Terbit: 17 November 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Punya banyak teman akan membuat hari-hari Anda menjadi lebih berwarna. Apalagi, jika lingkup pertemanan Anda memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan fisik dan mental. Simak berbagai manfaatnya dalam ulasan berikut!

Tak Disangka, Ini 10 Manfaat Punya Banyak Teman bagi Kesehatan

Manfaat Memiliki Banyak Teman

Selain menjadi tempat untuk berbagi suka dan duka, memiliki teman yang baik juga bisa membantu Anda menjadi orang yang lebih baik. Berikut ini sederet manfaat punya banyak teman, di antaranya:

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat punya banyak teman terhadap kesehatan fisik ternyata bisa membantu menurunkan berbagai risiko masalah kesehatan.

Mengutip Very Well Mind, jika Anda memiliki lingkar pertemanan yang positif, berbagai masalah kesehatan, seperti serangan jantung, stroke, dan diabetes, akan berkurang.

2. Menghindari Rasa Kesepian

Jangan salah, rasa kesepian yang berlangsung terus-menerus dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya mencari cara untuk mengatasinya.

Punya banyak teman nyatanya bisa membantu Anda terhindar dari kesepian. Pasalnya, ketika sepi menghinggapi, Anda bisa mengatasinya dengan menghabiskan waktu bersama teman atau saling berbagi cerita.

Berkat kehadiran orang terdekat di sekitar, Anda tidak akan merasa terisolasi dari lingkungan.

Baca JugaHubungan Parasosial, saat Penggemar Kagum pada Idolanya

3. Mengatasi Stres

Stres bisa terjadi pada siapa saja. Sayangnya, hal ini sering kali disepelekan karena dianggap sebagai sesuatu yang wajar terjadi.

Padahal, stres yang dibiarkan berlarut-larut bisa menumpuk hingga memengaruhi kesehatan Anda. Faktanya, stres bisa memicu berbagai kondisi berikut:

  • Penurunan sistem imun tubuh.
  • Masalah pencernaan.
  • Insomnia.
  • Masalah pada jantung.
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi).
  • Diabetes.

Punya banyak teman yang sigap membantu dapat mengatasi stres. Bahkan menurut penelitian, persahabatan yang kuat bisa membantu mengurangi stres secara efektif, sekaligus membantu Anda terhindari dari kondisi ini.

4. Mendapatkan Dukungan secara Emosional

Punya teman banyak yang selalu bersedia mendengarkan, memvalidasi perasaan, dan melakukan sesuatu untuk Anda, dapat membantu mendapatkan dukungan secara emosional.

Dukungan ini juga bisa dirasakan saat mereka berusaha membantu Anda untuk mengalihkan perhatian dari perasaan sedih atau kesal.

5. Membantu Mengembangkan Diri

Teman yang baik tentu akan mendukung Anda sepenuhnya, selama apa yang dilakukan tergolong positif. Sebaliknya, mereka akan berusaha menegur dan mengingatkan ketika apa yang Anda lakukan salah.

Teman juga bisa membawa pengaruh positif. Sebagai contoh, teman Anda sangat pandai mengatur waktunya atau sering kali menolong orang lain. Sedikit demi sedikit kebiasaan ini juga akan memengaruhi Anda.

Jadi, berkat kehadiran orang-orang ini, Anda bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

6. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Terkadang Anda meragukan kemampuan diri sendiri. Padahal sebenarnya, Anda bisa melakukannya.

Nah, hadirnya teman yang selalu memberikan dukungan akan membantu Anda meningkatkan kepercayaan diri.

Teman yang baik akan membantu Anda merasa lebih baik dengan memberikan kata-kata penyemangat dan pujian, serta memastikan Anda yakin pada diri sendiri.

7. Membuat Lebih Bahagia

Tahukah Anda jika punya banyak teman yang suportif bisa mendatangkan kebahagian di dalam hidup? Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS One, lingkaran sosial yang kuat adalah peridiktor kebahagian dan kesehatan umum.

Studi tersebut mengungkapkan bahwa seseorang yang berteman dengan orang lain akan merasa bahagia, terutama jika mereka tinggal di lingkungan yang sama.

8. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Jika memiliki teman yang menerapkan gaya hidup sehat, Anda bisa terpengaruh untuk menerapkan kebiasaan ini. Oleh sebab itu, Anda bisa mencapai berat badan ideal yang diidam-idamkan.

Lingkungan pertemanan yang demikian juga bisa membantu Anda untuk terus menjaga pola hidup sehat. Pada akhirnya, Anda bisa hidup lebih sehat dan terbebas dari hal-hal yang akan merugikan kesehatan.

9. Memiliki Rasa Saling Memiliki

Berada di suatu lingkup pertemanan bisa membantu Anda merasa terlibat. Jangan salah, rasa memiliki akan membantu meningkatkan kesehatan mental Anda. Faktanya, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychiatry, hal tersebut bisa membantu mengurangi perasaan putus asa dan depresi.

Baca Juga21 Cara Berpikir Positif agar Hidup Anda Semakin Bahagia

10. Mengatasi Trauma

Trauma adalah respons emosional seseorang terhadap suatu peristiwa yang menyedihkan atau mengerikan, misalnya setelah kehilangan seseorang.

Efeknya bisa sangat parah sehingga tak jarang orang yang hidup dengan trauma akan kesulitan untuk kembali menjalani kehidupan normal.

Oleh sebab itu, memiliki teman yang bisa diandalkan dapat membantu Anda bertahan dan bangkit kembali.

Itulah berbagai manfaat yang bisa Anda peroleh dari punya banyak teman. Selama lingkup pertemanan Anda positif, berbagai manfaat di atas bisa Anda rasakan. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Anonim. 2022. Trauma. https://www.psychguides.com/trauma/. (Diakses pada 16 November 2022).
  2. Cuncic, Arlin. 2021. 6 Benefits of Friendship. https://www.verywellmind.com/the-importance-of-friendship-3024371. (Diakses pada 16 November 2022).
  3. Fisher, Lauren B, dkk. 2015. From the Outside Looking In: Sense of Belonging, Depression, and Suicide Risk. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26168025/. (Diakses pada 16 November 2022).
  4. Lawler, Moira. 2021. Why Friendships Are So Important for Health and Well-Being. https://www.everydayhealth.com/emotional-health/social-support.aspx. (Diakses pada 16 November 2022).
  5. Mayo Clinic Staff. 2022. Friendships: Enrich Your Life and Improve Your Health. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/friendships/art-20044860.  (Diakses pada 16 November 2022).
  6. Raypole, Crystal. 2020. 6 Ways Friendship Is Good for Your Health. https://www.healthline.com/health/benefits-of-friendship. (Diakses pada 16 November 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi