Terbit: 19 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Setiap wanita pasti akan mengalami sebuah fase yang disebut menopause. Menopause merupakan perubahan yang dialami semua wanita, ditandai dengan berhentinya siklus menstruasi. Menopause biasanya dialami oleh wanita yang telah berusia sekitar 51 tahun ke atas. Namun, ada juga wanita yang mengalami menapouse di usia dini.

Gairah Seksual pada Wanita Menopause Akan Berkurang? Simak Penjelasannya!

Photo Credit: pexels.com

Menopause juga mengakibatkan wanita tidak bisa melahirkan anak lagi. Selain itu, saat wanita yang sudah memasuki fase menapouse diyakini sudah tidak memiliki gairah lagi untuk melakukan hubungan seks. Hal itu disebabkan karena perubahan fisik dan hormone sehingga libido pada wanita yang telah menapouse akan berkurang.

Maka tak heran jika banyak wanita yang telah menopause mencoba berbagai cara untuk membangkitkan libido mereka, seperti aerobik, sering bersama pasangan, serta mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang dapat membangkitkan gairah seks seperti buah alpukat, bluberry, ikan salmon, dan sebagainya.

Namun, benakah jika wanita yang telah memasuki fase menopause akan mengalami penurunan gairah seksual? Atau bahkan menopause juga akan membuat kekhawatiran karena tidak bisa memuaskan pasangan? Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Sebuah studi mengungkapkan bahawa ada beberapa kasus yang mengatakan jika wanita menopause ternyata memiliki gairah seks lebih tinggi ketimbang wanita yang masih dalam masa subur. Selain itu, Hasil penelitian dari Sheffield University, Inggris mengatakan bahwa aktivitas seksual wanita menopause lebih baik karena sudah memiliki pengalaman dalam berhubungan seks.

Menurut penelitian lain, hubungan seksual wanita menopause lebih mementingkan kualitas, sangat berbeda dengan wanita yang masih dalam masa subur, mereka hanya mementingkan kepuasan saat melakukan hubungan seks karena lebih banyak dipengaruhi perubahan hormon.

Disamping itu, perubahan hidup juga bisa memengaruhi wanita untuk lebih menciptakan kreativitas ekspresi dalam menikmati hubungan seks bersama pasangan. Sehingga hubungan seksual akan semakin berkualitas.

Jadi, sebagai kesimpulan bisa dikatakan jika wanita yang telah menopause masih bisa bergairah dan masih bisa memuaskan suaminya di ranjang. Sehingga rumor selama ini yang mengatakan jika wanita menopause telah mengalami kehilangan gairah tidak sepenuhnya benar.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi