Terbit: 17 February 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kehamilan tidak hanya ditentukan kesuburan pria yang bisa menghasilkan sperma baik dan wanita yang bisa hasilkan sel telur. Untuk mendapatkan kehamilan, wanita juga harus memiliki rahim yang baik karena di sanalah janin akan menempel dan akhirnya besar dan siap lahir ke dunia.

Jangan Lakukan Ini Agar Rahim Tidak Rusak

Kalau rahim yang dimiliki wanita tidak sehat atau bahkan rusak, kehamilan akan susah terjadi sehingga kerap terjadi keguguran. Nah, untuk menjaga rahim agar tetap berfungsi dengan baik, jangan perlah lakukan kebiasaan buruk di bawah ini.

1. Kurang makan buah dan sayur
Sayur dan buah banyak mengandung antioksidan. Mengonsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang tepat akan memberikan kekebalan tubuh dan kekuatan pada rahim. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan membuat rahim mempertahankan janin yang menempel di permukaannya sehingga keguguran tidak terjadi.

2. Gonta-ganti pasangan
Saat berhubungan badan dengan lebih dari satu orang, peluang terjadi penularan penyakit seksual cukup tinggi. Wanita bisa mengalami gatal pada bagian kemaluannya, keputihan, dan yang paling mengerikan adalah radang panggul, radang endometritis, hingga kanker serviks yang menyebabkan wanita sudah hamil karena rahimnya bermasalah.

3. Olahraga terlalu intens
Olahraga baik untuk kesehatan. Namun, kalau dilakukan berlebihan seperti lebih dari 4 jam per minggu bisa menghambat kehamilan. Untuk itu wanita disarankan untuk olahraga paling tidak 30 menit sehari selama 3-4 kali seminggu saja dengan intensitas rendah ke sedang.

4. Merokok
Rokok membuat rahim jadi tidak kondusif untuk mendapatkan kehamilan. Kalau aktivitas ini dilakukan terus menerus, racun dalam rokok akan masuk dan akhirnya memengaruhi ketebalan rahim. Kalau dinding rahim jadi tipis atau di bawah 7 mm, wanita akan sudah hamil dan kerap alami keguguran karena plasenta sudah terbentuk atau rahim tidak kuat menumpu janin.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi