Avatar

riska agustin

13 September 2020 pada 2:56 pm

Hai dok,saya riska, umur saya 22 tahun, saya memiliki masalah tentang haid yg tidak lancar,sudah hampir 2 bulan ini saya tidak datang bulan,padahal saya meraskan tanda2 haid yg biasany sering terjadi,seperti payudara mengeras,pinggang sakit dan lainnya,tapi sampai sekarang belum juga haid. Sembelum tanggal datang bulan saya memang sakit,dan sampai sekarang sudah hampir 1bulan belum sembuh juga,kata dokter saya memiliki sakit asam lambung dan darah rendah, dan juga stress.kemudia saya juga sering muntah2 dan sakit kepala. Apakah ini bisa penyebab saya telat haid atau ada penyebab lain?

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
14 September 2020 pada 5:55 pm

hak Kak Riska,
menstruasi setiap orang memang memiliki kadar normalnya masing-masing, normalnya durasi sekali haid itu 3 – 14 hari, dengan siklus setiap 21 – 35 hari sekali.

Pada beberapa kasus, memang ada haid yg tierlambat seperti
1. kehamilan, maka pertanyaannya apakah kak riska sudah menikah?
2. stress fisik, atau kita sebut dengan kelelahan, dlm hal ini kak riska memang mengakui adanya sakit asam lambung
3. stress psikis atau stress dari pikiran, dalam hal ini sepertinya memang kak riska memang mengakui, dan kalau saya boleh katakan, stres psikis kakak juga bs memicu adanya asam lambung dan muntah-muntah
4. adanya pemakaian alat kontrasepsi (KB), seperti pil KB, susuk, suntik

jika memang kak riska memiliki penyebab haid terlambat sebagaimana yg sy sebutkan, ada baiknya bersabar terlebih dahulu. Pulihkan kondisi fisik seperti asam lambung, dimulai dari manajemen stress yg baik. Tidur yg cukup, konsumsi makanan bergizi, jangan telat makan, itu penting sekali utk menunjang agar haid bisa teratur.
Semoga membantu.

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.