Terbit: 8 Oktober 2016
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat sedang mempersiapkan untuk kemungkinan bahwa flu burung bisa menyebar ke orang di seluruh dunia dalam hal yang disebut pandemi. Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat telah menyetujui vaksin manusia untuk menghindari flu burung. Tapi imunisasi tidak tersedia untuk umum sekarang. Vaksin disimpan dalam stok khusus Pemerintah Amerika Serikat. Mereka juga menyimpan persediaan besar obat antivirus. Pemerintah AS juga telah mengembangkan suatu rencana flu. Ini adalah rencana untuk mempersiapkan pandemi dan untuk memastikan bahwa beberapa orang mungkin dapat terkena virus.

Flu Burung – Pencegahan dan Pengobatan

WHO sekarang mengharuskan semua unggas yang terinfeksi untuk diberantas. Beberapa negara memiliki program untuk membersihkan peternakan unggas dan untuk memeriksa bahwa semua burung sehat sebelum dijual. Amerika Serikat berhenti membeli unggas dari sebagian besar negara-negara Asia di 2004.

Meskipun ada banyak pembicaraan tentang flu burung, kebanyakan orang di Amerika Serikat tidak perlu khawatir. Pada April 2012, tidak ada kasus flu burung pada manusia di Amerika Serikat, tapi Anda bisa mengambil langkah-langkah untuk menghindari kemungkinan terinfeksi.

Pencegahan Flu Burung

Jika Anda tinggal di daerah yang terinfeksi flu burung, atau jika Anda bepergian ke negara di mana ada penyebaran flu burung, berikut yang perlu Anda lakukan:

  • Hindari peternakan unggas, pabrik unggas pengolahan atau tanaman, dan kontak dekat dengan ayam, itik, atau bebek.
  • Tinggal jauh dari pasar terbuka di mana unggas hidup dijual.
  • Jika Anda bepergian ke negara di mana ada flu burung, tanyakan kepada dokter Anda tentang mendapatkan vaksinasi flu biasa. Cara terbaik adalah untuk melakukan hal ini minimal 2 minggu sebelum Anda pergi. Ini tidak akan mencegah flu burung, tetapi dapat membantu Anda menghindari terpapar flu biasa.
  • Menjaga tangan Anda bersih dengan mencuci tangan dengan sabun dan air hangat dengan sering atau menggunakan gel tangan yang membunuh kuman. Jika Anda menggunakan gel tangan, pastikan untuk membeli gel yang mengandung alkohol.
  • Jangan makan telur mentah atau setengah matang atau unggas yang tidak dimasak dengan baik. Tapi Anda dapat dengan aman makan telur matang sepenuhnya dan ayam, bebek, atau itik yang dimasak dengan matang, karena panas membunuh virus.

Cari bantuan pemerintah setempat jika Anda terkena flu burung, atau ketika Anda curiga terkena flu burung. Website ini dapat memberikan informasi terbaru tentang flu burung:

  • Centers for Disease Control and Prevention (CDC).
  • World Health Organization (WHO)

Mengobati Flu Burung

Menurut WHO, seperti melansir Medical News Today, obat antiviral bisa menekan penyebaran virus dan meningkatkan hasil untuk pasien. Antivirus dapat mencegah beberapa kasus menjadi fatal. Oseltamivir (Tamiflu) harus diberikan dalam waktu 48 jam setelah gejala muncul, untuk menghasilkan efek terbaik. Namun, karena angka kematian tinggi, dokter mungkin meresepkan oseltamivir.

Dosis dan lama pengobatan akan tergantung pada seberapa parah kasusnya. Pasien dengan masalah gastrointestinal atau sistem pencernaan mungkin tidak dapat menyerap obat seefektif yang lain. Studi menunjukkan bahwa beberapa kasus mungkin resisten terhadap perawatan ini. Pasien yang didiagnosis atau dicurigai menderita flu burung atau harus tetap di rumah, atau tetap terisolasi di rumah sakit.

Selain menggunakan Tamiflu, profesional perawatan kesehatan menyarankan pasien seperti berikut ini:

  • Beristirahat
  • Minum banyak cairan
  • Mendapat nutrisi yang tepat
  • Mendapat obat untuk rasa sakit dan demam, diresepkan oleh seorang profesional perawatan kesehatan.

Komplikasi, seperti pneumonia bakteri, sering terjadi pada pasien terjangkit H5N1. Pasien-pasien ini akan membutuhkan antibiotik, dan beberapa mungkin memerlukan oksigen tambahan.

Flu Burung: 1 2

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi