Avatar

diana azzahra

13 Desember 2020 pada 3:45 pm

selamat sore dok,
maaf saya izin bertanya, begini dok..
usia saya dibawah 25 tahun, tetapi saya seperti mempunyai kebiasaan aneh dan saya pikir itu sangat merugikan diri saya sendiri. saya sering kali mencabuti rambut saya sendiri sehelai demi sehelai yang pada akhirnya rambut saya menjadi botak/gundul dok. itu sudah saya lakukan pada akhir tahun 2019 sampai sekarang dok. saya ngerasa kepala saya seperti pusing dan sakit tapi sakitnya ini hanya disatu tempat yaitu ditengah-tengah agak kanan sedikit jadi saya cabuti rambut saya satu persatu dan tanpa disadari ternyata rambut yang saya cabut itu banyak sekali dok. itu kenapa ya dok ? apakah ada yang aneh dengan diri saya atau bagaimana ya dok? dan mohon untuk solusinya dok agar rambut saya tifak gundul. terimakasih banyak sebelumnya dok …

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
19 Desember 2020 pada 11:57 am

Trikotilomania adalah gangguan mental di mana penderitanya memiliki dorongan tidak tertahankan untuk mencabuti rambutnya. Umumnya dorongan ini muncul ketika penderitanya mengalami stres atau cemas. Mencabuti rambut adalah cara yang dilakukan penderita trikotilomania dalam meredakan stres atau cemas.
Coba dicaritahu apakah ada penyebab atau kondisi kehidupan yang memicu stress atau cemas ketika rambut dicabuti?
Jika memang kondisi ini tidak dapat diatasi oleh diri sendiri, ada baiknya kakak berbagi bercerita dengan orang terdekat (teman, sahabat, atau keluarga). Dan jika memang belum berhasil, kakak bisa mengunjungi profesional kesehatan seperti psikolog atau psikiatri.
Semoga membantu.

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.