Terbit: 18 Agustus 2021 | Diperbarui: 19 Agustus 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Manfaat pil KB tidak hanya membantu mencegah kehamilan, tetapi juga memiliki banyak manfaat lainnya, salah satunya membuat menstruasi tidak terlalu menyakitkan dan lebih teratur. Selengkapnya simak manfaat lainnya dari pil KB di bawah ini!

11 Manfaat Pil KB selain Mencegah Kehamilan (Jarang Diketahui)

Apa Manfaat Pil KB?

Pil kontrasepsi atau umumnya dikenal sebagai pil KB adalah kombinasi hormon estrogen dan progesteron yang bertujuan untuk mencegah ovulasi, yaitu proses pelepasan sel telur selama siklus menstruasi. Ketika tidak adanya sel telur untuk dibuahi, maka wanita tidak akan mengalami ovulasi dan tidak bisa hamil.

Manfaat pil KB juga dapat menebalkan lendir di area serviks, yang dapat mempersulit sperma memasuki uterus alias rahim dan mencapai sel telur. Pil KB juga berperan penting dalam mengendalikan ovarium dan uterus. Hal ini karena hormon dalam pil KB memengaruhi rahim, sehingga dapat mempersulit sel telur menempel di dinding rahim.

Manfaat Pil KB selain untuk Mencegah Kehamilan

Kegunaan pil KB sudah terkenal dapat mencegah kehamilan, oleh karenanya obat ini paling banyak diresepkan di dunia. Terlepas dari manfaat utamanya, lebih dari separuh pengguna pil mengandalkan pil KB setidaknya sebagian untuk tujuan selain pencegahan kehamilan. Perlu diingat bahwa setiap tubuh berbeda sehingga sebagian wanita mungkin mengalami efek yang berbeda.

Berikut ini manfaat pil KB selain mencegah kehamilan:

1. Mengatur Siklus Menstruasi

Metode pengendalian kelahiran hormonal mampu menyeimbangkan perubahan hormonal yang terjadi sepanjang siklus menstruasi. Hal ini dapat membantu berbagai masalah menstruasi, termasuk perdarahan tidak teratur atau berat. Bahkan pil KB bisa membantu mengatasi gejala sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS), termasuk jerawat dan rambut tumbuh berlebih.

Namun, berbagai metode pengendalian kelahiran bekerja dengan cara berbeda, sehingga sebagian besar dapat membuat menstruasi lebih ringan dan lebih konsisten dalam waktunya.

2. Mengurangi Nyeri Haid

Sekitar 31 persen wanita yang mengonsumsi pil KB menyebutkan bahwa nyeri haid sebagai salah satu alasan untuk terus meminumnya. Pengendalian kelahiran hormonal dapat mencegah ovulasi. Saat wanita tidak berovulasi, rahim tidak mengalami kontraksi menyakitkan yang menyebabkan kram selama ovulasi.

Jika wanita mengalami menstruasi yang menyakitkan, pengendalian kelahiran secara hormonal juga mampu meredakan nyeri saat menstruasi.

3. Meredakan Gejala PMS dan PMDD

Kebanyakan wanita mengalami beberapa gejala fisik atau emosional dalam beberapa minggu atau hari menjelang menstruasi. Kondisi ini merupakan sindrom pramenstruasi atau premenstrual syndrome (PMS). Kondisi ini biasanya terjadi karena perubahan hormonal.

Pil KB juga menjadi pengobatan potensial untuk gangguan disforik pramenstruasi atau premenstrual dysphoric disorder (PMDD). Ini merupakan jenis PMS parah yang cenderung menimbulkan lebih banyak gejala emosional atau psikologis, dan biasanya sulit untuk diobati.

4. Menghilangkan Jerawat Hormonal

Naik turunya hormonal sering kali menjadi penyebab utama kemunculan jerawat. Inilah alasan mengapa jerawat biasanya paling parah selama masa remaja. Dengan meminimalkan perubahan hormonal, manfaat pil KB dapat membantu menghilangkan jerawat hormonal. Pil KB yang mengandung estrogen dan progesteron (pil kombinasi) adalah obat jerawat paling efektif.

Baca Juga: Pil KB: Manfaat, Cara Minum, Aturan Pakai, Efek Samping, dll

5. Mengatasi Migrain Menstruasi

Menggunakan pil KB untuk menyeimbangkan kadar hormon wanita juga dapat menyebabkan migrain terkait menstruasi yang lebih sedikit dan tidak terlalu parah.

Migrain merupakan kondisi yang terjadi pada kebanyakan wanita, yang sebagian besar karena perubahan hormonal merupakan pemicu utama migrain pada beberapa orang. Migrain adalah jenis sakit kepala yang terasa berdenyut dan biasanya terjadi di satu sisi kepala.

6. Mengurangi Risiko Anemia

Sebagian wanita mengalami pendarahan yang sangat berat selama menstruasi. Hal ini dapat meningkatkan risiko kurang darah atau anemia. Orang dengan anemia tidak memiliki sel darah merah yang cukup untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuhnya, yang dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan.

Pil KB yang memungkinkan wanita melewatkan menstruasi dapat membantu mencegah anemia terkait menstruasi.

Baca Juga: Minum Pil KB Saat Hamil, Ini Bahaya yang Mungkin Terjadi

7. Mencegah Pertumbuhan Rambut yang Tidak Diinginkan

Manfaat pil KB dapat membantu mencegah pertumbuhan rambut di garis tengah tubuh dengan mengurangi kadar hormon pria yang dihasilkan indung telur. Jika memiliki kadar hormon ini lebih tinggi, atau jika sensitif terhadapnya, wanita mungkin mulai menumbuhkan rambut di atas bibir, di bawah dagu, di antara payudara, di antara pusar, dan tulang kemaluan, atau di bagian dalam paha.

8. Membantu Mengelola Endometriosis

Endometriosis adalah kondisi menyakitkan yang terjadi ketika jaringan yang melapisi rahim (endometrium), tumbuh di tempat selain di dalam rahim. Jaringan ini berdarah selama menstruasi, di mana pun letaknya. Ketika jaringan berdarah di tempat-tempat di mana darah tidak dapat dengan mudah keluar dari tubuh, ini menyebabkan rasa sakit dan peradangan.

Mengonsumsi pil KB dapat membantu karena memungkinkan wanita melewati periode menstruasi. Pil KB dan IUD terus menerus biasanya menjadi pilihan yang baik untuk mengelola endometriosis.

9. Mengurangi Risiko Kista Ovarium

Dengan mencegah ovulasi, manfaat pil KB dapat mencegah pembentukan kista ovarium. Pil KB juga dapat menghentikan pertumbuhan kembali kista sebelumnya.

Kista ovarium adalah kantung kecil berisi cairan yang terbentuk di ovarium selama ovulasi. Ini tidak berbahaya, tetapi terkadang menyakitkan. Wanita yang memiliki PCOS sering kali memiliki banyak kista kecil di ovarium.

Baca Juga: 13 Efek Samping Pil KB dan Aturan Penggunaannya

10. Mengurangi Risiko Kanker Rahim

Pil KB juga memiliki beberapa manfaat jangka panjang. Wanita yang mengonsumsi pil KB kombinasi dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker rahim. Efek ini dapat bertahan hingga 20 tahun setelah berhenti minum pil KB. Obat ini juga dapat mengurangi risiko kanker ovarium.

11. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat pil KB untuk kesuburan karena menurut sebuah penelitian menunjukan bahwa wanita yang menggunakan pil ini selama lebih dari lima tahun sebelum mencoba untuk hamil, lebih mungkin untuk hamil dalam enam bulan atau satu tahun.

Penelitian tersebut menemukan bahwa semakin lama wanita menggunakan pil KB, semakin besar kemungkinannya untuk hamil dalam waktu enam bulan atau satu tahun setelah berhenti menggunakan pil.

paket obat isolasi mandiri doktersehat

 

  1. Anonim. 2020. Birth Control: Benefits Beyond Pregnancy Prevention. https://www.webmd.com/sex/birth-control/other-benefits-birth-control (Diakses pada 18 Agustus 2021)
  2. Anonim. 2022. Birth Control Pills May Aid Fertility. https://www.webmd.com/sex/birth-control/news/20020827/birth-control-pills-may-aid-fertility (Diakses pada 18 Agustus 2021)
  3. Anonim. 2020. What are the benefits and risks of taking birth control pills?. https://www.drugs.com/article/birthcontrolpill-risks-benefits.html (Diakses pada 18 Agustus 2021)
  4. Osborn, Corinne O. 2018. 10 Benefits of Birth Control Beyond Preventing Pregnancy. https://www.healthline.com/health/birth-control-benefits (Diakses pada 18 Agustus 2021)
  5. Wahhab. 2020. Yuk Mengenal Lebih Dekat Lagi : Apa Itu Pil KB?. https://dppkbpmd.bantulkab.go.id/yuk-mengenal-lebih-dekat-lagi-apa-itu-pil-kb/ (Diakses pada 18 Agustus 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi