Terbit: 30 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Para wanita cenderung menggunakan intuisinya untuk menuduh bahwa pasangannya berselingkuh. Meskipun dalam beberapa kasus, penggunaan intuisi dibutuhkan namun logika yang rasional juga tak kalah penting untuk mengimbanginya. Ketahui tanda suami selingkuh menurut psikologi di sini!

Waspadai 10 Ciri-Ciri Suami Selingkuh Menurut Psikologi

Ciri-Ciri Suami Selingkuh Menurut Psikologi

Tanda-tanda suami selingkuh sebenarnya dapat kita nilai dari kondisi psikologi sebagaimana tercermin dalam beberapa hal berikut:

1. Kebiasaannya Berubah

Tentunya para istri sudah hafal betul hal-hal apa saja yang menjadi kebiasaan suami. Misalnya, bagaimana gaya berpakaian mereka, bagaimana tatanan rambut mereka, atau aroma parfum mereka.

Ketika pria berselingkuh, ia akan cenderung ingin terlihat lebih menarik di depan wanita yang menjadi incarannya. Oleh sebab itu, mereka akan mengubah sedikit demi sedikit kebiasaan mereka sesuai dengan selera wanita yang menjadi incarannya dengan harapan mereka dapat menarik perhatian targetnya.

Meskipun tak semua perubahan kebiasaan merupakan tanda perselingkuhan, namun tidak ada salahnya apabila para istri mulai siaga pada perubahan suami yang cukup mencolok disertai dengan tanda-tanda lainnya.

2. Selalu Memicu Pertengkaran

Dr. Susan Krauss Whitbourne, seorang profesor di bidang Psychology and Brain Sciences, mengungkapkan bahwa ketika suami berselingkuh maka ia akan cenderung sering memicu pertengkaran dengan pasangannya.

Hal tersebut biasanya dilakukan bahkan tanpa alasan yang jelas maupun dipicu oleh faktor masalah yang kelihatannya sepele. Pertengkaran ini bisa menjadi red flag yang harus diperhatikan oleh para istri.

Pasalnya dalam beberapa kasus, para pria sengaja memicu pertengkaran agar pasangannya merasa ilfeel atau terluka kemudian meminta agar mereka berpisah. Namun dalam beberapa kasus pula, pertengkaran tersebut dapat berujung pada kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

3. Tidak Lagi Peduli

Hati manusia pada dasarnya tidak didesain untuk “mendua”. Ketika seseorang dalam hubungan mulai jatuh cinta pada pihak ketiga, maka ia akan cenderung “dingin” dan enggan melakukan interaksi dalam bentuk apapun dengan pasangannya.

Biasanya hal ini dipicu oleh perasaan bosan terhadap pasangan dan ditandai dengan minimnya komunikasi yang intim seperti menanyakan kabar, pencapaian karir, maupun hal-hal kecil lainnya yang biasa dibicarakan dengan pasangan.

Dalam beberapa kasus, para pria dapat bersikap tidak peduli secara terang-terangan. Misalnya dengan menolak kontak fisik dengan cara menghardik, atau bahkan tidak menganggap pasangannya ada dan berharga- tidak seperti dia yang dulu.

Baca Juga: 6 Tips agar Suami Betah di Rumah yang Wajib Diketahui Istri

4. Bersikap Impulsif

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan sikap impulsif sebagai sikap seseorang yang selalu berubah-ubah tergantung dengan suasana hatinya.

Ciri-ciri suami selingkuh menurut psikologi adalah sikap impulsif ini. Jika ia sedang merasa senang, maka ia akan melakukannya. Namun jika mood-nya sedang buruk maka ia akan menolak dengan kasar bahkan memiliki kecenderungan untuk melukai pasangannya secara fisik.

Berdasarkan ilmu psikologi, orang yang bersikap impulsif cenderung mudah merasa bosan dan seluruh aktivitasnya sangat ditentukan oleh mood atau suasana hati.

Tipikal pasangan yang seperti ini jauh lebih tinggi kemungkinannya untuk melakukan perselingkuhan, bahkan pemicunya pun bisa jadi sangat sepele.

5. Penggunaan Ponsel

Ponsel atau telepon genggam merupakan alat komunikasi yang berperan penting dalam menjaga keberlangsungan hubungan bersama pasangan ketika sedang terpisah oleh jarak. Tak jarang jika banyak orang menyebutkan bahwa ponsel dapat menyatukan dua orang yang terpisah jauh oleh jarak.

Suami yang berselingkuh cenderung sangat terpaku pada ponsel, bahkan pada saat-saat di mana seharusnya ia melakukan quality time bersama istri maupun anak-anaknya.

Meskipun ada kemungkinan jika ia sedang berhubungan dengan kolega terkait urusan pekerjaan, namun para istri harus waspada apabila suami bersikap lebih protektif terhadap ponselnya.

Sikap protektif ini biasanya ditunjukkan dengan adanya larangan untuk menyentuh atau membuka ponsel tanpa seizin suami atau penggunaan kata sandi untuk mengakses aplikasi tertentu—yang tidak pernah ada sebelumnya.

6. Sering “Menghilang”

Masih seputar ponsel, tanda pria selingkuh menurut psikologi adalah kebiasaan “menghilang” yang mendadak dilakukan oleh suami. Kebiasaan baru ini cukup kontras dengan kebiasaan di mana ia terus memegang ponselnya kemanapun.

Biasanya, kebiasaan ini disebabkan ia terlalu asyik dan sibuk menghabiskan waktu dengan selingkuhannya ditambah rasa cintanya pada istri sah sudah menjadi dingin.

7. Pengeluaran yang Tidak Wajar

Pria yang sedang jatuh cinta pada dasarnya memiliki naluri yang besar untuk memberi sesuatu pada orang yang ia cintai. Dalam beberapa kasus, para pria bahkan tidak segan untuk menghabiskan banyak uang agar selingkuhan barunya merasa bahagia.

Apabila Anda seorang istri yang juga berperan mengatur keuangan, tentunya pengeluaran yang tidak wajar ini dapat diketahui dengan mudah. Namun jika tidak menemukan pengeluaran yang jumlahnya tidak wajar, Anda perlu memeriksa apakah ada kemungkinan suami memiliki tabungan atau kartu kredit yang tidak Anda ketahui.

8. Circle Pertemanan yang Mencurigakan

Para pria memiliki kebiasaan untuk menceritakan segala hal, terutama mengenai hubungan antara ia dan selingkuhannya, kepada teman-teman maupun sahabatnya. Hal tersebut menjadi penyebab mengapa sahabat suami Anda jauh lebih mengenal suami Anda ketimbang Anda sendiri.

Tak sampai di situ, kebiasaan para suami untuk menceritakan wanita idamannya pada teman-temannya membuat teman-teman suami merasa tidak nyaman dan gelisah ketika harus bertemu dengan Anda secara langsung.

9. Tidak Lagi Merasa “Intim”

“Raganya dekat namun hatinya jauh” adalah perkataan yang paling tepat menggambarkan keadaan pasangan yang salah satunya telah berpaling.

Dalam hal ini, apabila suami Anda memiliki wanita idaman lain maka tentu saja hubungannya dengan Anda akan semakin renggang. Hal ini seharusnya dapat dirasakan oleh para istri. Tidak ada lagi waktu untuk berkomunikasi secara intim, juga hubungan seksual yang semakin jarang.

Baca Juga: 6 Tips agar Suami Mau Berbagi Tugas Rumah Tangga

10. Sering Menuduh

Terakhir, salah satu tanda suami selingkuh menurut psikologi adalah sering menuduh pasangannya berselingkuh. Ketika seseorang melakukan kesalahan prinsip dan merasa takut akan ditinggalkan, maka ia akan cenderung menilai seseorang sebagaimana ia menilai dirinya.

Bahkan dalam beberapa kasus cara mereka menuduh bersifat agresif dan mereka tak segan untuk berbuat kasar untuk mendapatkan pembenaran. Psikologi pria selingkuh adalah jadi suka menuduh, sering berbohong, jarang di rumah, sering menghilang, dan tidak peduli lagi pada keluarga.

Itulah pembahasan ciri-ciri suami selingkuh menurut psikologi. Semoga informasi ini dapat membantu bunda waspada dan menjaga keutuhan rumah tangga.

 

  1. Miller, Korin. 2021. 15 Warning Signs Your Partner Is Cheating on You, According to Therapists. https://www.prevention.com/sex/relationships/g26267590/signs-of-cheating-partner/. (Diakses tanggal 26-12-2021)
  2. Stritof, Sheri. 2021. Signs Your Spouse Could Be Cheating. https://www.verywellmind.com/warning-signs-your-spouse-is-cheating-2300652. (Diakses tanggal 26-12-2021)
  3. Times of India. 2018. Is He/She Cheating? 6 Classic Psychological Signs Of A Cheating Partner! https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/photo-stories/is-he/she-cheating-6-classic-psychological-signs-of-a-cheating-partner/photostory/64160972.cms. (Diakses tanggal 26-12-2021)
  4. Weiss, Robert. 2018. 10 Signs Your Spouse Is Cheating. https://www.psychologytoday.com/us/blog/love-and-sex-in-the-digital-age/201812/10-signs-your-spouse-is-cheating. (Diakses tanggal 26-12-2021)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi