Terbit: 10 August 2022 | Diperbarui: 11 August 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Jika memiliki watak yang santai, peduli, dan pendiam yang suka membantu orang lain, mungkin Anda berkepribadian plegmatis. Kepribadian apa itu? Yuk, simak selengkapnya dalam penjelasan berikut ini!

Mengenal Kepribadian Plegmatis, si Pendiam dan Suka Menolong

Apa itu Plegmatis?

Plegmatis adalah tipe kepribadian yang memiliki ciri-ciri tenang, setia, peduli, introvert, kreatif, dan penuh kasih. Watak ini termasuk dalam salah satu dari empat tipe kepribadian lainnya yakni sanguinis, koleris, dan melankolis.

Meskipun orang dengan tipe ini menunjukkan ciri kepribadian introvert, tetapi ia mampu bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama.

Watak plegmatis mencari keharmonisan interpersonal dan hubungan dekat, yang membuat orang dengan watak ini menjadi pasangan yang setia dan penuh kasih. Seorang dengan kepribadian berusaha mempertahankan hubungan dengan teman lama, anggota keluarga jauh, dan tetangga.

Seseorang yang memiliki watak ini mungkin tampak pasif dan tidak memiliki ambisi atau secara khusus untuk mencapai tujuan. Namun, bukan berarti  tidak ia memiki ambisi sama sekali, kepribadian ini dapat memiliki hal tersebut apabila memiliki tipe sanguinis yang utama dengan tipe sekunder plegmatis, atau sebaliknya.

Ciri-ciri Orang Plegmatis

Orang dengan tipe kepribadian ini memiliki watak yang mudah dikenali dengan melihat pola pikir (mindset) atau perilaku dalam kehidupan sehari-hari. 

Berikut ini ciri-ciri dari orang dengan kepribadian plegmatis:

1. Pemalu

Kesan pertama ketika bertemu dengannya, Anda mungkin akan berpikir seseorang dengan kepribadian ini cukup pemalu dan sederhana. Hal ini karena ia cenderung tenang dan santai hampir sepanjang waktu.

Orang pemalu biasanya ditandai dengan kecenderungan merasa gugup, canggung, atau khawatir. Kepribadian ini cenderung berusaha menengahi antar sesama untuk memperbaiki perdamaian dan keharmonisan.

2. Penyendiri

Orang dengan kepribadian plegmatis artinya bukanlah penyendiri akibat dari kondisi yang membuatnya sedih. Seseorang dengan kepribadian ini memang menginginkannya dan membutuhkan waktu untuk sendiri. Bepergian dengan teman baik mungkin membuatnya merasa nyaman dibanding menghadiri suatu pesta.

3. Memiliki jiwa sosial yang tinggi

Tipe kepribadian ini membuat seseorang memiliki jiwa sosial yang tinggi untuk melakukan hal yang bermanfaat untuk orang lain. Ini diwujudkan dalam beberapa cara, menjadi sukarelawan hingga menyumbang untuk para tunawisma.

Kepribadian plegmatis memiliki rasa percaya pada dunia yang lebih adil untuk semua orang dan tidak dapat memahami mengapa ketidakadilan terjadi.

4. Sering menyalahkan diri sendiri

Dikarenakan memiliki empati yang tinggi, seorang dengan kepribadian ini bisa merasakan penderitaan orang lain lebih kuat. Hal ini bisa membuatnya merasa bersalah jika tidak dapat membantu meringankan penderitaan orang lain. Hal inilah yang sering kali membuatnya menyalahkan diri sendiri ketika terjadi kesalahan.

5. Suka membantu

Kepribadian plegmatis adalah orang yang kooperatif, suka membantu, dan ingin membuat orang lain merasa bahagia. Ini adalah tipe orang yang menganggap kebutuhan banyak orang lebih besar daripada keinginan segelintir orang.

Kepribadian ini biasanya mengutamakan kebutuhan orang lain karena menginginkan lingkungannya bahagia dan damai.

Baca Juga: Mengenal Tipe Kepribadian Sanguinis yang Optimis dan Ekspresif

6. Berempati

Tidak hanya merasakan empati, tipe plegmatis juga ingin mengetahui semua pikiran terdalam seseorang. Hal ini ini agar ia dapat lebih merasakan apa yang orang lain alami.

Kepribadian ini juga akan berusaha untuk memahami pengalaman orang lain sehingga bisa berada dalam posisi yang lebih baik untuk membantu sesamanya.

7. Setia dan dipercaya

Orang dengan kepribadian plegmatis lebih setia dan dapat dipercaya. Pantang baginya untuk mengingkari janji yang telah disepakati sebelumnya.

8. Menghindari konflik

Orang dengan kepribadian plegmatis menginginkan kondisi yang damai sehingga akan menghindari pertengkaran. Terkadang, ia juga akan mencoba menengahi dan memecahkan masalah

9. Ragu-ragu

Individu dengan kepribadian ini lebih suka mengikuti figur berpengaruh dan suka memasrahkan keputusan penting pada orang lain.

Hal tersebut karena beberapa alasan, yakni ia tidak ingin membuat keputusan yang salah jika mengecewakan siapapun dan kontrol emosional terhadap orang lain.

Baca Juga: Mengenal Kepribadian Koleris dan Ciri-cirinya Umumnya

Pekerjaan yang Cocok untuk Plegmatis

Individu dengan tipe kepribadian ini sangat suka beramal dan membantu orang lain. Oleh karena itu, karir atau pekerjaan yang ideal untuk mereka berkaitan dengan profesi berikut ini:

  • Perawat.
  • Mengajar.
  • Psikologi atau konseling.
  • Terkait dengan perkembangan anak.
  • Pelayanan sosial.

Nah, setelah mengenali ciri-ciri dari kepribadian ini, apakah Teman Sehat termasuk dalam kepribadian plegmatis?  

 

  1. Anonim. Four Temperaments: Sanguine, Phlegmatic, Choleric, and Melancholic Personality Types. https://psychologia.co/four-temperaments/. (Diakses pada 9 Agustus 2022)
  2. Buckley, Dylan. 2022. How Does Temperament Affect Personality and Parenting Style?. https://www.betterhelp.com/advice/temperament/4-most-common-temperament-types/. (Diakses pada 9 Agustus 2022)
  3. Davies, Janey. 2019. What Is a Phlegmatic Personality Type and 13 Signs That This Is You. https://www.learning-mind.com/phlegmatic-personality/. (Diakses pada 9 Agustus 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi