Terbit: 28 November 2021 | Diperbarui: 30 November 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Istilah bromance sangat sering terdengar belakangan ini. Bromance artinya merujuk pada persahabatan erat antara dua orang pria tanpa adanya ketertarikan secara seksual. Ketahui lebih lanjut tentang apa itu bromance, keuntungan terlibat dalam bromance, dan apa saja yang menunjukkan ciri-ciri bromance yang sehat.

Apa Itu Bromance? Persahabatan Solid Antar Laki-Laki

Apa Itu Bromance?

Bromance berasal dari kata dalam bahasa Inggris brothers atau bros yang artinya saudara pria atau teman pria, dan romance artinya percintaan atau hubungan emosional yang sangat dekat.

Idealnya, bromance hanya bisa terjadi ketika dua orang pria bertemu dan menjalin pertemanan yang sangat akrab hingga tak ubahnya seperti saudara kandungan dan saling menyayangi satu sama lain, namun tidak tumbuh rasa cinta yang romantis.

Pria dalam hubungan bromance biasanya memiliki pemikiran terbuka sehingga tidak ragu untuk mengutarakan pendapat atau menunjukkan perasaan mereka. Bromance bisa disebut sebagai cara untuk mengubah stereotip, dimana pria boleh menjadi lebih emosional tanpa mengorbankan maskulinitas mereka.

Dalam bromance, pria diperbolehkan untuk menunjukkan kerapuhan mereka, lebih terbuka, dan lebih bisa mengungkapkan perasaan.

Keuntungan Memiliki Bromance bagi Laki-Laki

Bukan hanya wanita, pria juga bisa memiliki sahabat dekat dan intim. Ada banyak contoh bromance dalam kehidupan nyata, seperti aktor Hugh Jackman dan Ryan Reynolds yang tidak segan menunjukkan kedekatan mereka.

Ternyata, bromance memiliki banyak keuntungan untuk mereka yang terlibat di dalamnya. Ini dia beberapa keuntungan menjalin bromance:

1. Penghilang stres

Memiliki sahabat dekat tanpa adanya hubungan asmara yang bisa Anda ajak berbagi merupakan salah satu cara terbaik untuk menghilangkan stres.

Menurut sebuah penelitian, memiliki seorang sahabat saat kondisi kesehatan mental sedang tidak baik bisa membantu menurunkan kortisol, yaitu hormon yang mempengaruhi tingkat stres.

Adanya teman sangat baik untuk kesehatan mental seseorang, apalagi seorang teman dekat yang menjadi bromance Anda.

2. Wadah untuk menjadi diri sendiri

Disadari atau tidak, masyarakat cenderung menuntut kaum pria untuk bertindak seolah mereka selalu baik-baik saja, bahkan ketika fakta menunjukan sebaliknya. Dengan bromance, Anda bisa menjadi diri Anda sendiri di hadapan pria lain yang benar-benar peduli pada Anda.

Anda bisa menunjukkan emosi yang terpendam dan sisi rapuh pada diri Anda yang selalu Anda sembunyikan dari orang lain. Dengan sahabat dekat Anda, Anda bebas mengungkapkan pikiran tanpa khawatir atau takut akan dipandang sebagai pria yang tidak maskulin.

Bisa menjadi diri sendiri tanpa adanya tekanan dari pihak lain bisa meningkatkan kepercayaan diri, yang mana sangat baik untuk kesehatan mental.

3. Baik untuk kesehatan fisik

Bromance bisa tercipta kapan saja, dimana saja, dan dengan siapa saja. Tidak terkecuali di pusat kebugaran tempat Anda berolahraga secara rutin. Inilah mengapa bromance disebut baik untuk meningkatkan kesehatan fisik.

Jika Anda memiliki teman untuk berolahraga, maka Anda akan lebih termotivasi untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

4. Memiliki seseorang yang diandalkan selain pasangan

Tidak peduli seberapa dekat Anda dengan pasangan, ada hal-hal yang tidak bisa Anda bagi dengan mereka. Anda pasti tidak ingin menunjukkan sisi lemah dan rapuh di hadapan pasangan.

Di sinilah bromance memiliki peran penting. Sahabat pria Anda akan membuat Anda merasa aman dan nyaman secara emosional, sehingga Anda tidak segan untuk menunjukkan kerapuhan di depan mereka. Mereka juga akan saling menguatkan dan memberikan nasihat terbaik.

5. Meningkatkan kemampuan otak

Seiring dengan bertambahnya usia, memiliki sekelompok teman dekat menjadi sangat penting.

Beberapa penelitian menunjukkan, pria yang memiliki lingkaran teman yang mendukung mereka secara emosional menurunkan risiko demensia dan komplikasi kesehatan lainnya yang biasa menyerang lansia.

Baca Juga: Ciri-Ciri Pergaulan Sehat, Manfaat, dan Cara Mempertahankannya

Ciri-Ciri Pertemanan Bromance yang Sehat

Sama seperti hubungan pada umumnya, bromance yang sehat diperlukan untuk menciptakan hubungan yang suportif dan saling menguntungkan satu sama lain.

Ini dia beberapa ciri-ciri dari bromance yang sehat.

  • Kejujuran

Pria cenderung menyembunyikan perasaan mereka, bahkan pada sesama pria. Namun jika Anda atau pria yang Anda kenal bisa mengungkapkan perasaan dan kekhawatiran mereka dengan nyaman pada pria lain, maka itu adalah bromance.

Dalam hubungan bromance, selain kejujuran juga harus ada rasa saling percaya satu sama lain hingga mereka bisa saling berbagi rahasia terdalam.

  • Dapat diandalkan

Bromance yang sehat harus bisa saling diandalkan. Misalnya, dengan menepati janji satu sama lain. Jika Anda sering membatalkan janji dan berubah pikiran, maka hal itu bisa merusak hubungan persahabatan.

Ketika Anda bisa mengandalkan seseorang, maka kepercayaan akan terbangun dengan sendirinya.

Baca Juga: Toxic Masculinity: Definisi, Masalah Umum, dan Cara Mengatasinya

  • Kesetiaan

Dalam semua hubungan, kesetiaan sangat diperlukan untuk membuatnya bertahan. Bromance yang dibangun atas dasar kepercayaan memudahkan kedua orang yang terlibat di dalamnya untuk saling berbagi tentang apapun.

  • Ketertarikan yang sama

Agar bromance bisa langgeng dan bertahan lama, Anda dan sahabat harus memiliki hobi atau ketertarikan terhadap hal yang sama. Meskipun perbedaan pendapat itu wajar, namun persahabatan akan lebih asyik jika bisa melakukan aktivitas yang disukai bersama-sama. Biasanya, bromance berawal dari hal ini.

  • Sifat saling melindungi

Bromance yang sehat dibangun di atas perasaan ingin melindungi satu sama lain. Tentu saja ini berlaku untuk segala hal, termasuk dalam konfrontasi fisik.

Bagi wanita yang pasangannya memiliki bromance, Anda harus turut berbahagia untuk mereka. Tidak perlu cemburu karena bromance adalah hubungan non-seksual dan platonis yang sangat wajar terjadi.

Ia mungkin akan membutuhkan waktu untuk dihabiskan bersama dengan sahabat mereka. Jangan merasa tersisih dan sakit hati, karena bromance bisa menciptakan keseimbangan pada hidup pasangan Anda.

 

  1. Galla, Sean. 2020. BROMANCE: WHAT IS BRO-MANCE AND WHAT ARE THE BENEFITS? https://mensgroup.com/bromance/. (Diakses pada 24-11-2021).
  2. LiveAbout. 2018. What’s So Great About Bromance? https://www.liveabout.com/whats-so-great-about-bromance-1385665. (Diakses pada 24-11-2021).
  3. Mazella, Randi. 2021. Bromance: The Truth About Male Friendships Right Now. https://www.psycom.net/relationships/bromance-guy-relationships. (Diakses pada 24-11-2021).
  4. Savin-Williams, Ritch. 2019. Bromance: I Love You In a Heterosexual Way. Really! https://www.psychologytoday.com/us/blog/sex-sexuality-and-romance/201902/bromance-i-love-you-in-heterosexual-way-really. (Diakses pada 24-11-2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi