Terbit: 26 Februari 2018 | Diperbarui: 9 Februari 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Banyak orang yang berpikir jika penyebab utama dari masalah penuaan dini pada wanita adalah obesitas atau masalah berat badan dan kebiasaan merokok. Memang, kedua hal tersebut memang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan kecantikan kulit, namun, ada penyebab lain yang bisa membuat wanita terlihat lebih tua dari usianya, yakni karena memiliki anak.

Penyebab Utama Penuaan Dini Pada Wanita Ternyata Bukan Obesitas

Dalam sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Human Reproduction, disebutkan bahwa para peneliti yang berasal dari George Mason University, Virginia, Amerika Serikat mempelajari bagaimana efek proses persalinan dan menjadi seorang ibu bagi struktur genetik wanita, khususnya pada bagian akhir kromosom yang disebut telomere dan berkaitan dengan usia tubuh seorang wanita. Hasilnya adalah, wanita yang sudah memiliki anak mengalami pemendekan telomere sehingga membuatnya terlihat lebih tua dengan wanita yang belum memiliki anak meskipun usia aslinya lebih muda dari wanita tersebut.

Dr. Anna Pollack, salah seorang pakar yang ikut terlibat dalam penelitian ini menyebutkan Ia dan rekan-rekannya sangat terkejut saat tahu bahwa proses penuaan ini bahkan bisa sampai 11 tahun lebih cepat.

Sebagai informasi, telomere berfungsi sebagai pelindung kromosom. Saat telomere ini mulai robek, maka helaian DNA tubuh pun mulai mengalami kerusakan. Hal ini akan menurunkan sistem kekebalan tubuh sekaligus menurunkan kepadatan tulang. Kerusakan pada telomere ini bahkan bisa menjadi lebih parah jika seorang wanita mengalaim obesitas atau terbiasa merokok.

Melihat adanya fakta ini, setiap wanita yang sudah memiliki anak memang sebaiknya selalu menjaga gaya hidup sehat, khususnya dalam menjaga berat badan tetap ideal, menjaga pola makan yang sehat, tidur cukup, dan menghindari asap rokok demi mencegah masalah penuaan dini.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi