Terbit: 23 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Bagi wanita, penampilan yang baik tidak hanya terlihat dari apa yang menempel di tubuh atau wajahnya saja. Meski pakaian yang digunakan saat itu sudah bagus dan make up sudah sesuai, penampilan bisa saja tidak sempurna. Nah, kurangnya kesempurnaan ini berasal dari aroma tubuh wanita yang tidak sedap.

Cara Mengatasi Aroma Tubuh Tidak Sedap Saat Sedang Haid

Aroma tubuh wanita biasanya berubah-ubah dan mengikuti siklus menstruasinya. Saat sedang masa subur mungkin aromanya akan lebih baik. Namun, saat sedang menstruasi aroma jadi tidak sedap. Meski sudah menggunakan pewangi, aroma tidak sedap tetap muncul dan merusak penampilan.

Kalau Anda termasuk orang yang sering berjuang dengan aroma tubuh saat sedang menstruasi, berikut beberapa tips mengatasinya.

  1. Perhatikan apa yang dimakan

Saat sedang menstruasi, wanita mengalami perubahan hormone yang cukup signifikan. Perubahan hormone ini menyebabkan aroma yang tidak sedap keluar dari tubuh. Nah, aroma ini biasanya akan semakin kuat kalau wanita mengonsumsi makanan tertentu yang seharusnya dikurangi.

Beberapa makanan yang harus dikurangi selama haid adalah makanan yang mengandung aroma tidak sedap. Makanan itu terdiri dari bawang merah, bawang putih, olahan daging, dan telur. Mengonsumsi dalam jumlah terbatas tidak masalah. Imbangi dengan banyak buah dan juga sayur.

  1. Gunakan pakaian yang benar

Gunakan pakaian yang nyaman dan juga menyerap keringat dengan cepat. Wanita yang sedang menstruasi biasanya mudah sekali berkeringat. Selain itu, aroma keringatnya juga semakin tidak sedap. Kalau menggunakan bahan yang tidak nyaman seperti bahan denim akan membuat tubuh semakin mudah berkeringat.

Saat mencuci pakaian yang digunakan, usahakan untuk menggunakan bahan alami. Kalau menggunakan detergen, usahakan untuk membilasnya hingga bersih. Sisa detergen yang menempel di pakaian bisa menyebabkan rasa gatal di tubuh dan juga menambah aroma wanita jadi tidak sedap kalau bercampur keringat.

  1. Sanitasi adalah hal yang utama

Karena wanita jadi mudah berkeringat dan aroma keringatnya menjadi tidak sedap. Ada baiknya sanitasi lebih diperhatikan lagi. Dalam satu hari minimal mani dua kali. Kalau siang hari tubuh berkeringat cukup banyak, ada baiknya untuk membersihkan diri dan membawa pakaian gantinya khususnya pakaian dalam.

Perhatikan juga area kebersihan di vagina. Ganti pembalut secara rutin. Lakukan setiap 4-6 jam sekali. Sesuaikan dengan intensitas darah yang keluar dari vagina. Setelah membersihkan dan mencuci vagina pastikan mengelapnya hingga kering agar tidak menyebabkan bakteri tumbuh dan menyumbang aroma tidak sedap lagi.

  1. Jangan gunakan parfum sembarangan

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan wanita saat sedang menstruasi adalah banyak menggunakan pewangi. Padahal pewangi justru membuat aroma tubuh jadi tidak sedap. Campuran pewangi dengan keringat yang cukup bau membuat aroma baru yang jauh tidak sedap.

Daripada menggunakan pewangi yang terlalu mencolok, lebih baik menggunakan bahan-bahan alami saja. Beberapa wanita ada yang menggunakan tawas yang dibuat menjadi bubuk lalu ditaburkan ke tubuh. Tawas bermanfaat untuk menetralkan aroma tidak sedap di tubuh.

  1. Jaga hidrasi tubuh

Jaga hidrasi tubuh dengan baik. Hal ini harus diperhatikan bukan saja karena wanita jadi mudah berkeringat, tapi juga karena mengurangi aroma tidak sedap. Semakin banyak cairan di dalam tubuh, keringat yang keluar jadi tidak bau. Sumbatan di pori-pori juga tidak akan ada.

Selalu penuhi kebutuhan air harian sebanyak 6-8 gelas. Hindari minuman yang terlalu manis karena justru buruk untuk tubuh.

Inilah lima cara mengatasi aroma tubuh yang tidak sedap saat menstruasi. Nah, dari lima cara di atas, mana saja yang sering Anda lakukan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi