Terbit: 16 August 2022 | Diperbarui: 19 August 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Perasaan minder atau rendah diri sering kali membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Jika kondisi terus-menerus Anda rasakan, pada akhirnya hal ini mengganggu kehidupan sehari-hari hingga masalah kesehatan mental. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Sifat Minder Membuat Anda Tidak Pede, Ini 8 Cara Mengatasinya

Cara Mudah Mengatasi Sifat Minder 

Sifat minder dapat mulai terbentuk sejak masa kanak-kanak. Perlakuan orang-orang sekitar, seperti guru, teman, saudara, keluarga, bahkan media ikut memberikan pengaruh yang berarti.

Terkadang, Anda mengatasi rasa tidak percaya diri dengan menghindari hal-hal yang memicu perasaan tersebut. Cara ini mungkin akan memberikan kenyamanan tersendiri, tetapi hanya sementara.

Perlu Anda ketahui, menghindari bukanlah cara mengatasi yang tepat, melainkan dapat menjadi bumerang tersendiri bagi diri sendiri. Pasalnya, tindakan ini bisa memperkuat ketakutan Anda.

Agar rasa tidak percaya diri tidak memengaruhi kesehatan mental, lakukan cara-cara berikut untuk mengatasi sifat minder yang Anda miliki:

1. Terima Kelebihan dan Kekurangan Anda

Cara pertama yang bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan menerima kelebihan sekaligus kekurangan yang dimiliki.

Meski menerima kekurangan memang tak mudah pada awalnya, cobalah untuk mulai menerima diri sendiri apa adanya, tanpa repot-repot mencoba ‘memperbaikinya’.

Ketika sudah mulai mengetahui cara untuk menerima kelebihan dan kekurangan diri sendiri, Anda akan bisa lebih percaya diri.

Selain itu, cobalah untuk mencari tahu bakat yang dimiliki. Setiap orang memiliki kelebihan dalam suatu hal, entah itu bernyanyi, memasak, dan lain sebagainya.

Coba ingat-ingat lagi, apa saja pencapaian Anda di masa lalu? Dengan menyadarinya, Anda akan merasa lebih percaya diri.

Baca JugaManfaat Self Love (Cinta Diri Sendiri) dan Cara Menerapkannya

2. Bangun Hubungan yang Baik dengan Orang-orang Terdekat

Memperbaiki hubungan dengan orang-orang di sekitar bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi sifat minder. Namun sebelumnya, pilihlah dengan bijak siapa saja orang yang berada di sekitar Anda.

Disadari atau tidak, orang yang menghabiskan waktu bersama Anda bisa memengaruhi pikiran dan sikap ke depannya. Jadi, pilihlah orang-orang yang benar-benar mau menerima diri Anda.

Sementara itu, batasi interaksi dengan orang-orang yang terkesan selalu menjatuhkan. Bila perlu, Anda bisa memberitahunya mengenai apa yang dirasakan terkait perlakuannya kepada Anda.

3. Belajar untuk Berkata Tidak

Orang yang memiliki harga diri yang rendah kerap kali tidak bisa menolak permintaan orang lain. Padahal, dia tidak benar-benar setuju terhadap hal tersebut.

Perlu Anda ketahui, ada sejumlah dampak buruk dari hal ini, yaitu merasa kesal, marah, terbebani, bahkan depresi. Oleh karena itu, untuk mengatasi rasa minder, cobalah untuk sesekali berkata “tidak”.

Memang benar jika melakukan sesuatu yang Anda kuasai bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri. Namun, ketahui situasi yang membuat rasa percaya diri tersebut berkurang.

Nah, berkata tidak pada hal-hal yang menurunkan kepercayaan diri tidak apa-apa. Dengan menentukan batasan, Anda akan merasa lebih aman secara psikologis.

4. Berikan Tantangan pada Diri Sendiri

Terkadang, Anda merasa gugup atau takut saat akan melakukan sesuatu. Baiknya, perasaan ini tidak menghentikan Anda untuk mencoba hal-hal baru.

Mulailah menetapkan tujuan sendiri, misalnya dengan ikut bergabung ke acara sosial. Dengan mencapai tujuan, Anda bisa meningkatkan rasa percaya diri.

5. Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Penggunaan sosial media seperti instagram, facebook, tiktok, dan sebagainya terkadang membuat seseorang merasa insecure terhadap diri sendiri. Tak jarang, mereka akan membandingkan kehidupannya dengan kehidupan orang-orang di sosial media.

Perbandingan adalah hal yang wajar, tetapi tidak selalu mampu membantu meningkatkan rasa percaya diri.

Menurut penelitian tahun 2018, terdapat hubungan langsung antara kecemburuan dan apa yang dirasakan seseorang. Para peneliti menemukan bahwa ketika seseorang membandingkan diri sendiri dengan orang lain, hal tersebut dapat memicu kecemburuan.

Oleh karena itu, agar sifat minder berkurang, cobalah untuk berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Jika Anda mulai merasa iri dengan pencapaian orang lain, cobalah ingat-ingat lagi kesuksesan atau pencapaian Anda. Hal ini akan membantu Anda lebih fokus pada diri sendiri.

6. Mulailah Merawat Diri

Cara selanjutnya untuk mengatasi sifat minder yang dimiliki adalah dengan mulai memperhatikan diri sendiri. Rasa percaya diri yang rendah bisa muncul karena adanya gagasan bahwa Anda ‘tidak cukup’.

Oleh karena itu, merawat diri bisa memberikan asupan positif tidak hanya bagi penampilan atau tubuh, tetapi juga untuk pikiran dan jiwa. Dengan begitu, Anda bisa jadi lebih percaya diri.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai self-care, di antaranya:

  • Perbaiki pola makan dengan diet sehat. Ketika tubuh terisi oleh makanan yang kaya nutrisi, Anda akan merasa lebih sehat, kuat, dan berenergi. Inilah yang memicu perasaan positif tentang diri sendiri.
  • Dapatkan istirahat yang cukup dan berkualitas. Cara ini dapat membantu membentuk pribadi yang lebih positif.
  • Rutin berolahraga. Menurut studi, olahraga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri seseorang.
  • Lakukan meditasi untuk membantu Anda menerima diri sendiri. Selain itu, tindakan ini juga baik untuk menghalau perkataan negatif terhadap diri sendiri.

Baca JugaSelf-Deprecation, Sikap Rendah Diri yang Bisa Berdampak Buruk!

7. Hadapi Ketakutan Anda

Rasa minder yang besar terkadang membuat Anda menunda-nunda hal yang penting dilakukan. Alasannya karena rasa kurang percaya diri yang dirasakan.

Jadi, berhentilah menunda-nunda. Cara terbaik untuk mengatasi sifat minder adalah dengan menghadapi ketakutan Anda secara langsung.

8. Tetapkan Tujuan yang Realistis

Menetapkan suatu tujuan memang bisa membantu Anda tumbuh dan berkembang. Namun, di tengah-tengah perjalanan untuk mencapainya, Anda mungkin dihadapkan dengan beberapa kegagalan.

Tak jarang, kondisi tersebut membuat Anda bertanya-tanya, bagaimana caranya untuk tetap percaya diri dalam meraih tujuan atau mimpi tersebut?

Jawabannya cukup mudah, yaitu cobalah untuk membuat tujuan yang lebih realistis.

Mulailah jabarkan apa saja yang ingin Anda capai. Jangan lupa tanyakan juga pada diri sendiri apa saja peluang yang bisa membantu Anda mencapai tujuan tersebut. Jika dirasa masih terlalu jauh, ubah lagi tujuan lebih mengerucut dan realistis.

Itulah beberapa cara mengatasi sifat minder yang bisa Anda terapkan. Jika rasa rendah diri Anda sulit untuk diatasi sendiri, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan psikolog. Semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. Raising low self-esteem. https://www.nhs.uk/mental-health/self-help/tips-and-support/raise-low-self-esteem/. (Diakses pada 16 Agustus 2022).
  2. Markway, Barbara. 2019. Two Steps to Build Lasting Self-Confidence. https://www.psychologytoday.com/us/blog/shyness-is-nice/201909/two-steps-build-lasting-self-confidence. (Diakses pada 16 Agustus 2022).
  3. Morin, Amy. 2022. How to Be More Confident: 9 Tips That Work. https://www.verywellmind.com/how-to-boost-your-self-confidence-4163098. (Diakses pada 16 Agustus 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi