Demam

Apa Itu Demam?

Demam adalah kondisi naiknya suhu tubuh dan umumnya disebabkan oleh penyakit. Kondisi ini tidak berbahaya, namun hipertermia dapat menyebabkan kenaikan suhu tubuh yang berbahaya.

Perlu menjadi catatan bahwa suhu tubuh normal setiap orang berbeda-beda tergantung waktu. Pada umumnya, orang dewasa dikatakan sakit demam ketika suhu tubuh lebih dari 37,2 – 37, 5 derajat celcius. Anak demam ketika suhu tubuh melebihi 37,5 derajat celcius, sedangkan bayi demam ketika suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius.

Gejala Demam

Gejala demam dapat dirasakan ketika suhu tubuh normal di atas rata-rata. Beberapa gejala yang umumnya terjadi yaitu merasa dingin, gemetar, nafsu makan berkurang, dehidrasi, lesu, kantuk berlebih, timbul keringat berlebih, sulit konsentrasi, sensitif terhadap nyeri, dan depresi. Beberapa orang biasanya hanya merasakan beberapa gejala.

Penyebab Demam

Demam adalah respons tubuh yang dipicu oleh pirogen (zat penghasil demam). Pirogen berasal dari luar tubuh, seperti virus, bakteri, jamur, obat-obatan, dan racun. Pada beberapa kondisi, pirogen bisa dihasilkan oleh tubuh dan akhirnya memberikan sinyal ke hipotalamus untuk meningkatkan titik suhu tubuh.

Penyebab demam juga bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti infeksi, radang sendi, dehdrasi, silicosis, terlalu lama terpapar sinar matahari, olahraga terlalu berat, penyalahgunaan amfetamin, dan konsumsi alkohol berlebihan.

Cara Menurunkan Demam

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan utuk menurunkan demam pada anak dan dewasa, mulai dari beristirahat, mengonsumsi obat demam alami, hingga minum obat resep dokter.

Cara menurunkan demam alami adalah dengan melakukan perawatan rumahan. Langkah yang dilakukan meliputi istirahat yang cukup, cukupi kebutuhan cairan tubuh, mandi pakai air hangat, membuat suhu kamar jadi sangat nyaman.

Cara mengatasi demam pada anak dan dewasa bisa juga dengan minum obat demam tanpa resep dan obat demam resep dokter. Khusus obat demam tanpa resep bisa konsumsi seperti ibuprofen atau acetaminophen. Khusus obat demam dewasa atau obat demam anak dengan resep dokter, biasanya akan diresepkan antibiotik, terutama jika dicurigai ada infeksi bakteri, seperti radang tenggorokan atau pneumonia.

Selalu perhatikan dosis obat demam sesuai aturan pakai dan sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk meminimalisir efek samping obat.

Obat Demam di DokterSehat

Salah satu fitur DokterSehat membantu Anda untuk beli obat online tanpa harus ke luar rumah, termasuk untuk beli obat demam. Temukan produk yang tepat untuk mengatasi demam pada dewasa dan anak.

Cari dan temukan obat demam yang Anda butuhkan dengan cepat, mudah, dan praktis. Semua obat demam di DokterSehat memiliki izin edar, aman, terdaftar BPOM, asli, berkualitas, dan harganya terjangkau.