Terbit: 21 March 2018 | Diperbarui: 27 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Anda alergi telur, atau mungkin sedang bosan makan telur? 4 makanan dibawah ini bisa menjadi sumber protein yang lebih baik dari telur

4 Makanan yang Proteinnya Lebih Tinggi Dari Telur

Telur adalah salah satu sumber protein yang mudah kita peroleh, namun tentu ada beberapa kondisi dimana kita tidak bisa mengonsumsi telur, misalnya karena alergi telur, kondisi kesehatan atau mungkin karena sedang tidak ingin.

Dalam 100 gram telur terdapat 13 gram protein, angka ini termasuk tinggi karena dapat diperoleh dengan hanya mengonsumsi 2 butir telur ukuran sedang, sehingga telur termasuk sumber protein yang sulit “dikalahkan”.

Untuk itu kita sebaiknya memilih bahan makanan yang tepat untuk dapat menggantikan telur.

Makanan dibawah ini, menurut United States Departement of Agriculture, memiliki kandungan yang lebih tinggi dari telur dalam berat yang sama, yaitu:

 

  • Ikan

 

    1. Ikan jenis tuna mengandung 29 gram protein dan salmon 26 gram protein. Angka ini tentu hampir 2x lebih besar daripada telur. Untuk mendapatkan kandungan protein tersebut kita perlu mengonumsi ikan tuna atau salmon seukuran ikan gurami sedang utuh atau kurang lebih 2 kali ukuran telapak tangan orang dewasa.
  • Keju

 

      1. Keju jenis cheddar ataupun mozarella, mampu mengalahkan protein yang ada pada susu dan telur, yaitu 22,8 gram yang bisa kita peroleh dengan mengonsumsi keju sebanyak 6-8 iris keju lembaran dengan ukuran yang umum ada di pasaran.
  • Daging sapi

 

    1. 4 potong sedang daging sapi mentah (tanpa lemak) memiliki kandungan yang sama dengan ikan salmon yaitu 26 gram protein.
  • Kacang-kacangan

 

    Kacang kedelai dan kacang tanah memiliki kandungan protein sebanyak 25 gram dan 36 gram protein. Angka ini bisa kita peroleh dengan mengonsumsi 8 sendok makan kacang kedelai atau kacang tanah.

Keempat bahan makanan diatas memiliki kandungan protein lebih tinggi dari telur dalam jumlah gram yang sama yaitu 100 gram.

Sehingga jika dikonsumsi sebagai pengganti telur, porsi yang kita konsumsi seimbang untuk menggantikan 2 butir telur dan tidak terlalu banyak jumlahnya.

Jadi, kini ada sudah tahu makanan dan porsi yang tepat untuk menggantikan kandungan gizi dari telur,kan?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi