengonsumsi air mineral. Bahkan mungkin lebih sering dibandingkan dengan mengonsumsi air biasa. Kira-kira apakah air mineral lebih baik dari air biasa?

Benarkah Air Mineral Lebih Baik Dari Air Biasa?

Air mineral merupakan air kemasan siap minum yang memiliki berbagai kandungan mineral tambahan misalnya kalium. Air mineral kemasan umumnya dikemsas dalam berbagai bentuk dan klaim yang menarik sehingga kita beranggapan bahwa air tersebut lebih baik daripada air biasa.

Air mineral memang mempunyai standar khusus dari Food and Drug Administration (FDA) dimana dalam pengemasananya ada hal yang diperhatikan yaitu proses pengolahan air yang terjamin, kontaminan bakteri yang terjaga dan telah memiliki standar kontrol yang berkualitas.

Namun, menurut FDA, baik air mineral kemasan atau air langsung dari keran di Amerika memiliki standar keamanan yang sama baiknya untuk dikonsumsi. Keduanya sudah dipastikan keeamannya melalui Environmental Protection Agency (EPA).

Akan tetapi di Indonesia, air biasa atau air minum yang kita masak sendiri tentu tidak sama dengan standar yang ada di Amerika. Sehingga perlu dipastikan beberapa hal agar air biasa yang kita masak sendiri bisa sama standarnya dengan air mineral kemasan.

Menurut Pedoman Gizi Seimbang yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, dalam mengonsumsi air minum, yang penting diperhatikan adalah kualitas dan kuantitasnya. Untuk memastikan itu kita perlu menjamin sumber air minum kita bersih, air yang dimasak nampak jernih dan air bebas dari kontaminan berbahaya. Selanjutnya kita juga harus mengolah air biasa dengan benar yaitu merebus air hingga mendidih untuk memastikan bakteri yang ada pada air mati.

Jika kita sudah memastikan bahwa air biasa yang kita olah sendiri benar-benar aman, maka air biaas tersebut sama baiknya dengan air kemasan.

Menurut dietitian dari Mayo Clinic, Katherine Zeratsky, memilih air mineral atau air minum biasa adalah pilihan masing-masing individu. Selama air tidak mengandung kontaminan berbahaya maka baik air mineral atau air biasa, sama baiknya untuk tubuh.

Jadi jenis air yang akan kita konsumsi bukan menjadi masalah asalakan keamanan air tersebut terjaga ya,


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi