Terbit: 6 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Teori tentang kepribadian manusia memang hampir tidak dapat dihitung jumlahnya. Salah satu sistem kepribadian yang tertua di dunia yaitu empat model temperamen, dimana sanguinis termasuk ke dalamnya. Ketahui tentang apa itu kepribadian sanguinis, ciri-ciri, dan contohnya.

Mengenal Tipe Kepribadian Sanguinis yang Optimis dan Ekspresif

Apa Itu Tipe Kepribadian Sanguinis?

Asal usul dari tipologi model temperamen ini adalah dari pengobatan Graeco-Arab yang berhasil menyembuhkan berbagai penyakit. Dasar dari konsep tipologi ini adalah humorisme, yang mengacu pada cairan dalam tubuh seseorang.

Setiap orang memiliki komposisi cairan yang berbeda, dimana cairan yang paling dominan mendefinisikan temperamen yang dimiliki seseorang: sanguinis, plegmatis, koleris, dan melankolis.

Seseorang dengan kepribadian sanguinis adalah orang yang ceria, optimis, dan bebas. Mereka sangat menyukai petualangan dan suka mengambil risiko, tidak peduli sebesar apapun itu.

Sanguinis tidak tahan dalam kebosanan dan akan selalu mencari berbagai cara untuk menghibur dirinya. Biasanya, sifat ini berdampak negatif pada hubungan dengan orang lain dalam hidup mereka, termasuk hubungan cinta.

Kepribadian sanguinis cenderung suka mencari kesenangan dan rentan akan kecanduan. Contoh kepribadian sanguinis yang mengalami kecanduan adalah saat mereka terus merasa lapar dan tidak bisa berhenti makan, sehingga menyebabkan masalah berat badan.

Selain itu, sanguinis adalah orang yang sangat kreatif dan memiliki bakat untuk menjadi seniman. Mereka akan memiliki karir yang cemerlang di bidang hiburan, pemasaran, fesyen, memasak, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Mengenal Kepribadian Introvert, Ekstrovert, dan Ambivert

Ciri-Ciri Kepribadian Sanguinis

Sanguinis bisa dibilang merupakan tipe yang paling menonjol dibandingkan dengan tipe temperamen yang lain. Berikut ini adalah ciri-ciri kepribadian sanguinis lengkap!

1. Sangat sosial

Semua sanguinis adalah makhluk sosial. Mereka sangat ramah dan tidak segan untuk memulai pembicaraan, menunjukkan sikap akrab seperti menjabat tangan, memeluk, atau menepuk punggung.

Itulah mengapa sanguinis sangat mudah untuk mendapatkan teman baru. Mereka adalah ekstrovert yang pandai bergaul.

2. Optimis

Sanguinis merupakan orang yang sangat optimis. Mereka selalu melihat sisi positif dari segala hal dan menjalani hidup dengan sungguh-sungguh.

Namun bukan berarti mereka juga menganggap situasi yang buruk sebagai kebaikan. Sanguinis hanya berpikir bahwa hidup adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan.

3. Impulsif

Dari semua tipe temperamen yang ada, sanguinis adalah yang paling impulsif. Jika mereka menemukan sesuatu yang menurut mereka menyenangkan, mereka akan langsung melakukannya tanpa mempertimbangkan konsekuensi di masa depan.

4. Pandai berkomunikasi

Mereka yang memiliki kepribadian sanguinis adalah komunikator ulung. Mereka pandai dalam menyampaikan maksud dan tujuan, yang biasanya kesulitan untuk dilakukan banyak orang.

Tidak heran tipe kepribadian sanguinis banyak menjadi motivator atau tenaga pemasaran yang hebat. Sayangnya, sanguinis bukanlah pendengar yang baik sehingga mereka kurang pandai dalam menjalin komunikasi secara personal.

5. Selalu mencari kesenangan

Kesenangan selalu menjadi tujuan utama bagi seorang sanguinis. Jika mereka merasa bosan atau tidak ingin melakukan sesuatu, maka akan sulit bagi mereka untuk fokus dan mengerjakan tugas yang ada di hadapannya.

Oleh karena itu, sanguinis sebaiknya mencari pekerjaan yang menyenangkan bagi mereka.

6. Hidup untuk hari ini

Seorang sanguinis hidup untuk hari ini, bukan untuk kemarin atau keesokan harinya.

Sayangnya, karena hal inilah sanguinis terkadang tidak belajar dari kesalahan mereka di masa lalu dan mungkin gagal menyiapkan masa depan. Sanguinis murni mungkin tidak memiliki tujuan atau rencana dalam jangka panjang.

Baca Juga: 4 Karakter Manusia, Anda Termasuk yang Mana?

7. Cenderung membesar-besarkan

Sanguinis cenderung suka membesar-besarkan segala sesuatu. Mereka menunjukkan sikap berlebihan saat berbicara, demikian juga saat mengutarakan ide atau perasaan mereka.

8. Membutuhkan kepastian

Meskipun tipe kepribadian sanguinis sangat suka bersenang-senang, ternyata mereka terus membutuhkan kepastian dari orang yang mereka cintai.

Misalnya, melalui bahasa cinta yang ditunjukkan melalui pemberian hadiah atau ungkapan sayang. Hubungan sanguinis akan langgeng jika di dalamnya ada banyak waktu, hadiah, dan perhatian.

9. Cerewet

Sebagai seorang komunikator ulung, maka wajar saja jika sanguinis adalah orang yang cerewet dan suka berbicara dengan semua orang.

Ketika ada seorang sanguinis di dalam ruangan, maka tidak akan ada keheningan di sana,

10. Suka mencari perhatian

Sanguinis menginginkan perhatian dari orang-orang di sekitarnya, baik itu teman maupun pasangan. Jika pasangan mereka tidak perhatian, seorang sanguinis akan meninggalkannya dan mencari yang baru.

Namun jika mereka tidak mendapatkan perhatian dari teman-temannya, mereka tidak akan memutus hubungan namun akan mencari orang lain dan bisa memberikan perhatian lebih.

11. Ekspresif

Orang sanguinis tidak pernah menyembunyikan perasaan mereka. Saat mereka merasa marah atau frustrasi, orang-orang di sekitarnya akan segera tahu. Sifat ini membuat mereka terlihat tulus dalam setiap tindakannya.

12. Humoris

Rasa humor adalah sifat yang dimiliki oleh semua sanguinis, namun biasanya tidak berlebihan.

Mereka hanya suka tersenyum dan tertawa, serta ingin mengajak orang lain tersenyum dan tertawa bersama mereka.

13. Maafkan dan lupakan

Sebagai orang yang hidup di hari ini, seorang sanguinis sangat mudah memaafkan dan melupakan. Mereka pun mengharapkan perlakukan yang sama dari orang lain.

Mereka ingin kesalahannya dimaafkan, semudah mereka memaafkan kesalahan orang lain.

Baca Juga: Mengenal Kepribadian ISTP, si Mandiri dan Suka Tantangan

14. Berani menunjukkan emosi

Emosi yang dirasakan oleh sanguinis bisa dibilang intens dan mereka tidak segan untuk menunjukkannya di depan orang lain. Baik itu emosi yang sifatnya positif maupun negatif.

15. Sangat percaya diri

Sifat atau ciri kepribadian sanguinis yang terakhir adalah rasa percaya diri yang tinggi. Sebenarnya, ini adalah hal positif. Namun terlalu percaya diri sering membuat sanguinis terlihat sombong dan egois.

Kepribadian sanguinis adalah kepribadian yang ceria dan selalu optimis. Namun, ada beberapa sifat mereka yang bisa mengganggu keseimbangan hidup mereka sendiri. Jika Anda adalah orang yang punya kepribadian ini, kenali kelebihan dan kekurangan Anda agar hidup serta hubungan dengan orang di sekitar jadi lebih seimbang.

 

  1. Brown, Ashley. 2020. 15 Benefits And Traits Of Sanguine Temperament. https://www.betterhelp.com/advice/temperament/15-benefits-and-traits-of-sanguine-temperament/. (Diakses pada 25- November 2021).
  2. Psychologia, 2020. Four Temperaments: Sanguine, Phlegmatic, Choleric, and Melancholic Personality Types. https://psychologia.co/four-temperaments/. (Diakses pada 25- November 2021).
  3. Psychologia, 2020. Sanguine Personality Traits – the Boredom Busters. https://psychologia.co/sanguine-personality/. (Diakses pada 25- November 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi