Terbit: 23 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Studi menemukan kalau wanita tiga kali lebih berisiko terkena migrain atau sakit kapa sebelah ketimbang daripada pria. Lebih lanjut, penelitian yang dilakukan oleh Nurses’ Health Study II di Amerika ditemukan fakta kalau wanita dengan gangguan migrain berisiko alami stroke. Berikut ulasan selengkapnya.

Wanita yang Alami Migrain Berisiko Terkena Stroke

Risiko wanita alami stroke dan gangguan hati
Menurut Dr. Tobias Kurth yang merupakan direktur Institute of Public Health at Charite-Universitatsmedizin in Berlin, Jerman. Migrain pada wanita meningkatkan risiko gangguan kardiovaskular. Namun, Kurth juga menambahkan kalau gangguan ini belum tentu sebabkan serangan jantung atau stroke.

Meski demikian, dari penelitian yang berlangsung selama 20 tahun, 15 persen wanita yang alami migrain alami stroke. Setidaknya 223 dari 1.300 wanita yang memiliki riwayat migrain meninggal akibat stroke dan serangan jantung. Jadi, masih ada kemungkinan wanita yang alami migrain terkena penyakit stroke yang mematikan.

Persentase risiko terkena stroke
Wanita yang alami stroke memiliki kemungkinan terkena stroke sebesar 50 persen ketimbang wanita yang tidak mengalaminya. Untuk wanita yang mengalami migrain, sekitar 39 persen di antaranya berisiko terkena serangan jantung, 62 persen terkena stroke, dan 73 persen berisiko alami kematian atau gangguan saat menjalani pembedahan jantung.

Lebih lanjut, wanita yang alami migrain juga berisiko alami kematian akibat serangan jantung sebesar 37 persen. Risiko wanita terkena penyakit mematikan akibat migrain ini semakin tinggi kalau mereka menerapkan gaya hidup tidak sehat. Misal kerap makan gorengan, kerap merokok, atau mengonsumsi alkohol. Selain itu, wanita dengan tekanan darah tinggi juga bisa mendapatkan risiko yang lebih besar.

Terlepas dari adanya migrain atau tidak, wanita disarankan untuk mengaja kesehatan tubuhnya dengan melakukan diet yang seimbang, berolahraga, dan sering mengecek kesehatannya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi