Avatar
1 minggu yang lalu
2 Balasan
Dijawab oleh Dokter
Jantung ku sakit sekali dan berdebat debat
  • Masuk sebagai member DokterSehat untuk membuat pertanyaan baru.

Apa Itu Penyakit Jantung?

Penyakit jantung adalah gangguan yang terjadi pada jantung dan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Selain tergolong penyakit kronis, penyakit ini juga termasuk salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia.

Macam-Macam Penyakit Jantung dan Gejalanya

Ada banyak jenis penyakit jantung yang dapat mengintai kesehatan. Beberapa di antaranya terdiri dari:
  • Penyakit Jantung Koroner

    Kondisi yang dipicu oleh penumpukan kolesterol di dalam arteri, sehingga pasokan darah dan oksigen ke jantung berkurang. Gejalanya terdiri dari sesak napas, nyeri dada, mual, berdebar, dan berkeringat dingin. Jika dibiarkan bisa menyebabkan serangan jantung.
  • Serangan Jantung

    Serangan jantung adalah terjadinya penyumbatan yang mengakibatkan terhentinya aliran darah yang membawa oksigen ke jantung. Penyebabnya adalah jantung koroner. Gejala serangan jantung yaitu sesak napas, nyeri dada, dan muncul keringat dingin. Penderitanya dapat mengalami henti jantung mendadak.
  • Gagal Jantung

    Kondisi jantung yang terlalu lemah untuk memompa darah. Kondisi ini diawali dengan penyakit lain, yaitu tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit bawaan jantung, dll. Beberapa gejalanya yaitu sering batuk saat berbaring, mudah lelah, nyeri dada, serta tungkai dan pergelangan kaki membengkak.
  • Aritmia

    Gangguan irama jantung, sehingga iramanya menjadi terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak beraturan. Kondisi ini sering tidak menunjukkan gejala, namun penderitanya umumnya mengeluhkan nyeri dada, berdebar, pusing, mudah lelah, dan ingin pingsan.
  • Penyakit Katup Jantung

    Penyakit ini bisa dipengaruhi faktor keturunan. Kondisinya menyebabkan katup jantung tidak bisa membuka dan menutup dengan sempurna. Gejala yang muncul bisa berupa nyeri dada, detak jantung tidak beraturan, cepat lelah, sesak napas, dan terjadi pembengkakan di bagian tubuh tertentu.
  • Penyakit Jantung Bawaan

    Kondisi ini adalah kelainan sejak lahir yang terjadi akibat terganggunya proses perkembangan jantung pada janin. Bisa terdeteksi sejak lahir, namun ada juga yang baru terdeteksi saat usia remaja. Gejalanya yaitu nyeri dada, napas pendek, kulit membiru, dan tumbuh kembang terlambat.
  • Tumor Jantung

    Tumor dapat bersifat kanker dan non-kanker. Ketika ukuran tumor membersar, maka jantung akan kesulitan memompa darah. Gejala tumor jantung yaitu detak jantung tidak beraturan, mudah lelah, sesak napas, sering pingsan, bengkak di kaki, terjadi penurunan berat badan, dll.

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Ada banyak cara menjaga kesehatan jantung yang bisa dilakukan sedini mungkin. Beberapa hal utama yang perlu diperhatikan yaitu:
  • Hindari Stres

    Stres berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah yang berujung pada serangan jantung. Kelola stres sebaik mungkin dengan cara bercerita kepada keluarga/teman tentang masalah yang dialami, meditasi, mendengarkan musik, melakukan hobi, dll.
  • Berhenti Merokok

    Bahan kimia dalam rokok sangat berbahaya, bahkan bisa merusak jantung dan pembuluh darah. Jangan sampai menjadi perokok pasif. Sebisa mungkin hindari asap rokok karena bisa mengurangi kadar oksigen dalam darah.
  • Batasi Minum Alkohol

    Membatasi minum alkohol dapat membantu menjaga tekanan darah dan mengontrol asupan kalori berlebih. Batasan maksimal minum alkohol pria adalah 2 gelas per hari dan Batasan minum alkohol wanita adalah 1 gelas per hari.
  • Atur Pola Makan

    Perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi untuk kadar kolesterol dan kadar tekanan darah. Pastikan untuk membatasi asupan garam, gula, dan lemak. Jika perlu, lakukan diet jantung sehat.
  • Rutin Olahraga

    Usahakan untuk berolahraga sekitar 30-60 menit setiap hari. Pilihan olahraganya bisa berjalan kaki, jogging, bersepeda, berenang, dll. Aktivitas fisik rutin dapat mengontrol berat badan dan tekanan darah.

Tanya Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Online

Konsultasikan masalah kesehatan jantung Anda kepada tim dokter DokterSehat.

Perlu diperhatikan bahwa DokterSehat tidak pernah memberikan resep obat dokter melalui layanan konsultasi. Layanan tanya dokter dibuat untuk membantu Anda mengetahui gejala, penyebab, hingga pertolongan pertama serangan jantung.

Selalu pastikan untuk memeriksakan diri ke klinik atau rumah sakit apabila kondisi kesehatan Anda semakin memburuk.