Kalkulator kalori adalah alat yang digunakan untuk mengetahui berapa asupan kalori yang dibutuhkan seseorang. Hasil perhitungannya dapat digunakan sebagai salah satu acuan untuk mengontrol asupan kalori per hari.

Kalori adalah energi yang dibutuhkan manusia agar fungsi tubuh berjalan dengan baik untuk bisa melakukan aktivitas harian. Sumber kalori didapatkan melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi. Hampir semua jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi mengandung kalori.

Kebutuhan kalori harian setiap orang pasti berbeda-beda, tergantung beberapa faktor. Anda harus mengetahui ini untuk bisa mengatur makanan dan minuman yang dikonsumsi serta jadwal olahraga dan kegiatan fisik rutin. Dengan demikian, Anda bisa menjaga kesehatan dan bahkan mendapatkan berat badan ideal.

Efek samping kelebihan kalori bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti memicu obesitas, stroke, dan penyakit jantung. Di sisi lain, efek kekurangan kalori juga bisa membuat tubuh lemas, mual sembelit, diare, dan bahkan menimbulkan masalah pada batu empedu.

Salah satu cara mengontrol kalori yang masuk ke dalam tubuh adalah dengan mengetahui terlebih dahulu jumlah kebutuhan kalori harian Anda. Tidak perlu bingung menghitung menggunakan rumus perhitungan kalori. Anda bisa gunakan kalkulator BMR atau kalkulator kalori online.

Cara menggunakan Kalkulator Kalori DokterSehat:

  • Pilih jenis kelamin Anda
  • Masukkan berat badan Anda (dalam satuan kg)
  • Masukkan tinggi badan Anda (dalam satuan cm)
  • Pilih level aktivitas fisik yang Anda lakukan
  • Klik “Hitung!”
  • Hasil perhitungan kebutuhan kalori Anda akan muncul

Hasil perhitungan disesuaikan dengan semua informasi yang Anda masukkan, mulai dari jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, dan aktivitas fisik harian yang Anda lakukan. Selanjutnya, Anda bisa mengetahui berapa kebutuhan kalori harian yang harus dikonsumsi atau dipenuhi.

Kebutuhan Kalori

Cari Tahu Jumlah Kalori yang Harus Anda Penuhi Setiap Hari