Terbit: 28 Februari 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Family time adalah waktu bersama keluarga untuk bersantai, bermain, dan menghabiskan waktu bersama, dan saling memahami satu sama lain. Yuk, simak pentingnya family time berikut ini!

Pentingnya Family Time untuk Anak dan Orang Tua

Luangkan Waktu Bersama Keluarga, Ini Pentingnya Family Time

Tanpa kita sadari, setiap anggota keluarga memiliki kesibukan yang padat. Anak-anak dengan kegiatan sekolah, ekskul, les dan bermain dengan teman. Orang tua dengan pekerjaan di kantor, kegiatan sosial, atau komunitas.

Di sinilah pentingnya family time, agar ikatan antar anggota keluarga tetap erat dan hangat. Hubungan orang tua dan anak juga bisa jadi lebih sehat, akrab, dan belajar saling memahami.

Sebelum masuk pada pembahasan tentang bagaimana mengatur waktu keluarga, berikut ini manfaat family time bagi anak dan orang tua!

1. Mempererat ikatan keluarga

Tidak dipungkiri, inilah tujuan dan manfaat utama waktu keluarga. Menghabiskan waktu bersama keluarga akan meningkatkan rasa terikat secara emosional. Bahkan walau hanya melakukan permainan sederhana atau melakukan hal yang dianggap sepele.

Penelitian yang dipublikasikan di National Council on Family Relations tahun 2017 menyatakan bahwa kegiatan apapun yang dilakukan bersama keluarga berdampak terhadap perkembangan emosional dan keterikatan antar anggota keluarga.

2. Meningkatkan performa di kantor dan sekolah

Anak-anak yang orang tuanya menghabiskan waktu serta tertarik dengan kegiatan mereka cenderung lebih berprestasi di sekolah.

Mereka juga akan menyelesaikan pendidikan dengan jenjang yang lebih tinggi. Pentingnya family time ini disebutkan di dalam sebuah studi yang dipublikasikan di FamilyFacts.org.

Kegiatan ini akan memberikan efek positif bagi anak. Di antaranya membantu mereka meregulasi emosi negatif, membangun kepercayaan, serta mendorong semangatnya untuk berprestasi.

Di sisi lain, anak-anak yang berprestasi akan memicu semangat orang tua untuk bekerja lebih keras dan berbahagia dengan karirnya. Namun, ingatlah bahwa prestasi di sini bukan hanya di bidang akademis. Semua bidang selama disukai anak dan membuatnya bahagia dapat menciptakan prestasi baginya.

Baca Juga: Mindful Parenting, Ini Prinsip dan Cara Penerapannya

3. Menciptakan memori indah

Memori jangka pendek yang menyenangkan akan disimpan menjadi memori jangka panjang. Memori indah ini akan diingat anak seumur hidupnya. Kenangan indah tentang kebersamaan keluarga akan memberi perasaan diterima dan dicintai.

Lebih jauh, kenangan indah tentang keluarga akan memperkuat mereka untuk menjadi orang tua yang baik bagi keluarganya kelak. Membangun rasa percaya diri dan perilaku positif yang berguna di masa dewasanya.

4. Mencegah anak dari pergaulan yang salah

Dikutip dari Wina Risman, M. Ed—seorang psikolog dan ahli pendidikan keluarga, anak adalah duta besar keluarga. Artinya, perilaku dan pergaulan anak di luar rumah adalah cerminan pendidikan di dalam rumah.

Family time yang dilakukan dengan penuh cinta akan mencegah anak melakukan hal buruk di luar rumah. Mereka juga akan lebih terbuka termasuk tentang pergaulannya. Hal ini membantu orang tua untuk mengontrol pergaulan anaknya.

5. Mengasah kemampuan komunikasi

Family time adalah saat yang tepat untuk saling berdiskusi, melempar komentar dan pendapat, serta mempertahankan keyakinan. Orang tua dapat memancing anak untuk berlatih komunikasi dengan mengobrol dan bermusyawarah.

Sebaliknya, manfaat family time bagi anak-anak untuk belajar berkomunikasi, negosiasi, saling mempercayai dari gaya komunikasi orang tuanya.

6. Meningkatkan kesehatan mental

Berinteraksi, berkegiatan bersama, dan berkomunikasi langsung tatap muka mengurangi kemungkinan anggota keluarga mengalami tekanan mental. Misalnya kesepian, sindrom kecemasan, dan depresi.

7. Menyehatkan fisik

Family time melibatkan kegiatan yang mendukung kesehatan fisik. Bercengkrama, tertawa, bermain bersama, semuanya menyehatkan. Juga mendorong meningkatnya hormon dopamin dan endorfin sehingga tubuh lebih rileks.

Itulah beberapa pentingnya family time untuk menciptakan keakraban dan hubungan yang sehat antar anggota keluarga. Terutama bagi orang tua, harus menjadikan waktu bersama untuk lebih memahami anak sembari mendidiknya dengan cara parenting yang hangat.

Baca Juga: Moms, Ini 10 Cara Agar Anak Dekat dengan Ibu yang Bekerja

Cara Menciptakan dan Menikmati Family Time

Berikut ini beberapa saran untuk menikmati waktu bersama keluarga:

  • Malam keluarga

Aneka kegiatan indoor seperti board game dan read aloud dapat dilakukan di malam keluarga. Jika ingin lebih menantang, ajak anak kemping di halaman belakang dan menikmati api unggun atau pesta barbecue sederhana di rumah.

  • Memasak bersama

Memasak selalu berhasil menciptakan ikatan dan kebahagiaan orang tua dan anak. Ajak anak terlibat aktif mulai dari berbelanja hingga menghidangkan makanan di meja.

  • Membersihkan rumah bersama

Walaupun melelahkan, kegiatan ini juga menyenangkan. Pilih salah satu bagian rumah yang akan dibersihkan agar tidak menyita banyak waktu. Misalnya, membersihkan gudang, sepeda, atau ruang keluarga saja.

  • Membuat proyek keluarga

Proyek yang disusun tidak perlu rumit dan berbiaya besar. Misalnya ajak anak menyusun proyek untuk mengisi liburan akhir pekannya yang akan datang.

Persilahkan anak melakukan presentasi sederhana untuk meyakinkan anggota keluarga lain bahwa idenya pantas dilakukan bersama.

Orang tua dapat bertindak sebagai pengawas, penyedia dana, atau membantu melengkapi peralatan. Beri nama jabatan yang keren agar kegiatan ini lebih berkesan, misalnya Manajer Keuangan untuk penyedia dana proyek.

  • Berbagi cerita

Berbagi cerita dapat dilakukan di malam keluarga, sebelum tidur, saat makan bersama, atau kapan saja orang tua dan anak memiliki waktu.

Baca Juga: 10 Cara Mengajarkan Anak Sopan Santun

  • Ritual ibadah dan makan bersama

Ibadah bersama di rumah atau rumah ibadah adalah sarana family time yang luar biasa bermakna. Ritual sarapan atau makan malam bersama yang dihadiri seluruh anggota keluarga juga dapat menjadi saat tepat untuk berbagi cerita, bertanya kabar, atau mencoba resep baru.

  • Mengerjakan PR atau proyek sekolah

Orang tua dapat mendampingi anak mengerjakan proyek sekolah mereka. Jika memungkinkan, ajak anak yang lain untuk membantu saudara mereka juga.

Melihat pentingnya family time, sudah saatnya mulai mengatur jadwal dari sekarang untuk meluangkan waktu khusus bersama keluarga. Hubungan yang hangat antar anggota keluarga akan meningkatkan kebahagiaan di masa kini dan masa yang akan datang.

 

  1. Family Focus Blog. 2021. 10 Benefits of Spending Time With Family. https://familyfocusblog.com/6-benefits-of-spending-time-together-as-a-family/. (Diakses pada 14 Februari 2022).
  2. Pittsburgh Parents. 2017. Spending Time Together – Benefits of Family Time. https://www.pittsburghparent.com/spending-time-together-benefits-of-family-time/. (Diakses pada 14 Februari 2022).
  3. Thatcher, Todd. 2020. The Top Ten Benefits Of Spending Time With Family. https://highlandspringsclinic.org/blog/the-top-ten-benefits-of-spending-time-with-family/. (Diakses pada 14 Februari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi