Terbit: 9 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Apakah Anda penggemar buah impor? Buah impor memang sangat mudah kita peroleh karena ketersediaan jumlah yang melimpah dan hampir selalu ada di pasaran.

Makan Buah Produk Lokal Lebih Sehat, Segar dan Bergizi

Selain buah impor terlihat lebih menarik dari segi tampilan dan ukuran, umumnya harga buah impor juga bersaing dengan buah lokal. Kebanyakan dari kita memilih buah impor karena kualitas yang dianggap lebih terjaga. Namun jangan salah, buah lokal ternyata juga memiliki banyak keunggulan lho.

Keunggulan buah lokal adalah dari segi kesegaran, kandungan gizi, dan variasi jenis zat gizi yang dapat tubuh kita peroleh. Penjelasan keunggulan buah lokal adalah sebagai berikut:

1.Bebas penggunan bahan pengawet

Berdasarkan studi yang dilakukan di Institut Pertanian Bogor, beberapa buah impor, salah satunya apel, menggunakan bahan pengawet yaitu formalin >2 ppm. Meskipun angka ini masih tergolong aman, namun kita dianjurkan untuk mengupas kulit buah agar tidak terkontaminasi zat tersebut secara berlebihan.

Penggunaan pengawet ini bertujuan untuk menjaga mutu buah apel sehingga saat proses distrubusi buah tidak layu dan rusak. Hal ini tentu tidak digunakan pada buah-buahan lokal yang proses distribusinya tidak sepanjang buah impor. Sehingga buah lokal lebih rendah penggunaan pengawetnya yang menyebabkan buah lokal lebih terjaga kesegarannya.

2.Kandungan gizi lebih terjaga

Menurut buku Jus Super Ajaib yang ditulis oleh pakar kesehatan Rita Ramayulis, tentang cara pemilihan buah, buah lokal memiliki kandungan gizi yang lebih baik dari buah impor. Hal ini disebabkan kandungan gizi buah impor dapat hilang karena teroksidasi saat proses penyimpanan untuk keperluan distribusi.

Buah impor didistribusikan dengan pengaturan suhu dan kelembaban tertentu yang bisa membuat beberapa jenis vitamin dan mineral menguap akibat oksidasi dan suhu yang mungkin tidak cocok untuk beberapa buah. Buah lokal tentu tidak memerlukan penyimpanan tertentu karena proses distribusinya yang tidak sepanjang buah impor.

3. Asupan gizi lebih bervariasi

Buah lokal umumnya adalah buah musiman, meskipun hal ini sering dianggap menjadi kekurangan buah lokal. Namun hal ini justru baik untuk variasi asupan jenis zat gizi yang masuk ke tubuh kita.

Setiap buah memiliki kandungan gizi yang berbeda, dengan kita memilih buah lokal maka jenis zat gizi yang masuk ke tubuh kita tentu lebih bervariasi dibandingkan dengan hanya mengonsumsi buah yang sama secara terus menerus.

Buah lokal ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, kualitas dan keamanan buah lokal juga lebih terjaga. Jadi, yuk pilih buah lokal!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi