Terbit: 4 March 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Selama pandemi, WFH (working from home) atau kerja dari rumah diberlakukan untuk mencegah penularan infeksi virus COVID-19. Hal ini membuat sebagian ibu yang bekerja harus pandai-pandai dalam membagi waktu. Ikuti tips WFH bagi ibu bekerja berikut ini!

6 Tips Work from Home bagi Ibu yang Bekerja

Tips Sukses WFH bagi Ibu Pekerja

WFH memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Apalagi bagi Anda yang merangkap sebagai ibu rumah tangga.

Bekerja dari rumah seakan menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian besar ibu. Tak jarang, pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah keteteran.

Menurut survei Women Health Hub, sebesar 39,2 % wanita mengalami gangguan WFH dari keluarga. Survei ini melibatkan sebanyak 90 wanita sebagai partisipan. Meski tergolong survei kecil, working from home bukanlah sesuatu yang mudah bagi ibu yang bekerja. 

Mengetahui tips WFH bagi ibu pekerja adalah sesuatu yang penting agar Anda tetap dapat mengerjakan tanggung jawab sebagai seorang ibu dan istri tanpa terhambat oleh pekerjaan, begitu juga pekerjaan  tidak membuat peran Anda sebagai ibu dan istri menjadi terganggu.

Terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk sukses menjalani WFH bagi ibu yang bekerja. Berikut beberapa di antaranya:

  • Bangun lebih pagi

Tips WFH bagi ibu bekerja yang pertama, biasakan untuk bangun lebih pagi. Pasalnya, rutinitas di pagi hari dapat membantu Anda menyesuaikan diri dengan perubahan selama WFH.

Selain itu, karena anak biasanya belum bangun, Anda jadi memiliki waktu lebih untuk mengerjakan tugas-tugas rumah, seperti mencuci, menyapu, mengepel, dan sebagainya, tanpa gangguan.

Anda juga bisa menyiapkan sarapan pagi. Dengan begitu, mood Anda untuk produktif pada hari itu akan meningkat.

  • Buat jadwal secara Rinci

Memang tidak mudah menyeimbangkan pekerjaan rumah dengan pekerjaan kantor. Kendati begitu, jadwal terperinci yang Anda buat bisa menjadi salah satu solusi.

Tips WFH bagi ibu bekerja ini dapat membantu Anda mengatur jadwal dari bangun pagi hingga malam hari sebelum tidur.

Anda bisa menulis apa saja yang akan Anda lakukan dalam satu hari, entah itu pekerjaan rumah ataupun pekerjaan kantor. Dengan begitu, diharapkan tidak ada hal yang terlewat.

Jika memang perlu, Anda juga bisa menetapkan target kapan suatu pekerjaan perlu selesai. Namun, jangan sampai target yang Anda buat terlalu membebankan Anda.

  • Pastikan ruang kerja nyaman

Ruang kerja yang nyaman akan mencegah dari gangguan. Dengan begitu, Anda dapat melakukan pekerjaan secara maksimal.

Agar fokus Anda tidak terganggu, atau bahkan Anda jadi malas bekerja, pastikan untuk tidak bekerja satu ruangan bersama dengan anak yang masih balita.

  • Jalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja

Tips sukses work from home bagi ibu pekerja selanjutnya adalah mengomunikasikan kondisi Anda pada rekan kerja. Selama WFH, bisa saja Anda tidak akan langsung menjawab pesan dari rekan kerja, misalnya karena anak Anda sedang rewel dan minta ditemani.

  • Komunikasikan dengan anak dan suami

Komunikasi dengan keluarga menjadi hal penting yang perlu Anda lakukan selama bekerja di rumah. Biarkan anak tahu jadwal Anda bekerja, dan kapan Anda bisa meluangkan waktu untuknya.

Selain itu, komunikasikan dengan suami mengenai jadwal pertemuan daring yang akan Anda lakukan. Dengan begitu, Anda tidak akan terganggu selama meeting berlangsung.

Anda juga bisa bergantian menjaga si Kecil apabila memungkinkan. Namun, jika terkendala, menitipkan anak kepada orang tua atau pengasuh juga sah-sah saja dilakukan.

  • Sempatkan untuk istirahat

Waktu istirahat siang dapat Anda manfaatkan untuk meregangkan otot sejenak. Perlu Anda ingat, meskipun bekerja di rumah, bukan berarti Anda tidak bisa menyempatkan waktu untuk istirahat. Bahkan, jika waktu istirahat cukup panjang, Anda bisa tidur siang.

Dengan meluangkan waktu untuk berhenti sejenak dari aktivitas, pekerjaan Anda dapat terselesaikan dengan baik.

Selain itu, duduk terlalu lama akan meningkatkan berbagai risiko kesehatan, seperti nyeri otot, obesitas, diabetes, bahkan serangan jantung atau penyakit kardiovaskular lainnya.

Oleh karena itu, tips WFH bagi ibu bekerja yang penting dilakukan adalah rehat sejenak dari pekerjaan sehingga menurunkan risiko kesehatan tersebut. Pekerjaan pun akan selesai dengan baik.

Menyeimbangkan antara pekerjaan rumah dengan pekerjaan kantor memang tidak mudah. Namun, bukan berarti tidak bisa. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengikuti tips-tips WFH bagi ibu pekerja di atas.

 

  1. Anonim. Transitioning From Work-From-Home (WFH) to Wrok-From-Office. https://sg.theasianparent.com/home-and-work-responsibilities. (Diakses pada 24 Februari 2022)
  2. Sabika. 2020. 25 Must-Try Women’s Work from Home Tips to Enjoy A Healthy WFH Balance. https://womenhealthhub.com/work-from-home-tips-for-women-guide/. (Diakses pada 24 Februari 2022)..


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi