Terbit: 16 April 2018 | Diperbarui: 24 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Apakah Anda tertarik untuk mencoba menerapkan diet vegetarian? Diet vegetarian kini seakan sudah menjadi gaya hidup bahkan kerap dianggap sebagai salah satu pola hidup yang sehat. Kira-kira apa saja sih alasan kita perlu menerapkan diet vegetarian?

4 Alasan Mengapa Perlu Menjadi Vegetarian

Kita tentu mengetahui bahwa diet vegetarian adalah jenis diet yang tidak mengonnsumsi makanan hewani. Hal ini kerap dikaitkan dengan berbagai alasan yang mendukung orang menjadi vegetarian.

Umumnya kita menganggap bahwa alasan utama menjadi vegetarian adalah kesehatan, namun ternyata masih ada cukup banyak alasan mengapa kita perlu menjadi vegetarian lo.

Menurut Sharon Denny, pakar kesehatan dan gizi dari Academy Nutrition and Dietetic, beberapa alasan penerapan diet vegetarian adalah:

1. Alasan etika

Sebagian besar orang menerapkan diet vegetarian karena tidak ingin melukai atau membunuh hewan. Umumnya dengan prinsip ini, vegetarian menolak adanya industri peternakan hewan, karena akan membuat banyak hewan dibunuh.

2. Menjaga lingkungan

Masih berkaitan dengan hewan dari peternakan. Beberapa orang menerapkan diet vegetarian karena konsumsi daging berarti mendukung peternakan hewan, di mana sisa kotoran hewan ternak akan menimbulkan gas polusi yang bisa memengaruhi lingkungan utamanya tumbuhan. Terganggunya lingkungan tentu akan berbahaya untuk kesehatan lingkungan dunia secara umum. Dengan tidak mengonsumsi daging maka lingkungan akan semakin terjaga.

3. Alasan agama

Seperti yang kita ketahui ada beberapa agama yang melarang konsumsi daging hewan tertentu. Hal ini menjadi alasan utama cukup banyak orang menerapkan diet vegetarian.

4. Mendukung kesehatan tubuh

Sudah menjadi rahasia umum bahwa diet vegetarian mendukung asupan makanan yang kaya serat. Hal ini sangat dibutuhkan tubuh hingga mampu mencegah berbagai penyakit seperti kanker karena kandungan vitamin dan fitonutrien yang tinggi pada bahan makanan vegetarian.

Nah, bagaimana, Anda tertarik menerapkan diet vegetarian?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi