Terbit: 16 March 2022 | Diperbarui: 25 March 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Apakah Anda sedang mengalami stres akhir-akhir ini atau sedang menghadapi masalah pelik yang membuat Anda marah kepada diri sendiri? Mindful living mungkin bisa menjadi solusinya! Apa yang harus dilakukan untuk menerapkannya? Simak di sini!

Mindful Living, Kiat Sukses Hidup Bahagia

Mengenal Mindful Living

Mindful living adalah kondisi ketika Anda sadar sepenuhnya terhadap situasi yang terjadi di sekitar Anda saat ini. Artinya, Anda tidak fokus kepada masa lalu yang sudah lewat, ataupun khawatir terhadap masa depan yang belum terjadi.

Hidup di masa kini akan membantu Anda lebih mudah mengontrol pikiran, perasaan, maupun tindakan. Pada gilirannya, ini dapat menentukan masa depan Anda menjadi lebih baik.

Apa Manfaat dari Mindful Living?

Melatih diri lebih mindful dalam kehidupan berarti melimpahkan sepenuhnya perhatian pada masa kini. Nah, hal ini ternyata memiliki manfaat bagi emosi, kesehatan mental, dan hubungan Anda dengan orang lain.

Dengan menerapkan mindful living, Anda dapat mudah menerima suatu kondisi tanpa menyalahkan diri sendiri. Pada akhirnya, Anda akan memprioritaskan hidup Anda, tidak menaruh perhatian lagi pada hal-hal negatif.

Melansir Very Well Mind, berlatih hidup mindful menyimpan segudang manfaat sehat. Namun, secara garis besar, berikut ini hal-hal positif yang bisa Anda dapatkan dari praktik mindfulness:

  • Menjauhkan dari hal-hal negatif yang bisa muncul akibat stres, suasana hati yang buruk, dan kebiasaan overthinking.
  • Meminimalkan kesalahan.
  • Membantu Anda mengendalikan hal-hal yang membuat stres saat ini. Dengan begitu, ke depannya ketika Anda dihadapkan dengan masalah serupa, Anda sudah tahu cara mengelolanya.

Bagaimana Cara Menerapkan Mindful Living?

Mengetahui mindful living bisa mendatangkan kebahagiaan, apakah Anda tertarik untuk mempraktikkannya? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Masak sendiri makanan Anda

Sebagian besar orang mungkin lebih memilih memesan makanan ketimbang memasaknya sendiri. Entah karena kesibukan, ataupun rasa malas yang kerap menghinggapi.

Memang, butuh energi ekstra untuk bangun pagi menyiapkan sarapan, rehat berlama-lama dari pekerjaan untuk memasak makan siang, atau mengerahkan tenaga yang tersisa untuk masak makan malam.

Padahal, masak bisa menjadi ajang menerapkan mindful living. Jadi, cobalah untuk memasak makanan Anda sendiri. Dengan begitu, Anda akan lebih menyadari apa saja yang Anda konsumsi.

Pilihlah menu praktis sebagai langkah awal. Namun, pastikan menu yang Anda sajikan menyehatkan, ya. Jangan lupa jadikan hal ini sebagai rutinitas.

Baca JugaKenali Monday Blues, Benci dan Stres di Hari Senin

2. Makan secara perlahan

Selain memasak sendiri makanan Anda, nikmati setiap suapannya ketika makan. Untuk dapat melakukannya, Anda dianjurkan untuk makan secara perlahan.

Kebanyakan orang memilih makan sambil menonton. Padahal, hal ini akan menjauhkan Anda dari mindful living.

Coba perhatikan, ketika Anda sedang makan sembari menonton film, apakah Anda sepenuhnya menyadari rasa dari makanan tersebut? Mungkin akan sangat sulit untuk fokus pada rasa pada makanan ketika perhatian Anda terbagi.

Oleh sebab itu, menerapkan kehidupan mindful berarti Anda harus benar-benar merasakan makanan yang dikonsumsi.

3. Melihat ke atas sesekali ketika berjalan

Ketika sedang berjalan, sering kali arah pandangan adalah ke bawah, memperhatikan kaki saat melangkah. Hal ini tentu baik untuk menghindari risiko cedera.

Namun, cobalah sesekali melihat ke langit ketika sedang berjalan. Dengan begitu, Anda akan menyadari cerahnya langit, atau mendapati sekumpulan burung yang sedang terbang.

4. Menjadi pendengar yang baik

Selanjutnya, Anda bisa menerapkan mindful living dengan menjadi pendengar yang baik. Pastikan ketika orang lain berbicara, dengarkan dengan saksama.

Biasanya, saat ada orang berbicara, Anda akan memikirkan kata-kata untuk merespons orang tersebut. Hal ini akan membuat Anda kurang fokus dengan apa yang sedang disampaikan.

Ingatlah, mempraktikan kehidupan lebih mindful berarti Anda hidup di masa kini. Artinya, Anda harus memperhatikan apa yang sedang dibicarakan orang lain, tanpa memikirkan respons yang akan Anda berikan selanjutnya.

5. Memperhatikan konten yang Anda tonton

Penting untuk disadari, setiap konten yang Anda tonton memengaruhi cara Anda melihat dunia. 

Sebagai contoh, setiap malam tontonan Anda adalah sinetron yang penuh dengan perkelahian antartokoh. Hal ini bisa menguras energi karena bisa saja Anda terus-terusan kesal melihat tingkah laku tokoh tersebut.

Jadi, cara mempraktikkan mindful living salah satunya adalah dengan mengganti tontonan yang membawa pengaruh ‘negatif’ menjadi lebih ‘positif’.

Anda bisa mempertimbangkan untuk rutin membaca buku yang berisi kebaikan, cara berkomunikasi yang baik, dan sebagainya.

Cara lainnya, Anda bisa detoks sosial media. Hal ini akan membantu Anda lebih fokus kepada diri sendiri ketimbang melihat pencapaian orang lain.

6. Memfokuskan diri pada satu pekerjaan

Mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu mungkin bisa membuat Anda bangga. Nyatanya, hal ini sebaiknya Anda hindari.

Demi menerapkan mindful living, cobalah fokus mengerjakan satu hal dalam satu waktu. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari kekacauan yang terjadi akibat multitasking.

7. Melihat sekeliling Anda

Luangkan waktu sejenak untuk memperhatikan apa yang ada di luar jendela. Hal ini akan membuat Anda menyadari begitu banyak keindahan yang disajikan alam di luar sana.

Bila perlu, Anda bisa menyediakan waktu untuk berjalan-jalan di sekitar rumah atau tempat tinggal Anda. Dengan begitu, Anda akan menyadari bagaimana kehidupan berjalan.

8. Membiasakan bergerak aktif

Memiliki gaya hidup sedenter (kurang aktivitas) dapat memicu berbagai masalah kesehatan, misalnya penyakit jantung. Sebaliknya, cukup bergerak akan mendatangkan manfaat sehat.

Jika ingin menerapkan hidup mindful, cobalah untuk bergerak. Sadari bahwa setiap anggota gerak diciptakan untuk membantu Anda dalam beraktivitas.

Baca JugaFoMO (Fear of Missing Out), Dampak untuk Kehidupan dan Cara Mengatasi

9. Menyadari kebiasaan

Menyadari kebiasaan Anda akan membantu Anda menjadi orang yang lebih baik lagi. Bila perlu, tanyakan kepada orang terdekat kebiasaan buruk apa yang tidak mereka sukai dari diri Anda.

Setelahnya, Anda bisa mempertimbangkan apakah akan memperbaiki kebiasaan tersebut, atau mengabaikannya.

10. Melakukan meditasi

Jangan salah, meluangkan waktu untuk meditasi bisa membantu Anda hidup lebih mindful. Anda bisa menonton video meditasi sebagai referensi.

Sadarilah bahwa ada begitu banyak peristiwa di sekitar yang patut untuk menjadi perhatian. Terapkan beberapa cara mempraktikkan mindful living di atas untuk mendapatkan kebahagiaan yang Anda idam-idamkan.

 

  1. Anonim. 2019. The 7 Essential Keys for Mindful Living. https://zenfulspirit.com/2019/08/12/mindful-living/. (Diakses pada 15 Maret 2022).
  2. Sharpe, Rachel. 2020. Mindful Living: 16 Ways to Live Mindfully in 2022. https://declutterthemind.com/blog/mindful-living/. (Diakses pada 15 Maret 2022).
  3. Scott, Elizabeth. 2020. How to Become More Mindful in Your Everyday Life. https://www.verywellmind.com/mindfulness-exercises-for-everyday-life-3145187. (Diakses pada 15 Maret 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi