Terbit: 1 Oktober 2021 | Diperbarui: 4 Oktober 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Jika mengalami gangguan mental, mungkin Anda perlu tips memilih psikolog yang tepat agar lekas sembuh. Cara ini cocok bagi mereka yang sulit untuk meminta bantuan ketika Anda sedang berjuang dengan depresi atau kecemasan, atau kesulitan dalam hidup! Simak untuk informasi selengkapnya berikut ini.

8 Tips Memilih Psikolog yang Terbaik dan Terpercaya

Apa Itu Psikolog?

Psikolog adalah seorang ahli dalam ilmu psikologis yang membantu orang dalam mempelajari cara-cara sehat untuk menangani gangguan kesehatan mental. Psikolog membantu orang dengan kondisi tertentu, seperti depresi atau kecemasan, atau mengalami masa sulit dalam hidup, seperti berduka karena kehilangan orang yang dicintai.

Seorang psikolog doktoral telah menjalani banyak pelatihan untuk mendapatkan kualifikasi. Untuk memberikan berbagai layanan kesehatan mental, biasanya psikolog mulai dengan 4 tahun studi sarjana dan 4 tahun studi pascasarjana, yang diikuti dengan pelatihan tambahan.

Tips Memilih Psikolog yang Tepat

Mereka yang berjuang dengan gangguan mental seperti depresi atau kecemasan, mungkin sulit untuk meminta bantuan. Namun, semakin cepat mengatasi gangguan mental, akan semakin cepat untuk pemulihan. Salah satu cara yang tepat adalah mencari psikolog. Namun, Anda harus pintar dalam menemukan psikolog terbaik. Bagaimana caranya?

Berikut ini tips memilih psikolog untuk Anda:

1. Mencari Rekomendasi

Langkah pertama adalah meminta rekomendasi atau rujukan psikolog terbaik dari dokter umum. Selain dari dokter, Anda bisa meminta rekomendasi psikolog terbaik dari keluarga atau teman.

Ada banyak jenis psikolog, tetapi kebanyakan di antaranya masuk ke dalam lima kategori berbeda, termasuk psikolog klinis, neuropsikolog, psikolog kesehatan, psikolog konseling, dan psikolog forensik, baik untuk anak dan remaja hingga neuropsikologi.

Untuk bimbingan individu, carilah psikolog yang bekerja untuk praktik pribadi atau di lingkungan klinis atau medis. Ketika daftar psikolog anda semakin sedikit, hubungi kantor masing-masing psikolog untuk membuat janji konsultasi agar segera bertemu dan berkonsultasi dengan psikolog.

2. Mengamati kredensial psikolog

Setelah memiliki daftar rekomendasi psikolog, penting untuk mengamati kredensial psikolog. Kredensial adalah dokumen yang memberi tahu Anda tentang sertifikat, pengalaman, pelatihan, keterampilan, dan pengalaman yang dibutuhkan untuk memberikan layanan psikologis.

Penyedia, seperti situs Ikatan Psikolog Klinis Indonesia (IPK Indonesia) mungkin memiliki sertifikasi tambahan dalam psikologi klinis, psikolog anak dan remaja, atau psikolog kognitif dan perilaku, di antara berbagai bidang fokus psikologi lainnya.

Pastikan juga bahwa psikolog tidak memiliki riwayat malpraktik atau tindakan disipliner. Anda juga bisa menemukan sekolah kedokteran psikolog, rumah sakit pelatihan, sertifikasi, dan riwayat malpraktik dan disipliner di situs web kesehatan mental.

3. Pertimbangkan pengalaman psikolog

Tips memilih psikolog yang terbaik dengan mencari tahu pengalaman psikolog sangat penting ketika menghadapi masalah kesehatan mental. Semakin banyak pengalaman psikolog dengan suatu kondisi atau program, semakin bagus pula hasilnya.

Tanyakan juga berapa banyak pasien dengan kondisi yang sama dengan Anda yang telah ditangani oleh psikolog. Jika tahu bahwa Anda mungkin memerlukan suatu jenis terapi atau program tertentu, sebaiknya tanyakan kepada psikolog berapa banyak pasien yang telah ia tangani menggunakan pendekatan tersebut dan seberapa baik hasilnya.

4. Pendekatan

Psikolog menggunakan pendekatan yang berbeda tergantung pada masalah pasien. Oleh karenanya, memilih psikolog dengan pengalaman di bidang yang relevan dapat meningkatkan kemungkinan terapi berhasil. Hal ini sebagian tergantung pada jenis perawatan yang ingin dijalani pasien.

Psikolog bisa menggunakan konsultasi sendiri atau termasuk metode lain, misalnya pengobatan atau hipnoterapi. Namun, psikolog tidak dapat meresepkan obat.

Baca Juga: 8 Tanda Anda Butuh Konsultasi Psikologi (Jangan Ragu)

5. Cari psikolog yang membuat Anda nyaman

Penting untuk mencari psikolog yang membuat Anda nyaman selama pemulihan masalah mental Anda. Dalam hal kesehatan mental, jenis kelamin Anda sendiri juga merupakan pertimbangan penting.

Psikolog mungkin menjadi lebih terampil ketika merawat wanita dan pria secara berbeda. Oleh karenanya, tanyakan kepada psikolog tentang pelatihan dan pengalamannya baru-baru ini secara khusus terkait dengan kondisi Anda dan jenis kelamin Anda.

6. Evaluasi gaya komunikasi

Tips memilih psikolog yang juga tak kalah penting adalah Anda harus benar-benar merasa nyaman berbicara dengannya. Juga memiliki hubungan yang baik agar lebih mudah untuk terbuka tentang topik sensitif.

Ketika pertama kali bertemu psikolog, ajukanlah pertanyaan dan perhatikan bagaimana dia menanggapinya. Psikolog yang bagus adalah yang menyambut pertanyaan Anda dan menjawabnya dengan cara yang mudah dipahami.

Carilah psikolog yang menunjukkan minat dalam mengenali pasiennya, yang akan mempertimbangkan prioritas perawatan, dan yang akan menghormati proses pengambilan keputusan pasien.

7. Perhatikan testimoni kepuasan pasien

Membaca testimoni alias kesaksian pasien terhadap psikolog dapat memberikan pemahaman tentang bagaimana dia mempraktikkan psikologi.

Survei kepuasan pasien biasanya menanyakan pengalamannya dalam menjadwalkan janji temu, waktu tunggu, lingkungan tempat praktik, dan keramahan stafnya.

Anda juga bisa mempelajari tentang seberapa baik pasien memercayai psikolog, berapa banyak waktu yang dia habiskan dengan pasiennya, dan seberapa baik menjawab pertanyaan.

8. Ketahui apakah asuransi Anda mencakup kesehatan mental

Untuk mendapatkan banyak manfaat asuransi dan sedikit biaya untuk perawatan, mungkin perlu mencari psikolog yang ikut serta dalam rencana asuransi kesehatan Anda. Perlu Anda ingat bahwa beberapa psikolog tidak ikut serta atau menerima asuransi.

Jangan lupa penting untuk mempertimbangkan kredensial, keahlian, dan kepuasan pasien ketika memilih psikolog, tetapi pastikan untuk menanyakan biaya setiap kunjungan.

Jika ingin menemui psikolog yang tidak ikut serta dalam asuransi, sudah pasti Anda harus menanggung biaya sendiri.

Baca Juga: Perbedaan Psikolog dan Psikiater yang Penting untuk Diketahui

Demikian tips memilih psikolog yang tepat untuk memulihkan masalah mental Anda. Semoga tips ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2021. What Is a Psychologist?. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/what-is-psychologist (Diakses pada 1 Oktober 2021)
  2. Anonim. 2015. 7 Tips for Choosing a Psychologist. https://www.healthgrades.com/right-care/mental-health-and-behavior/7-tips-for-choosing-a-psychologist (Diakses pada 1 Oktober 2021)
  3. Millar, Helen. 2020. What to know about choosing a psychologist. https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-choose-a-psychologist (Diakses pada 1 Oktober 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi